Simak Tips Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Baik dan Benar

Diposting pada 92 views

Sebelum Anda melakukan wawancara dengan HRD ketika melamar pekerjaan, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang biasanya diajukan. Hal ini akan sangat membantu Anda ketika kebingungan menjawab pertanyaan. Di bawah ini ada beberapa pertanyaan wawancara kerja dan tips menjawabnya yang bisa Anda jadikan refrensi.

Tolong Ceritakan Tentang Diri Anda

Jenis pertanyaan pertama yang biasanya ditanyakan oleh HRD adalah mengenai data pribadi seperti meminta untuk menceritakan tentang diri Anda.Tips menjawabnya sangat mudah, Anda tinggal memperkenalkan diri sesuai dengan CV dan resume yang telah dibuat seperti Nama saya Gita Welastiningtias.Saya alumni Ilmu Komputer Universitas Gajah Mada.Sejak Februari 2015 saya bekerja di PT Suka Maju sebagai teknisi jaringan.


Agar Anda merasa lebih rileks saat menjawabnya sebaiknya ucapkan salam terlebih dahulu. Lalu jawablah pertanyaan sesuai dengan faktanya.Jika memiliki pengalaman kerja, ceritakan hal tersebut. Akan tetapi jika Anda baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja, ceritakan saja aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Tujuan pertanyaan ini diajukan adalah untuk mengetahui bagaimana karakter, cara berfikir dan kepribadian Anda apakah cocok diterima di pekerjaan tersebut atau tidak.

Mengapa Anda Memilih Jurusan Tersebut?

Pertanyaan kedua adalah alasan mengapa Anda memilih jurusan tersebut dan apa yang didapatkan selama kuliah. Ketika menjawab pertanyaan yang satu ini harus dengan menggunakan kalimat yang masuk akal dan tidak mengada-ngada karena HRD akan menilai Anda sebagai orang yang suka berbohong.

Contoh jawaban yang tepat adalah saya menyukai komputer sejak kecil dan dengan mengambil jurusan ilmu komputer wawasan saya bisa semakin bertambah. Selain itu alasannya adalah karena yang dipelajari di jurusan tersebut sangat menyenangkan dan sesuai dengan apa yang saya inginkan. Agar Anda tidak terlihat mengada-ngada, jawablah pertanyaan ini dengan tenang dan tegas.

Cara Anda Membayar Kuliah

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui bagaimana Anda membayar kuliah apakah hanya orangtua saja yang membayar atau Anda ikut membantu.Anda harus memberikan jawaban yang jujur misalnya Saya mendapatkan beasiswa sampai lulus.Atau saya bekerja paruh waktu di sebuah percetakan untuk membantu orangtua dalam membayar uang kuliah.

Tujuan pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui apakah Anda orang yang suka bekerja keras atau tidak.Dengan mendapatkan beasiswa atau bekerja paruh waktu untuk meringankan beban orangtua menandakan bahwa Anda adalah pribadi yang bekerja keras.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini

Jenis pertanyaan berikutnya adalah seberapa besar Anda mengetahui tentang perusahaan tersebut.Karena itu sebaiknya sebelum interview, Anda harus mengumpulkan informasi mengenai perusahaan terkait agar lebih mudah dalam menjawab pertanyaan dari HRD.Anda bisa mencari berita positif, reputasi dan bagaimana sistem kerja di perusahaan tersebut.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah tugas-tugas yang akan Anda kerjakan di posisi yang diinginkan jika lamarannya diterima. Anda bisa mencari informasi tersebut di akun sosial media atau website dari perusahaan tersebut setelah itu catatlah bagian pentingnya saja jadi tidak semua harus dihafalkan.Atau Anda juga bisa bergabung dengan komunitas yang berfokus pada dunia karier.

Lewat komunitas tersebut Anda bisa berdiskusi mengenai pertanyaan apa yang sering ditanyakan ketika wawancara kerja dan bagaimana tips menjawabnya. Jika beruntung Anda akan bertemu dengan orang yang bekerjaan di perusahaan yang Anda inginkan dan tentunya bisa bertanya banyak hal sebelum wawancara kerja.

