Fungsi dan Komponen Kontak Pemutus (Platina)

Platina atau kontak pemutus yang dalam bahasa inggris disebut juga breaker point merupakan komponen dalam sistem pengapian konvensinal yang berfungsi untuk memutus dan menhubungkan arus primer agar terjadi induksi tegangan tinggi pada sirkuit sekunder. Induksi ini terjadi pada saat platina mulai membuka atau pada saat platina mulai memutuskan arus primer.

Tegangan tinggi yang dihasilkan pada kumparan sekunder ignition coil mencapai 10.000 KV atau lebih, ini dibutuhkan untuk menghasilkan percikan bunga api yang maximal pada busi. Dimana percikan bunga api ini dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi.

Berikut ini merupakan bagian bagian atau komponen dari platina (breaker point) :
Komponen Platina
Komponen Platina
Keterangan Gambar :
  1. Cam Distributor (Camlobe)
  2. Kontak tetap (wolfram)
  3. Kontak lepas (wolfram)
  4. Pegas kontak pemutus
  5. Lengan kontak pemutus
  6. Sekrup pengikat
  7. Tumit ebonit
  8. Kabel dari ignition coil (-)
  9. Alur penyetel celah platina
Camlobe atau cam distributor merupakan komponen yang berfungsi untuk menngungkit breaker point agar dapat memutus dan menghubungkan arus listrik pada kumparan primer koil. Pada sistem pengapian konvensional dikenal dengan sudut dweel, sudut dweel merupakan sudut yang dibentuk selama platina menutup, atau sudut pada cam distributor pada saat platina menutup sampai platina mulai membuka pada tonjolan berikutnya. Sudut dweel ini ada kaitannya dengan celah platina, dimana apabila celah platina disempitkan maka sudut dwell akan bertambah besar, sebaliknya jika celah platina dilebarkan maka sudut dweel akan semakin kecil. Jadi berbanding terbalik. 

Pada sistem pengapian yang masih menggunakan platina, dilengkapi dengan komponen yang bernama kondensor. Kondensor ini berfungsi untuk menyerap loncatan bunga api yang terjadi pada platina saat platina  mulai membukan, penyerapan ini bertujuan untuk menaikkan tegangan coil skunder. Lebih lengkap lagi tentang kondensor : Cara Kerja Kondensor Beserta Fungsinya

Ternyata saya dulu sudah pernah share tentang platina atau breaker point ini, yakni tentang fungsi dan cara kerja platina (breaker point)
Load disqus comments

0 comments