tips menjaga kesehatan rambut

Wanita Karir? Ini Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Walaupun Kerja Seharian

Diposting pada 147 views

Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Bagi Wanita Karir – Memiliki rambut sehat alami yang cantik dan indah merupakan salah satu impian bagi semua wanita. Pasalnya, rambut merupakan mahkota bagi mereka yang akan menunjang penampilan. Tidak hanya kulit wajah saja yang dirawat, namun rambut juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat. Akhir-akhir ini, banyak sekali permasalahan rambut yang kerap muncul di kalangan wanita, khususnya wanita karir.

Seperti namanya, wanita karir merupakan wanita yang melakukan pekerjaannya dengan serius sembari mencari jati diri mereka yang sebenarnya serta diiringi dengan meniti jalan menuju kesuksesan yang didambakan. Saking tangguhnya, tak jarang seorang wanita karir tidak memedulikan penampilannya hingga lupa merawat diri sendiri, utamanya bagian rambut. Permasalahan ini tentu saja menjadi satu hal yang sering dialami oleh mereka. Salah satu masalah rambut yang kerap terjadi adalah rambut kering.

Jika kamu merupakan salah satu dari sekian banyak wanita karir yang memiliki masalah rambut kering, maka kamu tidak perlu risau lagi. Karena pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar penyebab rambut kering dan tentu saja tips cara menjaga agar rambut kamu tetap sehat. Ingat, rambut yang indah, berkilau, dan tidak kering merupakan salah satu tanda rambut sehat. Simak dengan baik informasi yang kami jabarkan di bawah ini

Penyebab Rambut Kering pada Wanita Karir

Pada umumnya, masalah rambut kering yang dialami kebanyakan wanita disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Gambaran umum penyebab rambut bisa kering yaitu karena rambut mengalami produksi minyak yang kurang atau minim.


Produksi minyak pada rambut ini sejatinya sangat berpengaruh untuk membuat rambut tetap lembab. Jadi, wajar saja apabila rambut yang kering terlihat kusam. Hal tersebut disebabkan karena pengelupasan lapisan bagian luar rambut yang kekurangan suplai minyak

Faktor diatas merupakan penyebab rambut menjadi kering dari faktor internal atau dalam. Berikut ini beberapa faktor lain atau faktor eksternal yang juga ikut menjadi penyebab rambut seorang wanita bisa kering dan tidak sehat.

1. Terpapar Sinar Matahari dalam Waktu yang Lama

Penyebab pertama dan yang paling sering menjadi faktor keringnya rambut adalah paparan sinar matahari langsung pada rambut wanita. Apabila rambut sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, rambut yang semula terlihat sehat dan lembut akan menjadi lebih kering.

2. Sering Terkena Polusi Udara Kotor

Tidak heran apabila seorang wanita karir memang memiliki lebih banyak aktivitas diluar rumah. Mereka akan lebih sering melewati jalan raya untuk kepentingan pekerjaan. Maka tak heran apabila rambut seorang wanita karir lebih mudah kering dari pada rambut wanita pada umumnya. Terlebih lagi jika mengendarai sepeda motor.

3. Penggunaan Shampo yang Tidak Sesuai

Penyebab ketiga adalah penggunaan produk shampo yang tidak sesuai dengan jenis atau keadaan rambut. Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki jenis masalah rambut yang berbeda satu sama lain. Sama halnya dengan skincare, rambut juga membutuhkan produk shampo yang sesuai dengan jenis permasalahannya.

4. Terlalu Sering Keramas

Jika kamu mengira sering keramas merupakan suatu hal yang baik, sebaiknya usir jauh-jauh pikiran tersebut. Karena, faktanya terlalu sering keramas ternyata menjadi salah satu penyebab rambut menjadi lebih kering, lho. Karena pada dasarnya rambut kita memiliki kelembaban alaminya sendiri, apabila kita terus mencucinya bahkan setiap hari, maka kelembaban tersebut perlahan akan menghilang dan menyebabkan rambut menjadi sangat kering

5. Mewarnai Rambut Berkali-kali

Memiliki rambut dengan warna-warna indah memang terlihat cukup keren. Namun, apakah kamu tahu penggunaan pewarna rambut yang dilakukan secara berulang kali juga menyebabkan kekeringan pada rambut? Benar sekali, pewarna rambut memiliki kandungan kimia yang mampu menghempas minyak alami dari rambut kita. Jika minyak tersebut terus-menerus diserap oleh zat kimia, tak heran jika rambut akan menjadi kering.

