Pekerjaan sebagai tukang parkir pesawat | Credit: Wikimedia

Gaji Tukang Parkir Pesawat, Berapa Ya?

Diposting pada 13 views

Berapa gaji tukang parkir pesawat? Pertanyaan iseng seperti ini kadang terlintas sekilas dalam benakmu. Bagi sebagian orang, pekerjaan ini mungkin belum familier. Bahkan, masih banyak orang yang belum tahu kalau pekerjaan ini memang ada. 

Padahal nih, pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang besar dan mempunyai peran penting. Gaji yang didapatkan oleh tukang parkir pesawat pun nggak tanggung-tanggung lo. Jumlahnya pun cukup mencengangkan. Makanya, tak sedikit orang yang melirik pekerjaan ini. 

Nah, sebelum membahas tentang besaran gaji tukang parkir pesawat, kita bahas dulu yuk sebenarnya apa tugas pekerjaan ini?

Pengertian Marshaller

Tukang parkir pesawat ini disebut juga marshaller. Tukang parkir pesawat adalah profesi atau pekerjaan yang memiliki tanggung jawab besar untuk berkoordinasi langsung dengan pilot. Tugas utama tukang parkir pesawat adalah memberikan komando pada pilot untuk memarkirkan pesawat. 


Profesi ini menuntut pekerjanya untuk menjunjung tinggi keselamatan setiap penumpangnya. Agar pesawat menuju tempat parkir yang ditentukan, diperlukan tukang parkir yang bisa mengarahkan pilot dalam pesawat dengan penuh kecakapan dan kehati-hatian. Mereka dilatih agar mempunyai kecepatan dan ketepatan saat memandu pilot, sehingga pesawat bisa terparkir dengan rapi. 

Dalam tugasnya, tukang parkir pesawat harus menguasai setiap gerakan tubuh yang melambangkan instruksi tertentu. Soalnya, kemampuan komunikasi juga sangat penting baik verbal maupun nonverbal dalam pekerjaan ini. Untuk memastikan tidak adanya hambatan selama bekerja, tukang parkir pesawat dilengkapi alat-alat kerja, seperti penutup kuping, tongkat LED, jaket neon, serta sepatu dengan ujung besi.

Tugas Tukang Parkir Pesawat

Mengingat pentingnya pekerjaan ini, setiap bandara memiliki juru parkir sendiri. Ya, tujuannya demi kelancaran operasional. Selain memandu pilot, tukang parkir pesawat memiliki tugas-tugas lain yang tak kalah krusial. Jika dijabarkan, berikut ini adalah tugas tukang parkir pesawat:

1. Memandu pilot

Tugas dan tanggung jawab ini sudah berkali-kali disebut di awal. Sama seperti juru parkir motor atau mobil, tugas tukang parkir pesawat adalah memandu pilot untuk memarkirkan pesawat di lokasi yang tepat. Melalui gerakan badan, tukang parkir pesawat mengarahkan pilot agar memarkirkan pesawat pada tempatnya. Dengan cara itulah, tukang parkir pesawat dan pilot saling berkomunikasi.

Selain itu, tukang parkir pesawat mempunyai tugas penting lain, yakni memastikan area dan jalur parkir pesawat bebas hambatan dari benda apa pun. Juru parkir pesawat wajib menjalankan tugas meski dalam cuaca buruk sekalipun seperti hujan atau badai. 

2. Memegang peran krusial

Seperti yang yang telah dijelaskan, tukang parkir pesawat bertanggung jawab pada proses pendaratan dan lepas landas pesawat. Untuk itu, pekerjaan sebagai tukang parkir pesawat dianggap memiliki peran yang krusial dan penting. 

Juru parkir sering kali diandalkan untuk menjaga koordinasi dengan beberapa pihak yang terlibat dalam proses pendaratan pesawat. Biasanya, tukang parkir pesawat akan menghubungi pengendali di bandara, lalu berkomunikasi dengan tenaga teknis perawatan yang akan mengirimkan informasi parkir untuk marshaller.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, setiap marshaller atau juru parkir pesawat dilengkapi alat khusus sebagai penunjang dalam menjalankan tugas. Salah satu perlengkapan yang wajib dipakai adalah penutup telinga. Untuk apa, ya? Jadi, fungsi penutup telinga adalah sebagai peredam suara terhadap bising pesawat. Selain itu, jaket neon, tongkat LED, serta sepatu keamanan juga wajib dipakai.