Selain itu cara menjawabnya adalah usahakan senatural mungkin dan tanpa jeda. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan kesan yang baik dari HRD bahwa Anda sudah benar-benar mengetahui tentang perusahaan tersebut.

meyakinkan perekrut.

Bagaimana Anda Mengetahui Lamaran Ini?

Pertanyaan yang satu ini juga pasti ditanyakan oleh HRD.Ada 3 alternatif jawaban yang bisa Anda pilih, pertama adalah saya memang tertarik bekerja di perusahaan ini karena itu saya langsung membuka website perusahaan.Jawaban kedua adalah saya mengetahui ini dari teman satu organisasi saya dimana saya memang sedang mencari pekerjaan.Saya yakin skills yang saya miliki sesuai dengan posisi ini.

Sedangkan untuk jawaban ketiga adalah saya sedang mencari lowongan pekerjaan.Saya memanfaatkan aplikasi Linkedin dan menemukan posisi yang saya inginkan di perusahaan ini. Jangan sampai Anda menjawab lupa darimana mendapatkan informasi karena hal ini akan membuat HRD merasa tidak yakin untuk menerima lamaran tersebut.

Bagaimana Cara Anda Mengaplikasikan Teori yang Telah Dipelajari di Universitas?

Pertanyaan yang satu ini sebenarnya tergolong sulit karena kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus. Karena itu untuk menghindari kesalahan dalam menjawab, Anda bisa menggunakan 2 versi jawaban yaitu pertama saya memang tidak memiliki pengetahuan di bidang ini akan tetapi saya memiliki pengalaman yang relevan dengan posisi ini.

Jawaban kedua adalah saya akan mencari mentor di bidang ini untuk membantu saya dalam mengembangkan kemampuan agar bisa mencapai tujuan perusahaan. Setelah itu saya juga akan mencoba untuk mengaplikasikannya.Tujuan pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui apakah yang Anda pelajari selama ini bisa diaplikasikan untuk kemajuan perusahaan atau tidak.

Kelebihan yang Anda Miliki

Pertanyaan wawancara kerja dan tips menjawabnyaselanjutnya seputar kelebihan yang Anda miliki.. Walaupun pertanyaan ini sederhana tetapi kebanyakan pelamar kebingungan bagaimana cara menjawabnya.Ketika Anda mendapatkan pertanyaan semacam ini jawablah dengan jujur dan usahakan jawabannya relevan dengan posisi yang diinginkan.

Jangan menyebutkan kelebihan yang tidak relevan dengan pekerjaan di perusahaan tersebut.Anda juga harus menjaga etika dan tatakrama ketika menjawabnya, harus santun dan rendah hati.Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui karakter Anda apakah sombong atau tidak.

Kekurangan yang Anda Miliki

Sama dengan pertanyaan sebelumnya yang juga membuat para pelamar kebingungan menjawabnya, jika salah menjawab Anda bisa dinilai orang yang kurang kompeten. Agar terhindar dari hal tersebut Anda bisa menjawab seperti ini saya memiliki kelemahan dalam mengoperasikan Microsoft excel akan tetapi saya sedang mempelajarinya.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah jangan sampai Anda mengatakan tidak memiliki kekurangan apapun karena HRD akan menganggap Anda adalah orang yang sombong.

Mengapa Tertarik Melamar di Perusahaan Ini?

Pertanyaan yang satu ini sifatnya umum artinya pasti Anda akan ditanya saat interview kerja. Tujuan pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui seberapa besar motivasi Anda dalam bekerja di perusahaan tersebut.Adapun jawaban-jawaban yang harus dihindari berkaitan dengan reputasi perusahaan, gaji yang diberikan dan memiliki suasana bekerja yang nyaman.

Mengapa harus menghindari jawaban seperti itu? Karena HRD akan menilai Anda sebagai orang yang tidak loyal terhadap peerusahaan tersebut. Lalu jawaban yang tepat misalnya adanya kecocokan dengan jenis bisnis di perusahaan, menyukai visi dan misi perusahaan serta pernah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya di bidang yang sama.

Mengapa Melamar di Posisi Ini?

