Contoh cara menghargai teman

5 Contoh Cara Menghargai Teman, Buat Teman Nyaman

Diposting pada 544 views

5 Contoh Cara Menghargai Teman, Pasti Teman Merasa Nyaman – Mempunyai teman akrab pada masa sekolah dan kuliah menjadi keinginan hampir semua orang. Kita bisa pergi nongkrong, belajar bersama dan berbagi suka duka hidup bersama teman-teman.

Jumlah murid di sekolah memang sangat banyak, namun untuk mendapatkan teman terkadang ada sedikit kesulitan. Bila hanya berbincang beberapa kata memang mudah, namun mempunyai teman hingga bisa akrab perlu penyesuaian dari diri kita loh.


Katanya sikap kita pada orang lain menunjukkan siapa diri kita yang sesungguhnya. Begitu pula, kalau kita ingin mempunyai banyak teman hingga akrab satu sama lain kamu perlu menghargai teman-teman di sekelilingmu.

Mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir kekurangan teman, lewat  cara-cara di bawah ini kamu bisa lebih menghargai temanmu dan punya banyak teman bukanlah hal yang mustahil.

Contoh Cara Menghargai Teman

Mempunyai banyak teman hingga akrab tidak datang begitu saja. Bayangkan ketika temanmu bercerita lalu kamu tidak mendengarkannya dan malah sibuk sendiri, kira-kira apakah temanmu akan tetap nyaman denganmu? Mungkin saja tidak.

Menghargai teman sebenarnya tidaklah sulit, kamu bisa melakukannya dengan cara-cara sederhana. Apalagi, kalau rasa menghargai sudah tertanam dalam dirimu. Yuk lakukan cara di bawah ini agar temanmu merasa bangga berteman denganmu.

1. Tidak Membedakan Teman

Di lingkungan sekolah dan masyarakat terdiri dari berbagai latar belakang suku, budaya dan pendidikan. Perbedaan yang ada harus kamu terima tanpa menjelekkan yang lain. Misalnya, kamu mempunyai teman kelas dari keluarga sederhana dan kaya, kamu tidak boleh membedakan keduanya.

2. Membantu Tanpa Pilih Kasih

Tidak bisa dipungkiri, kamu pasti mempunyai teman yang lebih dekat dibandingkan teman yang lain. Saat temanmu sedang membutuhkan bantuan, kamu tidak boleh pilih kasih. Misalnya, ketika salah seorang temanmu terjatuh namun kamu tidak begitu akrab lalu kamu mengabaikannya. Sebaiknya, kamu menghindari hal tersebut. Bukankah berbuat baik tidak boleh pilih kasih?

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Berapa banyak temanmu yang sering bercerita kepadamu? Setiap orang yang berbicara dan bercerita ingin sekali didengar. Tidak hanya bagi mereka yang sedang mengalami masalah, bercerita hal-hal yang ringan pun juga ingin didengarkan.  Tidak hanya saat bersama teman, mendengarkan dengan baik juga perlu kamu terapkan saat bersama orang tua, keluarga dan guru yang sedang menjelaskan. Cobalah untuk mendengarkan dengan baik dan tidak memotong pembicaraan orang lain.

4. Tidak Menyombongkan Kelebihan Diri

Cara menghargai teman selanjutnya, tidak boleh menyombongkan kelebihan diri. Tanpa disadari, terkadang kita terlalu menyombongkan kelebihan diri. Padahal di sisi lain, teman kita tidak tahu apa kelebihan dirinya. Menyombongkan kelebihan diri akan membuat orang lain merasa tidak nyaman dan minder. Kalau temanmu insecure bagaimana?

5. Mengucapkan Maaf dan Terima kasih

Kata maaf dan terima kasih sebenarnya sudah ditanamkan sejak kecil. Saat kamu berbuat kesalahan, jangan malu untuk mengucapkan maaf. Sedangkan, ucapan terima kasih bisa kamu ucapkan setelah di beri bantuan atau pertolongan oleh orang lain. Pasti orang yang membantu akan merasa dihargai.

Itu dia contoh cara menghargai teman. Lakukan tips di atas dengan ikhlas sehingga temanmu akan merasa nyaman. Semoga bermanfaat. See you.

Temukan juga artikel menarik lainnya:

7 Tips Untuk Mahasiswa Baru Agar Punya Banyak Teman di Kampus
Contoh Sikap Rela Berkorban di Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
10 Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar dan Mahasiswa