Pertanyaan Interview Kurir

17 Pertanyaan Interview Kurir Ekspedisi Lengkap

Diposting pada 2,371 views

Kamu sedang mencari pertanyaan interview kurir ekspedisi? Tepat sekali. Setelah sebelumnya kita mengulas tugas staff logistik. Kali ini akan mengulas pengalaman saat interview sebagai kurir.

Tidak bisa dimungkiri, saat ini profesi kurir telah menjadi bagian penting dalam perekonomian modern seiring berkembangnya penjualan secara online. Permintaan terhadap profesi ini juga meningkat. Hal ini bisa kita amati dari banyaknya lowongan kurir di internet setiap harinya. Yap, semua ekspedisi telah menyebar di seluruh Indonesia hingga ke pedesaan sekalipun. Bagaimana kamu tertarik bekerja sebagai kurir? Yuk langsung scroll aja dan dapatkan insightnya!

Pengalaman Interview Sebagai Kurir Ekspedisi

Pertanyaan ini sesuai dengan pengalaman saat mengikuti interview sebagai kurir. Meskipun, permintaan sebagai kurir sering kita temukan di internet, namun persaingan juga ketat loh. Oleh karenanya, kamu perlu mempersiapkan diri sebelum interview. Sebagai profesi yang bergerak di bidang jasa, bekerja sebagai kurir juga harus pintar dalam menyikapi berbagai sikap. Tunjukan kepada recruiter, bahwa kamu orang yang ramah dan tegas!

Selain kesiapan secara mental, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan (device) sepeti kendaraan dan smartphone yang sesuai dengan persyaratan. Nah, langsung saja inilah pertanyaan dan pengalaman interview sebagai kurir:

1. Interview Online dan Offline

Berdasarkan pengalaman, interview kurir dilaksanakan secara online atau offline tergantung pada ekspedisi tersebut. Model interviewnya bisa one by one atau group. Saat interview dilaksanakan dengan sistem group, biasanya sekitar empat orang dikumpulkan bersama, lalu diberi pertanyaan yang sama.

2. Perkenalan Diri

Saat perkenalan kamu harus bisa mengendalikan diri dan tetap tenang menghadapi situasi tersebut. Saat interview kurir poin yang tidak boleh ketinggalan saat perkenalan diri meliputi: nama, pendidikan dan domisili.

3. Pencocokan Dokumen

Saat memperkenalkan diri, recruiter akan mencocokan antara hardcopy dengan lamaran yang telah kita kirimkan. Biasanya dokumen yang diperiksa seperti KTP dan NIK.

4. Informasi Kendaraan

Bekerja sebagai kurir pasti tidak terlepas dari kendaraan sebagai modal utama. Ekspedisi memberikan syarat minimum tahun kendaraan. Biasanya minimal kendaraan tahun 2013, ada juga yang 2015.

5. Surat Izin Mengemudi (SIM)

Berkeliling dari satu rumah ke rumah lain mulai dari daerah yang sepi hingga ramai untuk mengirimkan paket menjadi tugas utama kurir. Oleh karenanya SIM menjadi syarat wajib yang harus kamu miliki. Saat interview akan ada pertanyaan terkait masa berlaku SIM juga loh.

6. Spesifikasi Handphone

Pertanyaan interview kurir selanjutnya adalah spesifikasi handphone yang kamu miliki. Saat ini paling tidak minimal smartphone kamu harus mempunyai RAM 3 GB.

7. Apakah Pernah Menjadi Kurir?

Nah, pertanyaan ini pasti ditanyakan oleh recruiter. Kamu tinggal menjawabnya dengan jujur.  Bila pernah, beberapa pertanyaan di bawah ini tidak akan ditanyakan.

8. Apa Tugas Kurir Secara Garis Besar?

pengalaman interview kurir

Tugas dan tanggung jawab kurir secara umum adalah mengirimkan paket ke alamat tujuan. Selain itu, tugas kurir yang lainnya yaitu:

  • Memastikan paket tidak ada yang rusak dan sampai dengan kondisi yang aman
  • Melakukan pendataan dan pengecekan dengan teliti selama proses pengiriman
  • Menjaga data pengirim dan penerima dari pihak mana pun
  • Melakukan transaksi dengan sistem COD
  • Setor data pengiriman kepada sistem
  • Menerapkan pekerjaan sesuai dengan SOP perusahaan

Itulah beberapa tugas kurir yang bisa kamu ungkapkan saat interview nanti.

