startup studio indonesia

Startup Studio Indonesia, Dorong Startup di Indonesia Lebih Inovatif

Diposting pada 216 views

Startup Studio Indonesia, Dorong Startup di Indonesia Lebih Inovatif – Beberapa tahun terakhir ini bisnis startup semakin populer di Indonesia, jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. Dan sudah cukup banyak bisnis start up yang meraih kesuksesan bahkan sampai di kancah internasional.

Salah satu faktor yang membuat bisnis startup kian menjamur adalah meningkatnya daya beli masyarakat dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Selain itu jumlah investor dan dukungan dari pemerintah juga menjadi salah satu faktornya.


Salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah adanya program Start Up Studio Indonesia yang dibentuk oleh Kementerian Kominfo.

Kementerian Kominfo memberikan beragam dukungan dan memfasilitasi kebutuhan dalam pengembangan bisnis startup melalui program ini. Fokus program ini ada pada lima hal yaitu akselerasi produk dan tim, validasi strategi fundraising, validasi strategi growth marketing, dukungan pengembangan teknologi dan menajamkan kemampuan bisnis.

Sekilas Program Startup Studio Indonesia

Program Startup Studio Indonesia dilaksanakan selama 3 bulan dengan tiga agenda utama yaitu Founder’s Cam, Mentoring 1 on 1 dan networking.

Founder’s cam yang merupakan acara pertama adalah serangkaian mentoring atau brainstorming dengan para pelaku industri, sharing ilmu praktis yang harus dikuasai oleh para pelaku bisnis startup guna mengembangkan skala usahanya. Agenda pertama ini akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan para founders agar lebih melek dengan ilmu-ilmu yang perlu dikuasai.

Agenda yang kedua adalah mentoring 1-on-1 yang merupakan konsultasi privat antara founder bisnis dengan para ahli terkait pengelolaan bisnis. Melalui agenda ini founder startup dapat berkonsultasi soal permasalahan-permasalahan atau hambatan yang dialami selama menjalankan bisnis. Dapat juga berkonsultasi soal percepatan pertumbuhan bisnis.

Agenda terakhir adalah networking, tujuan dari program ini adalah untuk memperluas jejaring founder startup dengan puluhan venture capital dan para pemimpin industri terkait yang dapat dijadikan sebagai partner kerja.

Progam ini memiliki antusias yang cukup tinggi dari para startup di Indonesia. SSI akan memilih startup yang benar-benar siap dan memiliki potensi besar untuk dibimbing ke level yang lebih tinggi.

Ada banyak sekali startup alumni dari inkubasi intensif SSI yang telah berhasil mencapai product-market fit dan mengembangkan bisnisnya secara pesat, setelah mendapatkan pembinaan yang tepat sasaran.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.