tips melamar kerja di jobstreet
tips melamar kerja di jobstreet

7 Tips Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil dan Diterima

Diposting pada 273 views

Tips melamar di Jobstreet agar dipanggil dan diterima – Saat ini untuk mencari info sebuah lowongan pekerjaan tidak sesulit dahulu atau harus mencari teliti di koran-koran setiap hari. Dengan berkembangnya teknologi dan internet, tentu saja segala informasi dapat diakses dengan mudah. Tak terkecuali informasi lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan.

Karena saat ini era digital, setiap orang mau tidak mau harus mampu beradaptasi dengan teknologi terkini. Salah satu portal pencari lowongan di internet yang cukup terkenal adalah Jobstreet. Jobstreet merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan kerja yang didirikan di Malaysia dan hingga saat ini terkenal di Asia di antaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Saat ini pengguna Jobstreet semakin meningkat dengan semakin banyaknya para pencari kerja di Indonesia. Untuk memulai mencari pekerjaan di Jobstreet adalah kamu harus memulai dengan mendaftar dan memvalidasi email mu setelah itu kamu dapat mengisi profil selengkap mungkin dan mulai melamar pekerjaan melalui Jobstreet dan langkah selanjutnya adalah mulai memeriksa status lamaran dan permintaan wawancara. Nah bagaimana sih cara melamar di Jobstreet agar dipanggil? Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu gunakan.

Tips Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil

cara melamar di jobstreet agar dipanggil

1. Selalu update CV

Saat kamu akan melamar melalui Jobstreet, hal pertama yang dilakukan adalah kamu diharuskan untuk mengisi profil atau CV mu yang ada di Jobstreet. Hal ini berguna agar perusahaan mengetahui surat lamaran mu dan dapat mereview tentang data dirimu dengan baik. Pastikan kamu selalu mengupdate cv mu agar para HR juga mengetahui update terbaru tentang pengalamanmu. Sebaiknya update CV mu selama 3 bulan sekali.

2. Masa berlaku pekerjaan

Kamu wajib memperhatikan masa berlaku lowongan perusahaan yang akan kamu lamar. Setiap lowongan pekerjaan yang terpublikasi di Jobstreet sudah dipastikan memiliki tenggat waktu sendiri-sendiri.

Maka dari itu ketika melamar usahakan jangan mengirim lamaran dalam waktu akhir tenggat waktu. Lamaran yang masuk di awal mungkin saja akan diproses lebih awal oleh perusahaan dan kamu berpotensi lebih besar untuk dipanggil oleh HR.

3. Foto professional

Sebagai platform lowongan pekerjaan tentu saja Jobstreet juga seperti CV online para pelamar. Maka dari itu gunakanlah foto profil yang professional, rapi, dan tersenyum dan usahakan jangan foto selfie. Ini berguna agar rekruter juga dapat melihatmu dirimu secara jelas dan kamu tampak lebih professional. Pastikan kualitas foto mu HD.

Baca juga : Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

4. Pendidikan yang relevan

Kamu juga harus memperhatikan latar belakang pendidikan mu dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan yang bertolak belakang dengan posisi yang kamu lamar, kamu dapat menjelaskan pengalaman pekerjaanmu sebelumnya yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar sehingga HR dapat mempertimbangkan untuk lamaran pekerjaanmu. Tetapi saat ini banyak perusahaan yang tak harus mensyaratkan pendidikan yang relevan dengan posisi yang akan dilamar.

5. Batas usia

Batas usia juga perlu diperhatikan. Banyak perusahaan yang mensyaratkan batasan umur maksimal pelamar. Ini karena batas usia juga mempengaruhi tingkat produktifitas seorang pekerja di perusahaan.

6. Perhatikan terkait gaji perusahaan

Seorang pelamar juga harus mengetahui tingkat salary posisi yang akan dilamar. Biasanya lamaran pekerjaan akan mengharuskan kandidat untuk menuliskan gaji yang diinginkan. Sebelum menulis gaji yang diinginkan ada baiknya kamu harus riset mengenai gaji sesuai posisi yang kamu lamar agar kamu tidak asal menulis gaji sesuai ekspetasi.

7. Informasi yang jelas

Sebagai pelamar yang professional walaupun Jobstreet merupakan platform lowongan kerja online, tapi utamakan untuk memberikan informasi terkait dirimu dengan jelas. Khususnya dalam penulisan CV usahakan juga rapi dan pengalaman pekerjaan yang ditulis dengan jelas sehingga rekruter juga melihat data dirimu dengan baik dan kamu juga berpotensi untuk dipanggil ke tahap selanjutnya.

Baca juga : 30+ Tips Cepat Dapat Kerja Dalam 1 Minggu

Itulah 7 cara melamar di Jobstreet agar dipanggil. Selain itu jangan lupa untuk selalu riset sebelumnya tentang posisi dan perusahaan yang akan kamu lamar sehingga di saat kamu ke tahap selanjutnya dalam sesi wawancara, kamu tidak merasa kebingungan. Selamat melamar pekerjaan!

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in