9. Mengapa Ingin Bekerja Sebagai Kurir?

Biasanya recruiter akan bertanya “Mengapa mau menjadi kurir?”. Tidak dapat dimungkiri waktu kurir banyak dihabiskan di jalan. Kadang dukanya saat panas terik dan hujan lebat. Kamu tinggal menjawabnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Tetap tunjukkan kesan positif saat menjawab. Sebaiknya kamu tidak menjawab karena masalah ekonomi atau finansial.

10. Apa Ada Saudara yang Bekerja Di Ekspedisi?

Kamu tinggal menjawab saja pertanyaan ini. Kalau misalkan ada kerabat yang bekerja di ekspedisi, berikan pula informasi terkait posisinya. Biasanya akan ada nilai lebih saat mempunyai kerabat yang bekerja di ekspedisi.

11. Dari Mana Kamu Mendapatkan Informasi Lowongan Pekerjaan Ini?

Pertanyaan yang paling umum bukan? Kamu tinggal menjawab misalnya dari keluarga, teman, media sosial, website dan lainnya.

12. Apakah Kamu Lancar Menggunakan Google Maps?

Pertanyaan interview kurir juga ada tentang Google Maps loh. Apakah kamu lancar dan mudah dalam menggunakan aplikasi ini? Kalau kamu pernah menjadi kurir atau wilayah penempatan sama dengan domisili mungkin sangat jarang menggunakan Google Maps. Beda halnya bila penempatan tidak sesuai dengan domisili, misalnya kamu domisili Surabaya Timur ternyata ditempatkan di Surabaya Barat. Paling tidak kamu juga akan menggunakan Google Maps untuk mencari daerah yang belum kamu ketahui bukan?

13. Kemampuan Komputer

Pengalaman pertanyaan interview menjadi kurir

Berdasarkan pengalaman, jarang sekali skill komputer dibutuhkan oleh kurir. Yap, karena sebagian besar pekerjaan menggunakan smartphone. Namun, tidak tahu lagi kalau sekarang berkembang ke perangkat komputer.

14. Kapan Kamu Bisa Mulai Bekerja?

Paling tepat menjawab pertanyaan ini adalah dapat bekerja secepatnya. Namun, bila kamu masih bekerja di tempat lain, sampaikan juga ya!

15. Penjelasan Gaji

Selain diberi pertanyaan, saat interview recruiter juga akan menjelaskan sistem gaji mulai dari gaji pokok, hitungan per paket, intensif, uang bensin dan uang makan. Sistem gaji ini pastinya akan berbeda di tiap wilayah dan ekspedisi.

16. Penjelasan Hari Libur

Hari libur juga berbeda-beda sesuai ekspedisi. Tidak hanya itu, jam kerja juga akan dijelaskan oleh recruiter biasanya sekitar 9 sampai 12 jam kerja. Beberapa ekspedisi ada juga yang fleksibel, maksudnya setelah kita absen kemudian pengiriman semua paket selesai kita diperbolehkan selesai di hari itu.

17. Pengumuman

Setelah interview selesai, tahap ini yang paling ditunggu oleh pelamar. Kamu bisa menunggu maksimal satu bulan untuk memperoleh kepastian apakah diterima atau tidak. Bila sampai satu bulan kamu tidak dihubungi, artinya kamu belum lolos di tahap interview.  

Meskipun, pekerjaan kurir terlihat melelahkan, apalagi saat hujan lebat dan panas terik kamu harus tetap mengantarkan paket. Namun, bagi sebagian orang, bekerja sebagai kurir adalah pekerjaan yang menantang tetapi juga memuaskan bagi kamu yang suka berpetualang. Kita akan bisa bertemu dengan berbagai kalangan. Kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan mengemudi yang aman dan pengetahuan tentang wilayah akan sangat penting agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan efisien. 

Nah, itulah informasi tentang pertanyaan saat interview sebagai kurir ekspedisi. Tips yang harus diingat saat menjawab pertanyaan harus lugas dan jujur serta fokus pada pekerjaan kurir. Selain itu, siapkan pula smartphone dan kendaraan yang memenuhi persyaratan ya! Bagaimana kamu sudah siap interview? Berikan yang terbaik, semoga berhasil!

Kitapunya juga menyajikan artikel dengan topik pekerjaan dan karir lainnya. Kunjungi website Kitapunya dan dapatkan update artikelnya tiap minggu!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.