pertanyaan wawancara OSIS

5 Pertanyaan Wawancara OSIS yang Sering Keluar

Diposting pada 593 views

Pertanyaan wawancara OSIS yang sering keluar, akan kita bahas lengkap dengan jawabannya di artikel ini!

Pertama, kita pahami dulu apa itu OSIS? Organisasi OSIS merupakan salah satu wadah organisasi resmi siswa di sekolah. Mengikuti kegiatan OSIS ini, akan memberikan manfaat yang besar. Hal ini karena, kita akan belajar kepemimpinan, jiwa sosial, bekerja sama dengan tim dan masih banyak pengalaman lain yang akan kamu dapatkan. 

Sebagai tahap awal, kamu yang telah lolos pemberkasan akan mengikuti wawancara. Dalam pelaksanaan wawancara pemilihan OSIS ini, kita akan bersaing ketat loh. Yap, karena pendaftar OSIS biasanya sangat banyak dan akan diseleksi secara langsung oleh guru dan kakak senior. Dengan kata lain, tahap wawancara ini menjadi momen yang akan menentukan perjuangan kamu ke depan. 

Nah, untuk membantu kamu agar berhasil dalam wawancara OSIS, kami telah merangkum beberapa pertanyaan wawancara yang sering keluar hingga yang mungkin saja tidak terpikirkan sebelumnya. Yuk simak sampai habis artikel ini! 

Pertanyaan Wawancara OSIS

Kumpulan pertanyaan wawancara OSIS ini kami kumpulkan dari berbagai sumber berdasarkan pengalaman saat mengikuti wawancara loh. Persiapan yang matang akan membuat kamu percaya diri. Yuk siapkan dirimu dengan beberapa contoh pertanyaan ini.

Apa alasan kamu ingin menjadi anggota OSIS?

Pertanyaan wawancara OSIS SMP dan SMA yang pertama ini untuk mengetahui sejauh mana keinginan kamu untuk bergabung dengan OSIS.

Contoh Jawaban:

Saya ingin menjadi bagian dari OSIS karena saya percaya bahwa melalui organisasi ini, saya dapat berkontribusi positif pada sekolah ini. Saya ingin membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi para siswa serta bekerja sama untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah. Disisi lain, saya juga ingin mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan sosial yang pasti akan bermanfaat saat saya terjun di masyarakat nantinya. 

Apa yang membuatmu yakin bahwa kamu cocok menjadi anggota OSIS?

Pertanyaan ini untuk menilai apa kelebihanmu menurut dirimu sendiri sehingga cocok bergabung dengan OSIS. Misalnya sikap, pengalaman dan relasi yang kamu miliki. Coba sebutkan saja.

Jawaban:

Saya yakin bahwa peran sebagai anggota OSIS adalah panggilan bagi saya. Saya merasa memiliki bakat bawaan dalam kepemimpinan dan sosial. Kemampuan saya untuk bekerja dalam tim dan memimpin dengan semangat membuat saya siap untuk mengambil tantangan ini. Selain itu, saya juga termotivasi untuk berkontribusi secara signifikan dalam sekolah dan masyarakat.

Posisi apa yang kamu inginkan di OSIS?

Seperti yang telah kita ulas di artikel sebelumnya, tentang jabatan OSIS dan tugasnya, bahwa organisasi ini memiliki berbagai jabatan seperti ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, kepala divisi dan anggota tiap divisnya. Setiap posisi ini memiliki tugas yang berbeda-beda dan sama pentingnya. Nah, teman-teman ingin di posisi yang mana nih?

Untuk menjawab pertanyaan ini, hal pertama kamu harus mengetahui tugas utama dari posisi yang akan kamu pilih. Harapannya, akan meningkatkan peluang keberhasilan kamu saat wawancara. 

Contoh jawaban:

Saya ingin menjadi bendahara karena saya pandai mengatur keuangan dan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran dengan rapi. Selain itu, saya juga mempunyai sikap yang tegas.

Bagaimana cara kamu menyikapi perbedaan pendapat atau pola pikir dalam suatu organisasi?

Pertanyaan wawancara OSIS yang satu ini untuk mengetahui bagaimana tindakan yang kamu ambil saat terdapat banyak pendapat. Yang perlu diingat, perbedan pendapat dalam organisasi merupakan hal yang biasa. 

Contoh Jawaban:

Saya berpandangan bahwa dalam setiap kelompok dan organisasi perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Semua orang memiliki hak untuk menyatakan pendapatnya secara bebas, dan kita harus menghormati keragaman ini. Perbedaan pendapat tidak seharusnya menjadi sumber konflik atau perpecahan, terutama dalam konteks organisasi di mana diskusi dan musyawarah sangat penting.

Musyawarah adalah cara yang baik untuk mencapai kesepakatan dari berbagai pendapat yang ada. Saya percaya bahwa menerima berbagai pandangan dan menghargai setiap pendapat adalah kunci untuk mencapai keputusan terbaik. Sikap keras kepala dan merasa bahwa pendapat kita adalah yang terbaik harus sangat dihindari. 

