Beberapa Macam dan Jenis Alat / Mesin Penanaman dalam Pertanian

Beberapa Macam Alat / Mesin Penanaman dalam Pertanian - Pertanian adalah salah satu bidang sebagai lumbung penghasil makanan pokok dan komoditas utama seperti sayuran, bumbu dan buah-buahan. Di era seperti ini teknologi di bidang pertanian terus mengalami perkembangan sehingga proses produksinya dari mulai persiapan tanah sampai dengan pemanenan dan penjualan menjadi lebih efektif dan efisien.

Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan adalah pada proses penanaman yang akan kita bahas pada artikel ini, penanaman merupakan usaha menempatkan biji atau benih di dalam tanah pada kedalaman tertentu atau menyebarkan biji di atas permukaan tanah atau menanamkan tanaman di dalam tanah. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan perkecambahan serta pertumbuhan biji yang baik. Pertumbuhan dan perkembangan biji ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keterampilan petani, hama/penyakit, tingkat pamadatan tanah, kesuburan, kedalaman, perlakuan terhadap benih, jumlah nutrisi, kelembaban tanah, ph tanah dan masih banyak lagi. Baca juga : Macam-macam Mesin Pengolah Tanah

Di Indonesia mungkin masih anyak petani-petani yang menanam masih secara manual menggunakan tenaga manusia, tapi di beberapa negara yang sudah maju penanaman benih sudah menggunakan mesin yang lebih cepat dan tidak membutuhkan sumber daya manusia yang banyak.
 
Penanaman dapat dilakukan dengan menggunakan tangan atau bantuan alat penanam. Dalam perkembangannya alat dan mesin penanam dikenal dari bentuk yang sederhana atau tradisional sampai ke bentuk yang modern.

Macam dan Jenis Alat / Mesin Penanaman dalam Pertanian

Alat penanaman dapat dibedakan berdasarkan sumber atau tenaga penarik yang digunakan, umumnya dapat digolongkan menjadi 3 yaitu :
  1. Alat penanaman dengan sumber tenaga manusia
  2. Alat penanaman dengan sumber tenaga hewan
  3. Alat penanaman dengan sumber tenaga traktor
Alat penanaman dengan sumber tenaga manusia dan hewan terbilang masih sangat tradisional, sehingga pada artikel ini hanya akan dibahas tentang alat penanaman dengan sumber tenaga traktor. Dengan sumber tenaga traktor ini, alat penanaman dapat dibedakan menjadi 3 berdasarkan cara penanamannya yaitu : Alat penanam sistem baris lebar; Alat penanam sistem baris sempit; Alat penanam sistem baris sebar. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing alat penanaman yang merupakan alat penanaman dengan sumber tenaga traktor.

1. Alat Penanaman Sistem Baris Lebar
Pada penanaman sistem baris lebar, benih yang ditanam memiliki jarak baris tanam satu dengan yang lainnya cukup lebar, sehingga memungkinkan untuk penyiangan dan meningkatkan efisiensi pemasangan. Alat penanam tipe ini banyak digunakan untuk tanaman, jagung, kapas, sorgum dan kacang-kacangan.

Alat Penanaman Sistem Baris Lebar
Alat Penanaman Sistem Baris Lebar
2. Alat Penanaman Sisem Baris Sempit
Alat penenaman dengan sistem baris sempit dirancang khusus untuk menanam benih-benih kecil atau benih rumput-rumputan yang memiliki jarak baris anam yang kecil (sempit). Alat penanam sistem baris sempit ada yang mempunyai corong pemasukan yang hanya untuk benih saja da nada pula yang mempunyai corong pemasukan yang cukup luas yang terbagi menjadi 2 bagian, satu bagian sebagai tempat benih dan satu bagian lagi sebagai tempat pupuk.
Alat Penanaman Sistem Baris Sempit
Alat Penanaman Sistem Baris Sempit
3. Alat Penanaman Sistem Baris Sebar (Broadcasting Seeder)
Alat penanam sistem baris sebar merupakan cara penanaman yang paling lama dan sederhana. Penebaran benih dengan mesin lebih teliti dan cepat daripada penebaran dengan tenaga. Penanaman sistem sebar memerlukan adanya pembuka alur, maka dari itu harus disiapkan dengan pengolahan tanah yang menggunakan peralatan seperti garu piring. Sistem ini tidak memerlukan penutupan tanah.
Alat Penanaman Sistem Baris Sebar (Broadcasting Seeder)
Alat Penanaman Sistem Baris Sebar (Broadcasting Seeder)


Alat penanam sistem sebar terdapat 3 macam alat, yaitu tipe sentrifugal atau endgate, tipe pesawat terbang dan penebar rumputrumputan.

Itu adalah beberapa macam dan jenis alat/mesin penanaman dalam pertanian, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga merasakan manfaatnya ya. Baca juga : Macam-macam dan Jenis-jenis Traktor

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Macam dan Jenis Alat / Mesin Penanaman dalam Pertanian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel