arti kata jumeneng

Arti Jumeneng dalam Bahasa Jawa

Diposting pada 6,317 views

Jumeneng adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti berdiri atau tegak . Kata ini termasuk dalam krama inggil, yaitu tingkatan bahasa Jawa yang paling halus dan sopan. Kata ini biasanya digunakan dalam konteks yang berkaitan dengan raja atau ratu, seperti upacara penobatan atau peringatan peristiwa penobatan.

Contoh penggunaan kata jumeneng dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  • Raja jumeneng ing singgasana, dipunwastani dening para abdi dalem lan rakyatipun. (Raja berdiri di singgasana, disambut oleh para abdi dalem dan rakyatnya.)
  • Dene jumeneng punika kawula matur nuwun sampun dipunparingi pangaksami. (Dengan berdiri ini saya mengucapkan terima kasih sudah diberi maaf.)
  • Panjenenganipun sampun jumeneng wonten ing panggung, nanging kula durung ngertos panjenengan badhe ngandika apa. (Anda sudah berdiri di panggung, tetapi saya belum tahu anda mau mengatakan apa.)

Demikianlah penjelasan tentang arti kata jumeneng dalam bahasa Jawa dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Arti kata yang lain:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.