6. Penggunaan Produk Styling Rambut yang Berlebihan

Faktor penyebab terakhir yang menjadikan rambut sangat kering adalah seringnya menggunakan produk styling rambut yang berlebihan. Sejatinya, pada rambut terdapat sebuah kandungan lemak yang memiliki fungsi sebagai pengontrol kelembaban pada rambut. Produk styling rambut ini akan membuat kandungan lemak tersebut menjadi lebih kering. Alhasil karena pengontrol kelembaban tidak ada lagi, maka rambut akan sangat mudah menjadi kering tak bernutrisi.

Cara Merawat Rambut Kering

Setelah mengetahui apa saja penyebab rambut kering, sebagai wanita karir kamu tidak boleh membiarkan penampilanmu kurang sempurna dengan membiarkan masalah tersebut terjadi. Berikut ini kami jelaskan cara-cara yang bisa kamu lakukan sebagai wanita karir untuk merawat rambut keringmu.

1. Gunakan Penutup Kepala Ketika Berada di Luar Ruangan

Untuk menghindari terpapar sinar matahari secara langsung, gunakan pelindung kepala untuk melindungi rambutmu. Kamu bisa menggunakan topi atau pelindung kepala yang lain. Intinya, bagaimana pelindung kepala tersebut bisa melindungi rambutmu agar tidak menjadi lebih kering.

2. Lipat Rambut Saat Berkendara Motor

Jika rambutmu panjang, cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungimu dari polusi udara adalah dengan melipat rambut ke atas dan menutupnya dengan helm. Dengan begitu, rambutmu akan terhindar dari kekeringan. Cara ini berguna untuk kamu yang berkendara dengan motor serta memiliki rambut yang cukup panjang.

3. Menggunakan Produk Shampo yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Jangan menggunakan sembarang produk shampojika kamu tidak ingin rambutmu rusak dan tidak sehat. Gunakanlah produk shampo yang sesuai dengan keadaan rambut. Kamu bisa menggunakan produk shampo rambut kering milik Dove, karena mereka memiliki berbagai macam jenis shampo yang menyesuaikan dengan jenis keadaan rambut. Pilihlah shampo yang khusus untuk merawat rambut kering.

4. Batasi Mencuci Rambut Terlalu Sering

Keramas dua hingga tiga kali dalam seminggu saja sudah cukup untuk merawat rambut agar tidak lepek. Untuk menghindari kekeringan pada rambut, jangan sesekali mencuci rambut terlalu sering karena akan menghilangkan kelembaban alami pada rambut.

5. Kurangi Penggunaan Cat Rambut Terlalu Sering

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan pewarna rambut yang berlebihan akan menimbulkan dampak tidak baik bagi rambut. Maka, kurangilah mengecat rambut dengan bahan-bahan kimia yang dapat membuat rambut menjadi kering.

6. Batasi Penggunaan Produk Styling Rambut

Memang rambut akan terlihat lebih stylish jika dimodel unik nan cantik, namun jika kamu tidak ingin rambutmu menjadi lebih kering, sebaiknya kurangi penggunaan produk-produk tersebut. Tidak perlu menata rambut dengan produk tersebut jika memang tidak diperlukan.

7. Gunakan Bahan Alami

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah perawatan rambut dengan bahan-bahan alami. Kamu bisa memakai masker rambut dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Penutup

Kesimpulan yang dapat diambil dari sekilas penjabaran informasi di atas adalah meskipun menjadi seorang wanita karir, tidak berarti kamu mengacuhkan perawatan diri. Justru sebagai wanita karir, kamu harus bisa tampil dengan maksimal agar lebih percaya diri.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.