rute tol kahyangan

Dua Rute Tol Kahyangan yang Bisa Kamu Tempuh

Diposting pada 504 views

Tol Kahyangan adalah sebutan untuk sebuah jalan yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jalan ini juga sempat viral loh beberapa waktu lalu karena lokasinya yang berada di lereng Gunung Merbabu. Rute Tol Kahyangan sendiri bisa dijangkau dari Desa Banyuroto dan juga Desa Wonolelo.

Lokasi dan Cara Menuju Tol Kahyangan

Tol Kahyangan berlokasikan di lereng Gunung Merbabu, Daerah Kecamatan Sawangan Magelang. Dimana, jalan ini menghubungkan Desa Wonolelo dan Desa Banyuroto. Lebih tepatnya Dusun Wonodadi Wonolelo dan Suwanting Banyuroto.

Apabila kamu ingin menelusuri Tol Kahyangan ini dari Magelang, maka bisa mengawali perjalanan dari jalan Magelang-Boyolali. Namun, jika memang memutuskan berangkat dari Kota Magelang, ada baiknya untuk berkendara ke arah selatan menuju Mungkid. Setelah itu, pilih arah timur akan langsung tiba di jalan Magelang-Boyolali.

Lalu, berapakah jarak tempuh menuju Tol Kahyangan ini dari Magelang? Sekitar 29 km atau satu jam perjalanan. Jika sudah sampai, tinggal mengikuti jalan Magelang-Boyolali untuk bisa sampai di Desa Wonolelo.

Tempat Wisata Sekitar Tol Kahyangan

Jika memang punya rencana untuk menelusuri rute Tol Kahyangan ini, jangan lupa untuk mampir di beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Tol Kahyangan ini. Berikut rekomendasi terbaiknya:

1. Ketep Pass

Gunung Merapi adalah latar foto paling favorit di Ketep Pass. Tak hanya menawarkan wisata gunung saja, tapi juga ada wisata edukasi loh untuk anak-anak, berupa bioskop mini yang menayangkan film Gunung merapi. Jika tertarik dengan wisata satu ini, kamu hanya menempuh jarak 5,5 km saja dari Tol Kahyangan.

2. Pinus Kragilan

Lokasinya ada di Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Jika kamu gemar hunting foto instagenik, maka Pinus Kragilan jadi pilihan teratas untuk kamu. Spot terfavorit disini adalah di tengah-tengah hutan pinus.

Jarak tempat wisata ini dari Tol Kahyangan kira-kira hanya 11 km saja melalui Ketep Pass. Apalagi, saat ini akses jalannya sudah sangat bagus sehingga perjalanan lebih lancar.

3. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang menawarkan pesonanya yang sangat menawan dan cantik. Jaraknya cuma 3 km dari Tol Kahyangan.  Namun, sebaiknya tidak datang ke air terjun dengan kondisi fisik yang masih lelah.

Ini mengingat trek menuju air terjun yang juga menguras tenaga kamu. Jadi, siapkan mental dan fisik dari jauh-jauh hari ya. Jangan lupa bawa perbekalan yang cukup.

Tips Lewat Tol Kahyangan

Satu lagi, baca dulu tips ini sebelum melakukan perjalanan ke Tol Kahyangan agar perjalananmu tetap aman dan menyenangkan. Pertama, Jika ingin menyaksikan wisata berupa gunung, sebaiknya datang ketika cuaca sedang cerah.

Dikarenakan, saat hujan atau mendung biasanya tertutup oleh awan sehingga tidak bisa dilihat dengan jelas. Begitu juga dengan matahari terbit dan terbenam yang ada di sepanjang perjalanan ke Tol Kahyangan. Tentu saja, ketika hujan datang, tak akan terlihat apa-apa.

Kedua, kendaran mesti dalam kondisi prima. Karena Tol Kahyangan berada di ketinggian lereng Gunung Merbabu, maka akan ada tanjakan dan turunan saat menempuh rute tersebut. Jadi, pastikan kendaraan benar-benar sudah prima.

kamu juga sebaiknya mengendarai motor mengingat jalan desanya yang tidak terlalu luas dan sedikit sempit. Dengan sepeda motor juga lebih seru dan asyik kok, apalagi bisa menikmati angin sejuknya tol kahyangan.

Itulah informasi seputar Tol Kahyangan yang bisa ditempuh. Sudah punya planning ingin ke sini?

Baca juga:

Sumber gambar:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.