Berikutnya HRD juga akan menanyakan alasan mengapa Anda ingin melamar di posisi ini. Apabila Anda memiliki pengalaman kerja yang sama dengan posisi tersebut maka jawablah seperti itu. Akan tetapi jika Anda belum pernah memiliki pengalaman kerja di posisi yang diinginkan sebaiknya mencari informasi mengenai bidang tersebut.

Anda bisa mempelajarinya dengan mencarinya di internet atau bertanya kepada orang yang bekerja di bidang tersebut.Setelah itu carilah hubungan antara ketrampilan Anda dan latar belakang pendidikan, hal ini bisa dijadikan bekal untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Kontribusi Apa yang Akan Kamu Berikan?

Pertanyaan wawancara kerja dan tips menjawabnyayang berikutnya adalah tentang kontribusi untuk perusahaan. Ketika Anda mendapatkan pertanyaan semacam ini jawablah sesuai dengan keahlian atau pengalaman.Anda juga bisa menceritakan tentang prestasi yang pernah diraih sebelumnya sesuai dengan bidang yang diinginkan.

Akan tetapi jika Anda belum memiliki pengalaman kerja dan tidak ada prestasi yang relevan, bisa menjawab dengan kegiatan yang dilakukan sehari-hari.Selain itu tambahkan juga bahwa Anda adalah orang yang suka belajar banyak hal baru.

Rencana Untuk Beberapa Tahun ke Depan

Pertanyaan yang satu ini termasuk sulit dijawab karena berkaitan dengan masa depan yang belum pasti. Karena itu jika mendapatkan pertanyaan seperti ini berikanlah jawaban yang realistis mengenai rencana beberapa tahun ke depan. Misalnya jika Anda memiliki rencana untuk menikah dan memiliki anak, jawablah seperti itu.Pertanyaan seperti ini sangat berpengaruh dalam penerimaan pegawai baru.

Beberapa perusahaan memang ada yang membuat aturan untuk tidak boleh menikah selama kurun waktu 6 bulan sejak diterimanya bekerja.

Mengapa Berhenti Bekerja di Perusahaan Sebelumnya?

Pertanyaan berikutnya adalah alasan mengapa Anda berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya.Tips menjawabnya dengan jawaban yang logis misalnya ingin meningkatkan kemampuan di perusahaan baru.Hindari menjawab dengan membicarakan keburukan di perusahaan tersebut karena hal ini bisa merusak citra diri Anda.

Apalagi jika Anda berhenti karena alasan pribadi, sebaiknya juga jangan dikatakan kepada HRD.Selain itu Anda juga bisa menjelaskan ketertarikan yang tidak dimiliki oleh perusahaan sebelumnya.

Gaji yang Anda Inginkan Berapa?

Pertanyaan yang juga sering dilontarkan saat wawancara pekerjaan adalah mengenai berapa gaji yang Anda inginkan.Hati-hati dengan pertanyaan seperti ini karena sifatnya menjebak pelamar. Kebanyakan pelamar akan kebingungan menjawab apalagi jika belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya di posisi tersebut.

Cara yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah menjawab pertanyaan adalah mencari tahu berapa rentang gaji yang didapatkan  di posisi tersebut. Jika Anda memiliki ketrampilan yang sesuai dengan bidang tersebut, coba sampaikan kepada HRD barangkali bisa mendapatkan gaji yang besar.Anda juga bisa melakukan negosiasi dengan HRD perihal gaji.

Dengan menyampaikan prestasi-prestasi yang pernah diraih, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan gaji yang diinginkan. Jika ada hal yang kurang Anda mengerti bisa langsung ditanyakan kedapa pewancara.

Kenapa Kami Harus Menerima Anda?

Pertanyaan wawancara kerja dan tips menjawabnyayang berikutnya adalah mengapa perusahaan harus menerima lamaran Anda? Pertanyaan yang satu ini biasanya akan membuat pelamar grogi karena takut salah menjawab. Tetapi Anda tidak usah khawatir karena tujuan HRD menyampaikan pertanyaan ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai ketrampilan yang dimiliki.

Jadikanlah pertanyaan ini sebagai jalan untuk menjelaskan secara detail mengenai potensi yang Anda miliki serta kontribusi apa yang hendak diberikan kepada pihak perusahaan. Selain itu sampaikan juga bahwa Anda adalah orang yang suka bekerja sama dengan tim sehingga HRD tidak akan menganggap Anda individualis.

Anda juga bisa memaparkan perihal kualifikasi apa yang tidak dimiliki oleh pelamar lainnya agar pihak perekrut tertarik dan menerima lamaran pekerjaan Anda. Selain itu Anda juga bisa memberikan bukti tentang prestasi yang pernah diraih agar semakin meyakinkan perekrut.

Apakah Pernah Mengalami Kesulitan Saat Bekerja? Bagaimana Cara Mengatasinya

Pertanyaan yang satu ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara Anda dalam menyelesaikan masalah. Misalnya ketika ada pekerjaan yang menumpuk dan Anda merasa stress. Dari situ HRD akan menilai cara Anda mengelola stress dan tetap menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan baik. Anda juga bisa menceritakan kesulitan apa yang pernah dialami di perusahaan sebelumnya.

Mengakui kesulitan yang pernah Anda alami artinya mengakui bahwa mengakui akar permasalahan tersebut.Akan tetapi yang perlu diingat ketika menceritakan kesulitan yang pernah dialami jangan sampai terlalu terlarut. Anda harus bisa menahan diri untuk bercerita seperlunya dan sampaikan bagaimana cara yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Bagaimana Lingkungan Kerja yang Disukai?

Tips untuk menjawab pertanyaan yang satu ini adalah jujur mengenai jenis lingkungan apa yang Anda inginkan. Misalnya Anda lebih suka dengan lingkungan kerja yang interaktif antar karyawan.Atau Anda juga bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai lingkungan kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut, jadi jawabannya bisa disesuaikan.

Misalnya lingkungan kerja di perusahaan tersebut “bebas” jadi Anda bisa mengatakan bahwa lebih menyukai lingkurang yang memberi kebebasan kepada karyawannya untuk mengambil sebuah keputusan.

Bagaimana Jika Anda Sudah Bekerja Selama 5 Tahun Akan Tetapi Tidak Dipromosikan?

Pertanyaan yang satu ini juga membingungkan pelamar. Biasanya seorang pelamar sudah mempunyai rencana untuk masa depan salah satunya bisa dipromosikan dan naik jabatan. Jika Anda mendapatkan pertanyaan seperti ini tips menjawab yang tepat adalah saya merupakan orang yang praktis dan penuh dengan ambisi. Saya akan terus belajar dan berusaha untuk berkembang di posisi tersebut. Setiap karyawan pasti memiliki waktu yang berbeda-beda dan saya yakin bahwa saya akan terstimulus dengan bekerja disini.

Jawaban yang Anda berikan harus tegas dan tidak mengada-ngada. Pihak rekruter akan menilai bahwa Anda adalah orang yang bekerja keras dan tanggung jawab.

Bagaimana Perasaan Anda Setelah Dipecat Hingga 2 Kali

Pertanyaan yang satu ini biasanya dilontarkan untuk pelamar yang pernah dipecat dari perusahaan sebelumnya. Jika Anda salah satunya, cobalah untuk memberikan jawaban yang berkaitan dengan bagaimana cara memecahkan masalah yang dialami. Contoh jawaban yang tepat adalah saya merasa shock karena dipecat dua kali, tetapi hal tersebut membuat saya menjadi kuat dan bisa bangkit kembali.Karena itu saya merasa bersemangat untuk bekerja di tempat ini.

Berapa Lama Waktu Anda Bekerja Dalam 7 Hari?

Pertanyaan wawancara kerja dan tips menjawabnyayang berikutnya berkaitan dengan berapa lama Anda bekerja dalam seminggu. Ketika mendapatkan pertanyaan seperti ini Anda harus memberikan jawaban yang mampu membuat HRD tertarik seperti saya sudah terbiasa untuk bekerja dalam waktu yang lama. Dengan cara seperti ini dapat membantu saya untuk menambah nilai dari setiap pekerjaan. Ketika klien membaca hasil pekerjaan saya maka dia akan berfikir bahwa yang bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan baik hanyalah perusahaan ini.

Mana yang Lebih Penting, Menjadi Terampil Atau Beruntung

Jika rekruter menanyakan hal ini kepada Anda, jawablah bahwa lebih penting menjadi orang yang terampil daripada beruntung.Hal ini dikarenakan orang yang terampil lebih bisa melihat jalan untuk membuatnya semakin berkembang. Jika hanya menjadi orang yang beruntung tetapi tidak terampil maka kemungkinan besar hasil pekerjaannya tidak akan maksimal.

Kapan Anda Mencapai Puncak Karir

Tips menjawab pertanyaan yang satu ini adalah harus dengan penuh keyakinan seperti karena saya adalah orang yang sehat dan memiliki mental positif yang kuat saya tidak memiliki ekspektasi mengenai kapan bisa mencapai puncak karir.Menurut saya yang paling penting adalah berapa banyak wawasan yang bisa saya dapatkan di perusahaan ini.

Apakah Anda Menganggap Bahwa Anda Seorang Pemimpin?

Pertanyaan yang juga sering dilontarkan oleh rekruter mengenai kepemimpinan. Tips agar Anda tidak salah menjawab dan terhindar dari penilaian buruk penanya, Anda bisa menjawabnya dengan penuh keyakinan akan tetapi harus tetap rendah hati. Contoh jawaban yang tepat adalah Tentu saja. Saya adalah orang yang ekstrovert akan tetapi mampu menjadi good listener. Saya juga orang yang suka memikirkan sebuah ide dan bagaimana cara merealisasikannya.

Pekerjaan Apa yang Menjadi Impian Anda?

Sampaikan dengan jujur apa yang menjadi impian Anda jika diterima di pekerjaan tersebut misalnya seperti karena impian saya adalah bisa menjadi bagian di perusahaan ini. Jawablah pertanyaan ini dengan nada tegas agar rekruter yakin dengan jawaban Anda.

Apakah Anda Harus Mendapatkan Izin Terlebih Dahulu dari Atasan Ketika Akan Menangani Proyek Baru?

Pertanyaan yang satu ini tergolong mudah karena pasti setiap karyawan akan meminta saran dari atasannya ketika ini menangani suatu proyek. Jika atasan telah setuju dengan ide yang saya paparkan berarti saya bisa menjalaninya.

Anda Bersedia Bekerja Mulai dari Posisi Entry Level?

Pertanyaan wawancara kerja dan tips menjawabnyayang satu ini memang agak membingungkan. Pasalnya banyak orang yang melamar ke perusahaan baru tetapi enggan memulai dari awal lagi.Akan tetapi hal ini harus dilakukan untuk meningkatkan karir Anda.Jadi jawaban yang tepat adalah Anda bersedia untuk memulai bekerja dari awal lagi.

Katakan juga alasan Anda mengapa bersedia bekerja dari awal misalnya saya ingin mempelajari bisnis dari bawah sebagai pemula.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Posisi Ini?

Pertanyaan yang satu ini juga sering dilontarkan oleh rerkuter.Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana Anda paham tentang posisi yang diinginkan. Karena itu agar Anda tidak salah dalam menjawabnya, carilah informasinya terlebih dahulu di internet mengenai tugas yang akan dikerjakan saat diterima di posisi tersebut. Selain itu Anda bisa bertanya dengan teman yang pernah bekerja di posisi tersebut.

Hal penting yang harus Anda lakukan ketika sedang mencari informasi tersebut adalah jangan lupa untuk dicatat.Kemudian Anda bisa membaca kembali catatan yang telah dibuat dan jangan dihafalkan.Anda harus mengingatnya dan ketika wawancara paparkanlah dengan menggunakan bahasa sendiri. Khawatirnya jika Anda menghafalkan penjelasan dari google, HRD akan mengetahui hal tersebut dan lamarannya bisa ditolak.

Bagaimana Sikap Anda Ketika Menghadapi Lingkungan Kerja yang Tidak Menyenangkan?

Pertanyaan yang satu ini juga tergolong sulit sebab kebanyakan orang akan merasa kurang nyaman dengan lingkungan kerja yang tidak menyenangkan. Akan tetapi jika menjawab pertanyaan semacam ini silahkan jawablah dengan jujur.Karena Anda hanyalah manusia yang berhak untuk merasa tidak nyaman.Alasan mengapa HRD menanyakan ini adalah ingin mengetahui bagaimana karakter Anda.

Ketika Anda sedang banyak perkerjaan dan di satu sisi lingkungan kerja sedang tidak mendukung, apakah akan pergi dari sana dan menelantarkan tugas atau tetap bertanggung jawab dengan mengerjakan pekerjaan tersebut. Jangan sampai Anda menjawab dengan jawaban yang terlalu berlebihan karena HRD akan menilah bahwa Anda adalah orang yang suka berbohong.

Apakah Anda Sedang Melamar Pekerjaan di Tempat Lain?

Pertanyaan semacam ini juga sering sekali ditanyakan saat wawancara pekerjaan. Tips menjawabnya cukup mudah, Anda hanya tinggal menjawabnya dengan jujur apakah sedang melamar di tempat lain atau tidak. Dari sini HRD bisa mengetahui status Anda, karena biasanya jika pelamar tersebut dinilai cocok untuk bekerja maka bisa saja HRD akan langsung menerima Anda sebab pelamar tersebut memiliki keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Jika Anda berterus terang apalagi termasuk ke dalam kandidat yang cocok, maka HRD akan langsung menerima Anda karena tidak ingin bekerja di perusahaan lain.

Berapa Gaji di Perusahaan Sebelumnya?

Jika HRD bertanya perihal gaji yang Anda dapatkan di perusahaan sebelumnya, Anda tinggal menjawab apa adanya. Jika HRD meminta slip ganji Anda juga harus memberikannya barangkali bisa menjadi bahan pertimbangan berapa gaji yang cocok untuk Anda. Hal ini merupakan salah satu cara agar bisa meyakinkan perekrut.

Apakah Anda Bisa Bahasa Asing?

Pertanyaan berikutnya adalah apakah Anda menguasai bahasa asing?Tips menjawabnya tentu harus jujur apakah Anda memiliki kemampuan berbahasa asing atau tidak. Jika Anda bisa berbahasa asing maka katakanlah yang sebenarnya, akan tetapi jika tidak maka Anda dapat menjawab seperti saya tidak bisa bahasa asing akan tetapi sampai sekarang saya masih mengikuti les kursus Bahasa Inggris. Saya juga suka membaca buku berbahasa Inggris.

Tujuan pertanyaan ini dilontarkan adalah bukan untuk mendiskriminasi seseorang akan tetapi HRD ingin mengetahui apakah yang Anda tulis di CV itu benar atau mengada-ngada.

Apa Hal yang Membuatmu Termotivasi Hingga Saat Ini?

Pertanyaan yang satu ini bisa Anda jawab dengan dua versi.Versi pertama adalah saya sangat menyukai lingkungan kerja yang nyaman sehingga hal tersebut membuat saya semakin termotivasi untuk terus tumbuh.Selain itu energi positif yang saya dapatkan sangat membawa efek positif terhadap diri sendiri.

Sedangkan untuk jawaban yang kedua adalah kebahagiaan kedua orangtua adalah motivasi terbesar saya. Selama ini orangtua saya selalu memberi dukungan terhadap apa yang saya inginkan. Karena itu saya tidak ingin mengecewakan mereka dan salah satu cara untuk membanggakan mereka adalah dengan bekerja di perusahaan ini.

Bagaimana Anda Menangani Seorang Klien yang Komplain?

Tips untuk menjawab pertanyaan yang satu ini adalah Anda harus menunjukkan sikap sebagai seorang pendengar yang baik.Anda bisa mengatakan bahwa mendengarkan keluhan yang disampaikan oleh klien baru membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.Jangan lupa untuk mengatakan bahwa Anda harus tetap meminta saran kepada atasan terlebih dahulu.

Apakah Ada yang Ingin Ditanyakan

Pertanyaan wawancara kerja dan tips menjawabnyayang berikutnya juga sangat mudah. Jika HRD bertanya seperti ini artinya Anda diberi kesempatan untuk menanyakan berbagai hal yang masih kurang dipahami.Pertanyaan ini juga menjelaskan bahwa sesi interview telah selesai jadi Anda tinggal menunggu hasilnya.Jangan lupa untuk berikan closing yang baik agar mendapatkan kesan yang baik pula di mata perekrut.