tips melamar kerja di jobstreet
tips melamar kerja di jobstreet

10 Tips Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil dan Diterima

Diposting pada 13,748 views

Tips melamar di Jobstreet agar dipanggil dan diterima – Saat ini untuk mencari info sebuah lowongan pekerjaan tidak sesulit dahulu atau harus mencari teliti di koran-koran setiap hari. Dengan berkembangnya teknologi dan internet, tentu saja segala informasi dapat diakses dengan mudah. Tak terkecuali informasi lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan.

Karena saat ini era digital, setiap orang mau tidak mau harus mampu beradaptasi dengan teknologi terkini. Salah satu portal pencari lowongan di internet yang cukup terkenal adalah Jobstreet. Jobstreet merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan kerja yang didirikan di Malaysia dan hingga saat ini terkenal di Asia di antaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Saat ini pengguna Jobstreet semakin meningkat dengan semakin banyaknya para pencari kerja di Indonesia.

Untuk memulai mencari pekerjaan di Jobstreet adalah kamu harus memulai dengan mendaftar dan memvalidasi email mu setelah itu kamu dapat mengisi profil selengkap mungkin dan mulai melamar pekerjaan melalui Jobstreet dan langkah selanjutnya adalah mulai memeriksa status lamaran dan permintaan wawancara. Nah bagaimana sih cara melamar di Jobstreet agar dipanggil? Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu gunakan.

Tips Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil

Jobstreet adalah salah satu situs pencari kerja terbesar di Indonesia. Banyak perusahaan besar dan startup yang memasang lowongan kerja di sini. Namun, tidak semua pelamar berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lamaran kamu lebih menarik dan berkesan bagi perekrut. Berikut adalah tips melamar di jobstreet yang bisa kamu coba:

cara melamar di jobstreet agar dipanggil

1. Selalu update CV terbaru

Saat kamu akan melamar melalui Jobstreet, hal pertama yang dilakukan adalah kamu diharuskan untuk mengisi profil atau CV mu yang ada di Jobstreet. Hal ini berguna agar perusahaan mengetahui surat lamaran mu dan dapat mereview tentang data dirimu dengan baik. Pastikan kamu selalu mengupdate cv mu agar para HR juga mengetahui update terbaru tentang pengalamanmu. Sebaiknya update CV mu selama 3 bulan sekali.

2. Lihat Masa berlaku pekerjaan

Kamu wajib memperhatikan masa berlaku lowongan perusahaan yang akan kamu lamar. Setiap lowongan pekerjaan yang terpublikasi di Jobstreet sudah dipastikan memiliki tenggat waktu sendiri-sendiri.

Maka dari itu ketika melamar usahakan jangan mengirim lamaran dalam waktu akhir tenggat waktu. Lamaran yang masuk di awal mungkin saja akan diproses lebih awal oleh perusahaan dan kamu berpotensi lebih besar untuk dipanggil oleh HR.

3. Gunakan foto yang professional

Sebagai platform lowongan pekerjaan tentu saja Jobstreet juga seperti CV online para pelamar. Maka dari itu gunakanlah foto profil yang professional, rapi, dan tersenyum dan usahakan jangan foto selfie. Ini berguna agar rekruter juga dapat melihatmu dirimu secara jelas dan kamu tampak lebih professional. Pastikan kualitas foto mu HD.

Baca juga : Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

4. Cek persyaratan pendidikan, pastikan pilih yang relevan

Kamu juga harus memperhatikan latar belakang pendidikan mu dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan yang bertolak belakang dengan posisi yang kamu lamar, kamu dapat menjelaskan pengalaman pekerjaanmu sebelumnya yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar sehingga HR dapat mempertimbangkan untuk lamaran pekerjaanmu. Tetapi saat ini banyak perusahaan yang tak harus mensyaratkan pendidikan yang relevan dengan posisi yang akan dilamar.

