7 Hal Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Mengerjakan Skripsi

Diposting pada 102 views

7 Hal Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Mengerjakan Skripsi – Bagi mahasiswa tingkat S1 atau Sarjana, skripsi adalah hal yang waji untuk dikerjakan sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa. Umumnya skripsi ini dikerjakan pada saat mahasiswa menempuh semester akhir yaitu semester 7 dan 8.

Mahasiswa diberi waktu 2 semester untuk bisa mengerjakan skripsi dan lulus tepat waktu (8 semester), namun sayangnya tidak banyak mahasiswa yang akhirnya berkomitmen untuk segera menyelesaikan skripsi, sehingga terpaksa harus menambah 1 atau 2 semester ke depan.

Memang skripsi menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa, apalagi jika keburuntungan tidak berpihak kepada kita seperti mendapat dosen pembimbing yang galak, susah ditemuin atau bahkan perfectionis sampai-sampai diteliti perhuruf-hurufnya.

7 Hal Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Mengerjakan Skripsi

Kami memiliki beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum mengerjakan skripsi agar proses pembuatan terasa mudah dan bisa terselesaikan secara aman dan lancar.

1. Laptop / Komputer

Satu perangkat yang paling penting dalam menunjang pembuatan skripsi adalah komputer / laptop, mana mungkin kita setiap hari ke warnet atau mengerjakan pakai HP. Kan ribet dan jatuhnya lebih mahal.

Jika Anda belum punya laptop / komputer, Anda bisa membelinya bekas dengan harga 1 jutaan. Saran saya beli saja komputer, karena resikonya lebih sedikit untuk perangkat elektronik second. Setelah selesai, tinggal jual kembali komputer tersebut.

2. Printer

Walaupun kita bisa mencetak di tempat percetakan / fotocopy, tapi memiliki printer sendiri juga lebih bagus. Pasalnya kita bisa mencetak dokumen berwarna dengan harga yang lebih murah, kita juga bisa membuka jasa print warna yang lebih murah daripada di percetakan.

3. Flashdisk / Hardisk

Apa gunanya flashdisk / hardisk? Yaa buat nyimpen data dan mindahin data skripsi. Misal, Anda diminta oleh dosen pembimbing untuk mengcopy file skripsi agar bisa di cek. Butuh flashdisk kan? Atau misalnya ada teman Anda memiliki jurnal yang bagus, Anda minta. Paling simple kan pakai flashdisk, walaupun pakai email sebenarnya juga bisa, ha ha.

Baca juga : 100+ Contoh Motto Skripsi Terbaik dan Penuh Inspirasi

4. Aplikasi di Komputer

Komputer merupakan perangkat keras, tanpa aplikasi yang merupakan perangkat lunak maka juga percuma saja. Berikut ini beberapa aplikasi yang wajib Anda miliki guna persiapan mengerjakan skripsi :

  • Microsoft Office
  • SPSS
  • Google Chrome

5. Internet

Hari gini kalau ngga ada internet mau ngapain ya kan? Saat mengerjakan skripsi kita sangat butuh akses internet, terutama untuk akses jurnal, akses referensi dan lain sebagainya.

6. Buku Panduan & Referensi

Setiap perangkat elektronik sampai dengan kendaraan pasti memiliki buku manual terkait penggunaan dan pengetahuan dasar tentang alat tersebut. Begitu juga dengan skripsi, Anda tidak bisa mengarangnya dan membuat semau Anda sendiri. Ada pedoman yang harus Anda ikuti, dan teori didalamnya juga berdasar pada sumber referensi yang kredibel.

7. Modal

Modal disini bukan hanya dari segi material saja. Tapi juga dari segi mental dan psikis mahasiswa. Mengingat mengerjakan skripsi bukan sesuatu hal yang mudah, harus berjual melawan kemalasan dan kadang harus banyak sabar karena dosen susah ditemui.

Kurang lebih itu adalah 7 hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mengerjakan skripsi agar dapat lancar dan selesai tepat pada waktunya.

Baca juga : 50+ Contoh Judul Skripsi Manajemen Pemasaran & Link Download

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.