Jika saya menghadapi situasi seperti ini, saya akan menerima perbedaan pendapat dengan lapang dada dan menghargai setiap pandangan yang ada guna mencapai kesepakatan yang baik untuk semua pihak. Egoisme dan kepentingan pribadi seharusnya tidak menjadi prioritas dalam organisasi, di mana dalam organisasi, musyawarah dan kolaborasi merupakan kunci utama tim yang solid dan tercapainya keberhasilan.

Jelaskan makna pemimpin menurut perspektif kamu sendiri!

Pertanyaan wawancara OSIS ini sangat sering muncul saat wawancara OSIS SMA maupun SMP. Bahkan dalam setiap organisasi juga sering keluar. Dari sini, pewawancara ingin mengetahui sejauh mana pandangan dan pikiran kamu serta apa yang akan kamu lakukan nanti ketika kamu dipilih. Hal ini karena jawaban kamu itu sebenarnya menentukan diri kamu dan bagaimana kamu bersikap nantinya. 

Contoh Jawaban:

Menurut saya, seorang pemimpin adalah seseorang yang berani mengambil risiko dan bertanggung jawab atas semua tindakannya. Seorang pemimpin harus menyadari bahwa setiap tindakan yang diambilnya memiliki risiko, nantinya hasil tersebut tidak hanya berpengaruh pada dirinya namun juga bagi orang lain terutama anggota kelompoknya.

Selanjutnya, sangat penting bagi seorang pemimpin untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan karena tanggung jawabnya sangat besar. Oleh karena itu, saya berpandangan bahwa seorang pemimpin harus berhati-hati dalam mengambil keputusan, karena selalu ada risiko yang muncul. 

Selain itu, seorang pemimpin tidak hanya memberikan perintah atau instruksi kepada anggotanya. Seorang pemimpin seharusnya berada di samping anggotanya, mendukung mereka, memberikan arahan yang bijaksana, dan tidak hanya memerintah. Menurut saya, tanda seorang pemimpin yang baik bukanlah kemampuannya untuk memerintah, tetapi kemampuannya untuk memimpin dan menginspirasi anggota timnya menuju tujuan bersama. Inilah inti dari arti seorang pemimpin.

Jika terjadi masalah atau hal yang menghambat peran kamu sebagai pemimpin, bagaimana cara kamu menyikapi hal tersebut?

Dalam berorganisasi, kita harus bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang diambil. Nah, pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa besar tanggung jawab dan bagaimana kamu mengambil peran tersebut.

Contoh jawaban:

Sebagai seorang pemimpin ketika saya menemukan masalah dan masalah itu menghambat rencana-rencana organisasi serta anggota, maka hal yang akan saya lakukan adalah mencari jalan keluar. 

Kemudian, cara saya menyikapinya adalah tetap bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa mengambil suatu tindakan. Hal ini karena setiap melakukan tindakan, pasti diikuti dengan kemungkinan resiko yang bisa saja terjadi. Diskusi dan analisa merupakan kunci utama saat berada di posisi ini.

 Jika ada masalah yang dapat menghambat rencana, saya sebagai seorang pemimpin akan menghadapi situasi tersebut dan mencoba untuk meminimalisir hal tersebut agar tidak membesar karena masalah ada sebenarnya untuk melatih diri kita. 

Apa yang akan kamu lakukan jika terpilih menjadi ketua OSIS?

Pertanyaan ini juga akan ditanyakan saat wawancara OSIS SMP hingga SMA atau SMK. Pewawancara ingin mengetahui tujuan serta langkah yang akan kamu lakukan kedepannya.

Kamu bisa menjawab pertanyaan dengan:

Apabila saya dipercaya untuk  menjadi ketua OSIS, maka saya akan berusaha  memimpin dengan penuh dedikasi dan menggali potensi setiap anggota OSIS. Saya juga akan menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh anggota OSIS dan sekolah untuk mengdakan kegiatan-kegiatan yang tidak hanya menarik namun juga bermanfaat bagi para siswa. Kegiatan dan renacana ini, tidak hanya untuk sekolah, namun juga untuk masyarakat sekitar.

Kesimpulan:

Saat mengikuti wawancara, sebaiknya kamu tenang dan tidak tergesa-gesa dalam menjawab. Selain itu, tunjukan bahwa kamu memiliki keinginan yang kuat, tidak egois serta pantang menyerah.

Oke, itulah beberapa pertanyaan wawancara OSIS. Bagaimana, kamu sudah siap wawancara? Semoga berhasil ya! 

Bila artikel ini menambah insight, jangan lupa bagikan ke temanmu. Dapatkan pula update artikel tentang kegiatan ekstrakurikuler, pendidikan hingga karir di website Kitapunya!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.