Peluang Usaha pada Masa Politik

12 Peluang Usaha pada Tahun Politik 2024

Diposting pada 463 views

Peluang Usaha pada Tahun Politik 2024 – Tahun politik saat ini, tidak hanya menimbulkan euforia di kalangan partai politik dan pendukungnya saja. Masyarakat yang mampu berpikir kreatif juga akan berbondong-bondong mencari celah menghasilkan pendapatan dari pesta lima tahunan ini. Yap, salah satu caranya yaitu melalui usaha. Nah, artikel ini akan mengulas peluang usaha atau bisnis pada tahun politik 2024. Semoga menginspirasi. Yuk simak!

Peluang Usaha pada Masa Politik 2024

Saat membangun usaha, para pemilik bisnis akan menyesuaikan dengan hobi, skill dan modal. Namun, sebenarnya kita bisa juga mengajak teman atau kerabat yang telah terjun ke bisnis tersebut atau mereka yang mempunyai skill mumpuni. Di sisi lain, beberapa bisnis juga tidak membutuhkan modal yang besar, hanya membutuhkan skill saja. Semua peluang usaha dan bisnis pada masa politik ini kami ulas d isini. Inilah peluang usaha yang bisa kamu pakai:

1. Percetakan

Peluang usaha yang paling menjanjikan saat masa politik yaitu bisnis percetakan, mulai dari percetakan spanduk atau banner, poster dan baliho. Media ini menjadi bisnis yang berpotensi besar menghasilkan keuntungan yang besar pada momen tersebut,dikarenakan Partai politik dan para calon sangat membutuhkan media promosi untuk mempromosikan diri kepada publik dengan cara yang paling luas dan efektif, salah satunya adalah dengan menyebarkan spanduk atau banner di setiap titik yang telah ditentukan. Oleh karena itu, permintaan akan jasa percetakan akan meningkat signifikan selama periode ini.

Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan peralatan cetak yang sesuai, dengan kebutuhan percetakan, seperti printer digital dan bahan-bahan baku lainnya seperti tipe media ataupun tinta.

apabila dirasa peralatan belum sepenuhnya memadai anda dapat bekerja sama dengan percetakan yang sudah sangat canggih. 

2. Konveksi Kaos dan Sablon

Peluang usaha saat pemilu selanjutnya adalah konveksi kaos dan sablon.

Konveksi kaos dan sablon ini bisa kamu jadikan ide cari cuan menjelang politik seperti saat ini. Seperti yang kita temui, hampir semua partai politik mencetak kaos dengan nama calon dan partainya bukan?

Pemesan kaos sablon ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia loh. Tidak hanya di kota-kota besar saja. Jumlah pesanan yang kamu terima bisa mencapai ribuan.

Bagaimana kamu tertarik dengan bisnis ini? Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan mulai sekarang! Ajak kerja sama pula teman-temanmu yang mempunyai keahlian dan bisnis di bidang ini.

3. Aksesoris

Selain konveksi dan percetakan, bisnis aksesoris juga punya potensi yang bagus. Aksesoris yang paling sering kita temui seperti pin, stiker, gantungan kunci, topi, gelang dan barang lainnya yang bertemakan politik dari partai atau calon yang maju saat pemilu.

4. Jasa Desain

Bisnis jasa desain juga sangat dicari pada masa politik seperti sekarang ini. Percetakan, konveksi kaos dan aksesoris semuanya membutuhkan desain yang menarik. Bagaimana tidak desain yang baik dan menarik akan meningkatkan daya tarik calon atau partai politik di hadapan masyarakat bukan? Oleh karenanya kebutuhan jasa desain ini sangat tinggi. 

5. Sewa Tenda dan Sound System

peluang usaha sound system saat pemilu

Bisnis sewa tenda dan sound system ini juga mengalami peningkatan yang tajam saat menjelang pemilu saat ini. Mulai dari  pertemuan kecil maupun acara besar, kandidat dan partai politik membutuhkan tempat yang nyaman dan peralatan audio yang mumpuni untuk menyampaikan pesan mereka dengan jelas.

6. Bisnis Katering atau Masakan

usaha catering saat pemilu

Bisnis yang mempunyai menghasilkan cuan menjelang pemilu 2024 selanjutnya yaitu bisnis catering. Kalau kita amati, hampir semua partai politik pasti mengadakan acara mulai dari kunjungan, rapat hingga  kampanye. Semua kegiatan ini membutuhkan konsumsi bukan? 