5. Perhatikan Batas usia

Batas usia juga perlu diperhatikan. Banyak perusahaan yang mensyaratkan batasan umur maksimal pelamar. Ini karena batas usia juga mempengaruhi tingkat produktifitas seorang pekerja di perusahaan.

Apabila batas usia tidak memenuhi syarat, maka lamaranmu tentu akan tertolak dan kamu tidak akan dipanggil untuk proses selanjutnya.

6. Perhatikan terkait gaji perusahaan

Seorang pelamar juga harus mengetahui tingkat salary posisi yang akan dilamar. Biasanya lamaran pekerjaan akan mengharuskan kandidat untuk menuliskan gaji yang diinginkan. Sebelum menulis gaji yang diinginkan ada baiknya kamu harus riset mengenai gaji sesuai posisi yang kamu lamar agar kamu tidak asal menulis gaji sesuai ekspetasi.

7. Informasi yang jelas

Sebagai pelamar yang professional walaupun Jobstreet merupakan platform lowongan kerja online, tapi utamakan untuk memberikan informasi terkait dirimu dengan jelas. Khususnya dalam penulisan CV usahakan juga rapi dan pengalaman pekerjaan yang ditulis dengan jelas sehingga rekruter juga melihat data dirimu dengan baik dan kamu juga berpotensi untuk dipanggil ke tahap selanjutnya.

8. Cek profil perusahaan sebelum melamar

Sebelum kamu mengirimkan lamaran, ada baiknya kamu mengecek profil perusahaan yang kamu tuju. Kamu bisa mencari informasi tentang visi, misi, nilai, budaya, produk, dan prestasi perusahaan tersebut.

Hal ini penting untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan perusahaan tersebut dan apa yang bisa kamu tawarkan kepada mereka. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan resume dan surat lamaran kamu dengan profil perusahaan tersebut.

9. Cek jobdesk posisi yang akan kamu lamar

Setelah kamu menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan minat dan kualifikasi kamu, jangan langsung melamar tanpa membaca jobdesk posisi tersebut. Jobdesk adalah deskripsi pekerjaan yang mencakup tanggung jawab, keterampilan, dan persyaratan yang dibutuhkan oleh posisi tersebut.

Kamu harus memastikan bahwa kamu memenuhi semua persyaratan dan mampu menjalankan semua tanggung jawab yang ditetapkan. Jika tidak, kamu bisa mencari lowongan kerja lain yang lebih sesuai dengan kemampuan kamu.

10. Cek lokasi kerja

Lokasi kerja adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan saat melamar pekerjaan. Kamu harus mempertimbangkan jarak, waktu tempuh, biaya transportasi, dan kondisi lingkungan dari lokasi kerja tersebut. Jika lokasi kerja terlalu jauh atau sulit dijangkau, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain atau menanyakan kemungkinan untuk bekerja secara remote. Jika lokasi kerja dekat atau mudah dijangkau, kamu bisa menambahkan nilai plus pada lamaran kamu dengan menunjukkan kesediaan dan ketersediaan kamu untuk bekerja di sana.

11. Cek tipe pekerjaan apakah full time, part-time atau remote

Tipe pekerjaan adalah jenis kontrak atau status kerja yang ditawarkan oleh perusahaan. Ada tiga tipe pekerjaan utama yaitu full time, part-time, dan remote. Full time adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu bekerja selama jam kerja normal (biasanya 8 jam sehari, 5 hari seminggu).

Part-time adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu bekerja kurang dari jam kerja normal (biasanya 4 jam sehari atau 20 jam seminggu).

Remote adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu bekerja dari jarak jauh tanpa harus datang ke kantor (biasanya menggunakan internet dan komputer). Kamu harus memilih tipe pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Jika kamu ingin memiliki fleksibilitas waktu dan tempat, kamu bisa mencari pekerjaan remote.

Jika kamu ingin memiliki penghasilan tetap dan tunjangan sosial, kamu bisa mencari pekerjaan full time. Jika kamu ingin memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, kamu bisa mencari pekerjaan part-time.

