apakah ipk tinggi bisa langsung dapat kerja

Apakah IPK Tinggi Bisa Langsung Dapat Kerja?

Diposting pada 47 views

Apakah IPK Tinggi bisa langsung dapat kerja? – IPK atau indeks prestasi komulatif merupakan nilai berskala 1 – 4 yang merupakan gabungan dari seluruh mata kuliah semua semester. Terkadang IPK ini menjadi tolok ukur kegigihan dan kecerdasan mahasiswa.

Bahkan beberapa kampus juga menspesialkan mahasiswanya yang memiliki IPK mendekati 4, misalnya dengan memberi penghargaan IPK tertinggi, mendapat beasiswa dan masih banyak lagi.

Lantas, apakah dengan IPK tinggi bisa langsung dapat kerja?

TERGANTUNG. Karena pada dasarnya orang diterima kerja tidak hanya dilihat dari IPK saja. Besar kecilnya IPK hanya salah satu parameter saja, masih banyak parameter lain yang justru lebih penting dari sekedar IPK seperti pengalaman, keahlian, kemampuan komunikasi serta karakter/kepribadian.

Jika seorang mahasiswa memiliki IPK tinggi, memiliki pengalaman banyak, aktif organisasi, memiliki kemampuan komunikasi, memiliki keahlian pendukung tentu akan banyak perusahaan yang berlomba-lomba menerimanya.

Baca juga : Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Tanpa Ribet

Tapi jika ada mahasiswa yang memiliki IPK tinggi, tapi tidak bisa apa-apa dalam hal ini tidak memiliki keahlian atau kemampuan yang berarti tentu akan lebih susah.

IPK itu hanya angka. Percuma punya IPK tinggi kalau tidak bisa bekerja.

Jadi ada yang lebih penting dari sekedar IPK yaitu : BISA BEKERJA.

Namun, Anda jangan terus meremehkan IPK. Anda tentu akan lebih mudah mendapatkan kerja ketika memiliki IPK tinggi dan BISA BEKERJA.

Anda bisa bekerja ketika memiliki keahlian dan kemampuan yang diasah ketika masa kuliah. Ada beberapa tips agar kalian memiliki pengalaman dan keahlian lebih, yaitu :

  • Latih soft skills (kepemimpinan, public speaking, koordinasi, kerjasama).
  • Latih hard skills (internet, ms office, desain grafis, fotografi dll).
  • Ikut organisasi kampus.
  • Jadi orang penting di kampus.
  • Jadi asisten dosen.
  • Kerja freelance.
  • Kuliah sambil kerja.
  • Wirausaha.
  • Perbanyak project dan memperbagu portofolio.

Baca juga : Cara Membagi Waktu Kuliah dan Bekerja

Nah sekarang sudah terjawab kan pertanyaannya. Bagikan ini kepada temenmu yang mengejar mati-matian IPK.