Kamu bisa membuat variasi menu yang lezat, pelayanan yang cepat dan ramah serta harga yang bersaing untuk menarik konsumen. Bisnis katering ini mampu memperoleh keuntungan yang besar loh. Setiap orderan yang masuk bisa mencapai ribuan. 

7. Bisnis Paket Sembako

Apa kamu pernah menerima sembako dari partai politik? Beberapa partai politik dan calon terkadang membagikan paket sembako dengan tujuan kampanye. Sebenarnya boleh nggak sih? 

Untuk memulai bisnis paket sembako ini, mulailah dengan mencari supplier harga grosir, kemudian tentukan harga yang mampu bersaing. 

 8. Jasa Fotografi

Pernah terpikirkan nggak saat kita melihat sosial media atau berita, partai politik dan para calon yang maju dalam pemilu membagikan momen yang menarik?  Nah, di sini mereka menggunakan jasa fotografi. Kebutuhan jasa fotografi ini mulai dari dokumentasi kampanye, foto calon, hingga dokumentasi selama pemilihan. Untuk memulai usaha ini kamu hanya perlu modal skill dan kamera yang mumpuni. Selanjutnya perkuat relasi untuk mendapatkan kenalan dari partai politik.

9. Jasa Pengelolaan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu alat yang digunakan untuk kampanye pemilihan umum. Selama pemilihan umum tahun 2024 ini, bisnis yang menyediakan layanan pembuatan konten dan pengelolaan media sosial akan mendapatkan peluang besar banjir orderan. Hal ini karena kandidat dan partai politik lebih banyak menggunakan media sosial untuk kampanye mereka, sehingga permintaan akan layanan ini akan meningkat. 

Menurut kami, untuk memulai bisnis ini tidak bisa instan karena para partai politik akan meminta portofolio konten yang pernah kamu buat. Bila sudah ada, kamu tinggal asah skill lalu jemput  klien.

10. Jasa Pemasangan Iklan

Iklan ini akan muncul saat kamu berselancar di Google dan Media Sosial. Biasanya pada iklan akan muncul para kandidat parpol, di ikuti slogan atau visi misinya. Tergantung request dari partai politik itu sendiri. 

Jasa iklan ini juga merupakan peluang usaha yang patut kamu coba. Permintaan akan meningkat drastis. Mengapa? Karena melalui internet para calon ingin lebih dikenal masyarakat. Sebelum membuka bisnis ini, kuasai dulu skill digital seperti: Google Ads, Facebook Ads dan digital marketing.

11. Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi

peluang usaha jasa website saat pemilu

Peluang usaha yang satu ini juga ladang cuan loh. Persaingan usaha ini juga relatif masih sedikit dibandingkan bisnis yang lain. Partai politik dan kandidat ingin menjangkau masyarakat seluas-luasnya melalui penggunaan teknologi digital. Selain media sosial, website dan aplikasi juga mempunyai peran penting dalam menyampaikan apa saja program mereka. 

Kamu tertarik untuk membuka jasa ini? Berbekal skill pemrograman kamu sudah bisa membuat website dan aplikasi. Selanjutnya, persiapkan juga portofolio yang menarik, pasarkan pula melalui media sosial seperti instagram maupun linkedin.

12. Event Organizer

Di saat euforia Pemilu 2024, bisnis Event Organizer juga memiliki peluang besar. Peran Event Organizer sangat penting dalam mengatur berbagai acara kampanye politik, mulai dari pertemuan kecil hingga konvensi besar.

13. Jasa Polling 

Kalau kita amati, sebelum pengumuman kandidat mana yang memenangkan pemilu pasti sudah tersebar beragam hasil dari berbagai pihak. Nah, mereka menggunakan jasa polling ini. Tidak hanya itu sebenarnya, jasa polling ini juga digunakan oleh partai politik untuk mengambil keputusan strategis terkait langkah apa saja yang akan mereka lakukan.

Nah, itulah artikel Kitapunya tentang peluang usaha pada tahun politik 2024, semoga bisa segera kamu coba ya! Kunjungi juga artikel yang sesuai saat kamu ingin membuka usaha tentang 20 Sifat Seorang Wirausahawan Sukses Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang usaha, pekerjaan, pendidikan dan karir. See you!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.