Langkah-langkah Cara Melamar Kerja di Jobstreet

Jobstreet adalah salah satu situs pencarian kerja terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai lowongan kerja dari berbagai bidang dan industri. Jika Anda sedang mencari pekerjaan, Anda bisa memanfaatkan Jobstreet sebagai salah satu sumber informasi dan peluang karir. Berikut adalah langkah-langkah melamar kerja di Jobstreet yang bisa Anda ikuti.

1. Buat akun Jobstreet

Anda bisa mengunjungi situs www.jobstreet.co.id dan klik tombol “Daftar Sekarang”. Isi data diri Anda dengan lengkap dan benar, termasuk nama, email, nomor telepon, pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain. Pastikan Anda memilih kata sandi yang kuat dan mudah diingat.

2. Buat resume online

Setelah membuat akun, Anda bisa membuat resume online di Jobstreet yang akan ditampilkan kepada perusahaan yang Anda lamar. Resume online adalah ringkasan singkat tentang diri Anda, kualifikasi, keahlian, dan prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Anda bisa mengisi resume online dengan mengikuti panduan yang ada di situs Jobstreet atau menggunakan template yang disediakan.

3. Cari lowongan kerja

Jobstreet menyediakan fitur pencarian lowongan kerja yang mudah dan cepat. Anda bisa mencari lowongan kerja berdasarkan kata kunci, lokasi, gaji, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, atau bidang pekerjaan yang Anda minati. Anda juga bisa menggunakan fitur filter untuk menyaring hasil pencarian sesuai dengan preferensi Anda.

4. Lamar pekerjaan

Setelah menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan kriteria Anda, Anda bisa melamar pekerjaan dengan mengklik tombol “Lamar Sekarang” yang ada di halaman detail lowongan kerja. Anda akan diminta untuk mengisi formulir lamaran yang berisi data diri, resume online, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya jika diperlukan. Pastikan Anda mengisi formulir lamaran dengan lengkap dan benar serta sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh perusahaan.

5. Pantau status lamaran

Setelah melamar pekerjaan, Anda bisa memantau status lamaran Anda di halaman “Lamaran Saya” yang ada di akun Jobstreet Anda. Anda bisa melihat apakah lamaran Anda sudah diterima, diproses, atau ditolak oleh perusahaan. Jika lamaran Anda diterima atau diproses, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email atau SMS dari Jobstreet atau perusahaan yang bersangkutan. Jika lamaran Anda ditolak, jangan berkecil hati dan terus mencari lowongan kerja lainnya yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

6. Siapkan diri untuk wawancara

Jika Anda mendapatkan panggilan untuk wawancara, berarti Anda sudah melewati tahap seleksi awal dan masuk ke tahap selanjutnya. Wawancara adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kepribadian, kemampuan, dan motivasi Anda kepada perusahaan. Oleh karena itu, siapkan diri Anda dengan baik sebelum wawancara.

Pelajari tentang profil perusahaan, visi misi, produk atau layanan, budaya kerja, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh perusahaan.

Persiapkan juga jawaban-jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan saat wawancara, seperti kelebihan dan kekurangan diri, alasan melamar pekerjaan, harapan gaji, rencana karir, dan lain-lain. Selain itu, berpakaian rapi dan sopan, datang tepat waktu, bersikap ramah dan percaya diri, serta menjaga kontak mata dan bahasa tubuh selama wawancara.

7. Tunggu hasil akhir

Setelah wawancara, Anda tinggal menunggu hasil akhir dari perusahaan apakah Anda diterima atau tidak sebagai karyawan baru. Biasanya hasil akhir akan diumumkan dalam waktu beberapa hari atau minggu setelah wawancara. Jika Anda diterima, selamat! Anda sudah berhasil mendapatkan pekerjaan impian Anda di Jobstreet. Jika tidak, jangan menyerah dan terus berusaha untuk mencari pekerjaan lainnya yang lebih cocok untuk Anda.

