Pertanyaan Interview Waiter

14 Pertanyaan Interview Waiter dan Jawaban Lengkap

Diposting pada 1,249 views

Pertanyaan interview waiter dan jawabannya akan kita bahas di artikel kali ini. Sebelum interview, persiapan diri yang matang merupakan bekal agar kamu makin percaya diri di depan recruiter.  Kalau kamu ingin kenal lebih dalam tentang waiter kunjungi artikel kami sebelumnya tentang Pengertian dan Tugas Waiter. Yuk kita simak!

Contoh Pertanyaan Interview Waiter

Kami telah merangkum beberapa pertanyaan interview waiter dan jawabannya. Beberapa pertanyaan bahkan bisa saja belum terpikirkan. Inilah pertanyaannya:

Perkenalkan Diri

Sama dengan pekerjaan lainnya, pertanyaan interview selalu diawali dengan perkenalan diri. Buatlah momen ini mengesankan bagi recruiter. Perkenalkan diri kamu dengan nyaman dan percaya diri. Setelah memperkenalkan profil dan latar belakang, kamu dapat melanjutkannya dengan menceritakan pengalaman kamu saat bekerja sebagai waiter atau waiters.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Setelah perkenalan, biasanya diberi pertanyaan tentang apa kelebihan dan kekurangan diri kamu. Kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk “menjual diri” saat menyebutkan kelebihan kamu. Kemudian, saat menyebutkan kekurangan jangan lupa lengkapi dengan cara kamu dalam mengatasi kekurangan tersebut.

Contoh Jawaban:
“Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan teliti terhadap detail pekerjaan. Kemampuan ini biasa saya gunakan saat bertemu dengan tamu untuk menjelaskan dan memberikan rekomendasi menu. Setelah itu, saya bisa mengingat detail pesanan pelanggan sehingga meminimalisir terjadinya kekeliruan.

Sementara, kekurangan saya adalah belum memiliki pengalaman profesional sebagai waiter. Namun, sebelumnya saya telah belajar banyak di sekolah mengenai industri kuliner dan pelayanan. Tidak hanya itu, saya juga pernah magang di salah satu restoran cepat saji yang cukup ramai di kota ini sebagai waiter.”

Apakah Kamu Siap Berganti Shift dan Bekerja di Akhir Pekan?

Seperti yang kita tahu, restoran buka dari pagi hingga malam. Bahkan, beberapa restoran buka 24 jam bukan? Oleh karenanya, pihak restoran membutuhkan karyawan yang siap bekerja bergantian serta masuk di akhir pekan.

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini:
“Baik pak/bu saya siap bekerja secara shift. Saya melihatnya sebagai bagian dari tanggung jawab dan tidak keberatan bekerja pada jam operasional yang berbeda, termasuk pada akhir pekan. Selama ada hari libur yang dapat digunakan untuk istirahat, saya akan dengan senang hati menjalankan tugas secara maksimal.”

Mengapa Kamu Ingin Bekerja di Restoran Ini Sebagai Waiter?

Saat tiba di pertanyaan ini, ungkapkan ketertarikan kamu terhadap pekerjaan waiter, dunia kuliner atau dengan restoran tersebut.

Kamu bisa menjawabnya seperti ini:
Saya sangat suka dengan berbagai jenis makanan dan tertarik dengan dunia waiter. Saya ingin memiliki pekerjaan di mana saya dapat menunjukkan kecintaan saya pada makanan ketika seorang pelanggan mengajukan pertanyaan kepada saya.

Bisakah Kamu Jelaskan Tentang Apa Saja Tanggung Jawab Seorang Waiter?

Sebelum tiba saatnya interview, pahami dulu tugas dan tanggung jawab waiter. Kunjungi artikel kami sebelumnya Pengertian dan Tugas Waiter buat dapatkan insight!

Contoh Jawaban:
Seorang waiter bertugas menyapa pelanggan, membantu mereka memilih menu, dan memberikan informasi tentang makanan dan minuman. Saya juga siap membantu jika pelanggan memerlukan bantuan, serta mengantarkan makanan ke meja mereka. Kemudian saya akan memastikan bahwa pelanggan menerima makanan sesuai dengan yang mereka pesan.

Strategi Seperti Apa Yang Diperlukan Untuk Pekerjaan Ini?

Recruiter ingin mengetahui bagaimana cara kamu beradaptasi terhadap berbagai kondisi saat bekerja serta kemauan kamu untuk terus belajar.

Contoh jawaban:
Minat, kreativitas dan kemauan belajar teknologi sangat penting untuk pekerjaan ini. Selain itu kepribadian yang ramah juga penting bagi seorang waiter untuk melayani banyak pelanggan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Seorang waiter harus memiliki mental yang gigih. Saya akan bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan yang saya miliki, agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan di restoran ini.

Menurutmu, Mengapa Kamu Cocok dengan Pekerjaan Ini?

Utarakan karakter dan tujuan kamu yang sesuai dengan tanggung jawab seorang waiter. Tidak lupa, ceritakan pula pengalaman kamu ketika bekerja atau magang sebelumnya.

