magang
Potret Penulis, Saat Magang di Teater Syahid, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di ambil oleh Sarah Nur Almaas.

Jurusan Sastra, Magang di Teater, Kenapa Engga?

Diposting pada 14 views

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kata magang, bukan?

Di beberapa jurusan yang terdapat di perguruan tinggi menerapkan magang sebagai kegiatan wajib bagi mahasiswa semester tengah menuju akhir. Magang merupakan kegiatan pengimplementasian ilmu yang sudah didapatkan selama proses pendidikan guna pengalaman sebelum terjun ke dunia pekerjaan.

Dilematik mahasiswa sebelum magang adalah, “di mana gue harus magang?”.

Jika kamu terlahir menjadi mahasiswa jurusan sastra dan sedang mencari tempat magang, tak perlu khawatir, magang di teater juga asik dan menarik, kok!


Biasanya, setiap semesternya, wadah teater sedang melaksanakan suatu garapan untuk pementasan teater, dan beberapa teater, pasti membutuhkan SDM lebih banyak untuk ikut berkontribusi menyukseskan garapan tersebut, lho!
Temukan bakat yang akan kamu asah dalam tim produksi dan kreatif yang dapat kamu tekuni saat magang di teater, ya!

Tim Produksi

  1. BPH Pelaksana
    Seperti struktur kepengurusan pada umumnya, BPH Pelaksana ini menjadi pondasi utama dalam suatu struktur. Dalam BPH tersebut, ada pimpinan produksi, sekretaris, dan bendahara.
  2. Dokumentasi
    Sayang sekali, jika setiap moment tidak diabadikan. Seperti namanya, divisi ini mendokumentasikan segala moment dalam kegiatan tersebut, baik memotret ataupun merekamnya.
  3. Publikasi
    Eksistensi dari suatu kegiatan itu penting, lho! Kamu dapat mempublikasikan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan kamu agar informasi tersebut tersebar luas di media sosial atau pun media cetak dan lainnya.
  4. Dana Usaha dan Sponsorship
    Tak dapat dipungkiri, setiap kegiatan tentunya membutuhkan suntikan dana untuk memenuhi kebutuhan selama proses kegiatan. Di dana usaha, kamu dapat berbisnis seperti berjualan thrifting, jasa paid promote, dan lainnya. Di sponsorship, kamu dapat bekerjasama dengan berbagai instansi, jangan lupa membuat MoU, ya! Agar saling menguntungkan.
  5. Kesehatan dan Konsumsi
    Bagaimana pun, kesehatan adalah nomor satu. Divisi ini menyediakan konsumsi berupa makanan dan obat-obatan bagi seluruh peserta yang terlibat saat proses kegiatan. Hanya di divisi ini, kamu dapat menjadi chef dan perawat dadakan!
  6. Venue
    Divisi ini bertugas untuk mencari tempat untuk kegiatan, melakukan perizinan, ploting tempat, membuat maket panggung, dan segala yang dibutuhkan.
  7. Ticketing
    Namanya pementasan teater, sangat disayangkan jika tidak disuguhkan pada penonton. Divisi ini bertugas untuk memasarkan kegiatan agar banyak orang yang tertarik untuk menonton pementasan tersebut.
  8. Perlengkapan
    Pementasan tidak akan terlihat menarik jika tidak ada perlengkapan yang dapat memperindah tempat dan panggung. Divisi ini tentunya mencari segala peralatan yang dibuthkan. Kamu juga dapat bekerja sama dengan teater lain, lho!

Tim Kreatif

  1. Penata rias dan busana
    Pementasan akan terlihat menarik jika riasan dan busana tokoh sesuai dengan perannya. Divisi ini akan menguji tangan kreatif kamu untuk melukis wajah dan menata pakaian tokoh, lho!
  2. Penata cahaya
    Asiknya menonton teater jika dihiasi dengan kerlipan lampu. Divisi ini bertugas mengatur pencahayaan saat pementasan berlangsung.
  3. Penata musik
    Selain cahaya, musik pun menjadi bagian penting dalam pementasan. Musik dapat dialunkan sesuai dengan adegan pementasan.
  4. Desain grafis
    Divisi ini memiliki peran penting dalam dunia edit-mengedit. Kamu dapat membuat pamflet, tiket, banner, atau hal lainnya untuk menunjang kegiatan menjadi terlihat menarik.
  5. Penata artistik
    Saat pementasan, tentunya tokoh memerlukan artistik yang dapat menunjang adegannya. Divisi ini bertugas untuk memenuhi segala kebutuhan artistik tokoh dan panggung.
  6. Penata panggung
    Panggung akan menajdi sorotan utama penonton. Divisi ini dapat bekerja sama dengan venue dan tim artistik untuk menata panggung sedemikian rupa.
  7. Stage Manager
    Sebut saja SM. Bertugas untuk memastikan semuanya aman, baik dari segi jadwal, kesehatan, dan hal lainnya. Satu lagi, jadilah SM yang tegas, ya!
  8. Sutradara
    Inilah, otak dari pementasan. Pementasan tak akan berjalan tanpa adanya sutradara yang mendampingi. Bertugas sebagai kepala pementasan dan memastikan semuanya sesuai konsep.

Begitulah sekilas mengenai tim produksi dan kreatif. Selain itu, kamu dapat mencoba menjadi aktor juga, lho! Menarik bukan?

Tak hanya itu, kekeluargaan yang kamu rasakan, relasi yang kamu dapatkan, akan menjadi pengalaman magang yang akan kamu ingat selalu.

Bagaimana, apakah kamu tertarik magang di teater?

Identitas singkat penulis
Nama : Hikmawaty
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
PTKIN : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.