Demikianlah langkah-langkah melamar kerja di Jobstreet yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Cara Mengetahui Lamaran Ditolak atau Diterima di Jobstreet

Jobstreet adalah salah satu situs pencarian kerja terpopuler di Indonesia. Banyak perusahaan yang menggunakan Jobstreet untuk memposting lowongan kerja dan mencari kandidat yang sesuai. Namun, tidak semua lamaran yang kita kirimkan melalui Jobstreet akan mendapatkan tanggapan positif dari perusahaan. Ada kalanya kita harus menerima kenyataan bahwa lamaran kita ditolak.

Lalu, bagaimana cara mengetahui lamaran kita ditolak di Jobstreet? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan:

1. Periksa status lamaran di akun Jobstreet kita

Setelah kita mengirimkan lamaran, kita bisa melihat statusnya di halaman “Lamaran Saya” di akun Jobstreet kita. Status lamaran bisa berubah dari “Dikirim” menjadi “Diproses”, “Ditolak”, atau “Diterima”. Jika statusnya berubah menjadi “Ditolak”, berarti lamaran kita tidak lolos seleksi awal dari perusahaan.

2. Periksa email yang dikirimkan oleh perusahaan

Beberapa perusahaan akan mengirimkan email konfirmasi kepada pelamar yang tidak lolos seleksi. Email ini biasanya berisi alasan penolakan, saran untuk memperbaiki lamaran, atau informasi lowongan kerja lain yang mungkin cocok untuk kita. Jika kita menerima email seperti ini, berarti lamaran kita ditolak oleh perusahaan.

3. Hubungi perusahaan secara langsung

Jika kita tidak mendapatkan status lamaran atau email konfirmasi dari perusahaan, kita bisa mencoba menghubungi perusahaan secara langsung untuk menanyakan status lamaran kita. Kita bisa menghubungi nomor telepon, alamat email, atau media sosial yang tercantum di iklan lowongan kerja. Namun, kita harus bersikap sopan dan profesional saat menghubungi perusahaan.

Jangan menuntut atau memaksa perusahaan untuk memberikan jawaban segera. Jika perusahaan mengatakan bahwa lamaran kita ditolak, kita harus menerima dengan baik dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Apa saja yang harus dilampirkan dalam resume JobStreet?

Resume JobStreet adalah salah satu dokumen penting yang harus Anda siapkan jika ingin melamar pekerjaan melalui situs web JobStreet. Resume JobStreet berisi informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Resume JobStreet juga dapat disesuaikan dengan setiap lowongan pekerjaan yang Anda minati.

Lalu, apa saja yang harus dilampirkan dalam resume JobStreet? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Foto profil

Foto profil Anda harus menunjukkan wajah Anda dengan jelas dan profesional. Hindari foto yang terlalu gelap, buram, atau berisi unsur-unsur yang tidak pantas. Foto profil Anda akan memberikan kesan pertama kepada perekrut tentang diri Anda.

2. Data pribadi

Data pribadi Anda meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan data pribadi Anda lengkap dan akurat. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat email yang aktif dan profesional.

3. Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan Anda mencakup jenjang pendidikan terakhir yang Anda tempuh, nama institusi pendidikan, jurusan, tahun masuk dan lulus, serta nilai rata-rata atau IPK jika diminta. Jika Anda memiliki sertifikat atau ijazah tambahan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, Anda juga dapat menyertakannya di sini.

4. Pengalaman kerja

Pengalaman kerja Anda mencakup nama perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja sebelumnya atau saat ini, posisi atau jabatan yang Anda pegang, periode kerja, serta tanggung jawab dan pencapaian yang Anda miliki di sana. Urutkan pengalaman kerja Anda dari yang terbaru ke yang terlama. Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, Anda dapat menggantinya dengan pengalaman magang, organisasi, sukarela, atau proyek akademik yang relevan.