Kamu bisa menjawab dengan:
Pengalaman saya sebelumnya sebagai waiter di restoran sebelumnya memberi saya wawasan yang baik dalam pekerjaan ini. Saya memiliki pengetahuan yang cukup dan dapat dengan cepat menguasai menu. Selain itu, nilai dan tujuan pribadi saya sesuai dengan restoran ini, sehingga saya melihat potensi kolaborasi yang saling menguntungkan kedepannya. Saya sangat menikmati kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Bagaimana Caranya Kamu Menentukan Menu yang Tepat untuk Seorang Pelanggan?

Waiter bertugas menyapa dan melayani pelanggan

Dari sini recruiter ingin menganalisa bagaimana cara kamu bekerja nantinya. Ceritakan saja sesuai pengalaman yang kamu ketahui.

Contoh Jawaban:
Saya akan memulainya dengan mengajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu untuk menganalisa apa saja yang disukai pelanggan. Selanjutnya, saya akan menawarkan beberapa menu untuk mereka pilih.

Apakah Kamu Cukup Nyaman Membawa Piring Saji Tanpa Nampan?

Lagi-lagi recruiter ingin mengetahui skill kamu saat bekerja. Jawab saja dengan jujur kemampuan kamu ya!

Contoh Jawaban:
Saya biasanya bisa membawa dua piring saji dari dapur ke meja pelanggan tanpa menggunakan nampan. Bila ukurannya tidak terlalu besar, saya bisa membawa tiga piring.  

Bagaimana Kamu Mengelola Situasi Saat Restoran Sedang Banyak Pesanan?

Masih lanjut untuk menganalisa skill dan cara kamu bekerja. Dari sini akan terlihat apakah kamu bisa mengatur waktu atau tidak serta bagaimana cara kamu menentukan prioritas.

Contoh Jawaban:
Saya akan tetap tenang dan fokus pada pekerjaan yang paling penting, yaitu memastikan pesanan pelanggan datang tepat waktu dan sesuai pesanan mereka. Saya juga akan berkomunikasi dengan tim koki dan rekan kerja lainnya agar pekerjaan lancar.

Bagaimana Menangani Pelanggan yang Memiliki Permintaan Khusus Atau Alergi Makanan?

Pertanyaan ini agak tidak terduga ya! Kenyataannya kasus seperti ini sering juga ditemui saat melayani pelanggan.

Contoh Jawaban:
Saya akan mendengarkan permintaan khusus pelanggan dengan cermat dan akan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhinya. Jika ada alergi makanan yang harus diperhatikan, saya akan sangat berhati-hati dan berbicara dengan tim dapur untuk memastikan makanan tidak mengandung bahan yang bisa membuat masalah bagi pelanggan.

Mengapa Kamu Memilih Restoran Ini dan Ingin Bekerja Di Sini?

Dari banyaknya lowongan kerja, mengapa kamu ingin bekerja di sini? Pertanyaan ini sering sekali diajukan. Recruiter ingin mengetahui sejauh mana keinginan kamu untuk bekerja di sana dan seberapa tahu kamu tentang restoran mereka.

Contoh Jawaban:
Saya ingin bekerja di sini karena restoran ini terkenal sebagai salah satu yang terbaik dan banyak disukai orang. Saya juga menyukai menu dan suasana kerja di sini. Saya juga ingin bekerja dengan orang-orang yang ada di sini.

Apakah Kamu Punya Pengalaman Mengelola Mesin Kasir?

Selain melayani pesanan pelanggan, terkadang pada beberapa kondisi waiter juga harus mampu mengelola mesin kasir.

Contoh Jawaban:
Sebelumnya, saya pernah memiliki pengalaman bagian kasir, di mana saya memproses pembayaran, mengubah pesanan dan membuat invoice untuk pelanggan. Setelah shift selesai, saya juga harus merangkum transaksi dan memastikan uang yang saya terima sesuai dengan catatan.

Apa yang Kamu Sukai dan Tidak Sukai Saat Menjadi Waiter atau Waitress?

pertanyaan interview waiter

Setiap pekerjaan pasti ada suka dan dukanya bukan? Sedikit tips, saat menceritakan hal yang tidak sukai tunjukkan bahwa kamu tetap profesional dalam keadaan apapun.

Contoh Jawaban:
Bekerja sebagai waiter sangat menyenangkan ketika saya berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, kemudian berusaha memahami apa yang mereka inginkan. Sedikit hal yang kurang saya sukai, ketika bertemu pelanggan yang kurang menghargai orang lain. Meskipun begitu, saya tetap bersikap profesional dalam melayani pelanggan.”

Lowongan Kerja Waiter

Kamu sedang mencari lowongan kerja untuk posisi waiter lagi? Lowongan ini sangat mudah kamu temui di sosial media seperti facebook dan instagram. Sedikit tips, sebagian besar lowongan kerja ini akan memprioritaskan karyawan dengan lokasi terdekat. Carilah dengan kata kunci seperti lowongan kerja surabaya, bila kamu berada di surabaya. Atau gunakan tagar seperti #lowongankerjawaiter.

Itulah pertanyaan interview waiter dan jawabannya. Persiapkan dirimu dengan matang sebelum interview ya!

Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke grup dan sosial mediamu agar teman yang lain bisa juga dapatkan insightnya.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.