5. Keterampilan

Keterampilan Anda mencakup kemampuan bahasa asing, komputer, atau teknis lainnya yang dapat mendukung kinerja Anda di pekerjaan yang Anda lamar. Sebutkan tingkat penguasaan Anda untuk setiap keterampilan yang Anda miliki. Jika memungkinkan, berikan contoh atau bukti keterampilan Anda dalam bentuk sertifikat, portofolio, atau tautan.

6. Prestasi

Prestasi Anda mencakup penghargaan, piagam, atau pengakuan lainnya yang pernah Anda raih di bidang akademik, profesional, atau sosial. Sebutkan nama prestasi, penyelenggara, dan tahun penerimaannya. Jika prestasi Anda berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar, berikan penjelasan singkat tentang apa dan bagaimana Anda meraihnya.

FAQ tentang Melamar Kerja di JobStreet dan Jawabannya

1. Apa itu JobStreet?

JobStreet adalah salah satu situs lowongan pekerjaan terkemuka yang menyediakan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan dan industri. Situs ini memudahkan pencari kerja untuk menemukan dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi mereka.

2. Bagaimana cara mendaftar di JobStreet?

Untuk mendaftar di JobStreet, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs JobStreet (www.jobstreet.com).
  2. Klik “Daftar” atau “Sign Up” di pojok kanan atas halaman.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan (email, kata sandi, dan informasi pribadi lainnya).
  4. Klik “Buat Akun” dan lakukan verifikasi email.
  5. Lengkapi profil Anda dengan mengisi informasi pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan.

3. Bagaimana cara mencari pekerjaan di JobStreet?

Untuk mencari pekerjaan di JobStreet, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke akun JobStreet Anda.
  2. Gunakan fitur pencarian (Search) di bagian atas halaman untuk mencari pekerjaan dengan mengetikkan kata kunci, lokasi atau spesialisasi tertentu.
  3. Anda juga dapat menggunakan filter, seperti tingkat jabatan, gaji, dan tanggal posting, untuk mempersempit hasil pencarian.
  4. Klik pada lowongan pekerjaan yang menarik minat Anda untuk melihat detail dan persyaratan pekerjaan.

4. Bagaimana cara melamar pekerjaan di JobStreet?

Setelah menemukan lowongan yang sesuai, ikuti langkah-langkah berikut untuk melamar:

  1. Klik tombol “Lamar” atau “Apply” pada halaman detail lowongan.
  2. Pastikan profil Anda sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan lowongan.
  3. Unggah dokumen yang diperlukan, seperti surat lamaran dan CV (jika diminta).
  4. Klik “Kirim Lamaran” untuk menyelesaikan proses lamaran.

5. Apakah ada biaya untuk mendaftar atau melamar pekerjaan di JobStreet?

Tidak ada biaya untuk mendaftar atau melamar pekerjaan di JobStreet. Layanan ini gratis bagi para pencari kerja.

6. Bagaimana cara melihat status lamaran kerja yang telah diajukan?

Login ke akun JobStreet Anda, kemudian klik “Lamaran Saya” atau “My Applications” di menu utama untuk melihat daftar lamaran kerja yang telah diajukan beserta statusnya.

7. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan respons dari perusahaan setelah melamar pekerjaan?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan respons bervariasi antar perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin merespons dalam beberapa hari, sementara yang lain mungkin membutuhkan lebih banyak waktu. Selalu pastikan untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda dan mengikuti instruksi yang diberikan agar peluang Anda lebih besar.

Kesimpulan

Demikian tips melamar di jobstreet yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan sukses dalam mencari pekerjaan impian kamu!

Baca juga : 30+ Tips Cepat Dapat Kerja Dalam 1 Minggu

Itulah 7 cara melamar di Jobstreet agar dipanggil. Selain itu jangan lupa untuk selalu riset sebelumnya tentang posisi dan perusahaan yang akan kamu lamar sehingga di saat kamu ke tahap selanjutnya dalam sesi wawancara, kamu tidak merasa kebingungan. Selamat melamar pekerjaan!

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in