Dalam sehari, biasanya tukang parkir pesawat memandu 5 pendaratan pesawat dengan total 13 jam kerja. Para tukang parkir pesawat menjalankan tugasnya dengan sistem kerja shift dengan waktu istirahat. Umumnya, jam kerjanya dimulai dari pukul 06.00-19.00 dan 18.00 hingga 07.00.

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Inilah pembahasan yang ditunggu-tunggu, tentang kisaran gaji tukang parkir pesawat. Sebenarnya, besaran gajinya setiap negara berbeda. Di Indonesia sendiri, tiap daerah mempunyai kisaran gaji tukang parkir pesawat yang tak sama lantaran masing-masing daerah mempunyai ketetapan upah minimum sendiri. Selain itu, gajinya masih ditambah tunjangan-tunjangan keahlian yang dimiliki, pengalaman kerja, dan lamanya bekerja (kenaikan gaji berkala), plus faktor lainnya.

Jika dibuat rata-rata, gaji juru parkir pesawat di Indonesia berkisar antara Rp5-6 juta per bulan. Namun, nominal ini bukanlah angka pasti karena tergantung kebijakan masing-masing maskapai penerbangan yang mengikuti ketentuan Upah Minimum Regional (UMR). Makanya, ada juga tukang parkir pesawat di Tanah Air yang bergaji sekitar Rp 4-6 juta per bulan. Biasanya mereka menggunakan bet dan lampu marshalling seperti polisi lalu lintas. Bet tersebut berbentuk bulat dan bergagang kayu, seperti raket pingpong atau tenis meja.

Untuk tukang parkir pesawat berpengalaman, maka penghasilannya bisa lebih tinggi lagi, bahkan bisa mencapai ratusan juta per tahun lo. Mengutip ZipRecruiter, rata-rata gaji marshaller atau tukang parkir pesawat di Amerika Serikat misalnya, per 4 November 2021 mencapai USD 3.655 atau sekitar 52 juta per bulan. Gaji yang besar, ya.

Sebagian besar gaji tukang parkir pesawat saat ini berkisar antara USD 2.250 atau Rp 32 juta hingga USD 4.333 atau 61 juta per bulan di seluruh Negeri Paman Sam itu. Kisaran gaji yang bervariasi ini menunjukkan kemungkinan ada banyak peluang untuk peningkatan gaji berdasarkan keterampilan, lokasi, dan pengalaman.

Sementara, gaji marshaller yang berada di atas rata-rata berada di wilayah San Francisco. Selain itu, disusul Fremont dan San Jose di California. San Jose mengalahkan rata-rata gaji di Amerika Serikat, yaitu sebesar USD 6.627 atau Rp 94 juta. Sementara itu, tukang parkir pesawat di San Francisco menerima upah sebesar USD 9.983 atau Rp 142 juta.

Terlepas dari besaran gajinya, profesi sebagai tukang parkir pesawat bukan main-main. Pekerjaan ini menuntut kecakapan dan kehati-hatian yang tinggi. Dua hal tersebut harus dimiliki oleh mereka yang berprofesi marshaller. Jadi, bukanlah hal yang mengherankan kalau profesi ini punya gaji yang tergolong tinggi. 

Faktor Penentu Besaran Gaji Bulanan Tukang Parkir Pesawat 

Di Indonesia, kisaran gaji tukang parkir pesawat adalah sekitar Rp4 – Rp6 juta per bulan. Nah, penentuan besaran gaji ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kebijakan Pihak Maskapai

Setiap maskapai penerbanagan mempunyai kebijakan masing-masing dalam menentukan gaji juru parkir pesawat. Jadi, gajinya pun tidak bisa disamaratakan. Pasalnya, gaji juru parkir pesawat di maskapai A besar kemungkinan tak sama dengan juru parkir di maskapai B.

  • Peraturan Negara

Selain kebijakan maskapai penerbangan, gaji tukang parkir pesawat dipengaruhi oleh 

peraturan dan kemampuan negara. Indonesia sendiri memberlakukan sistem upah minimum yang berbeda-beda. Maka, gaji tukang parkir pesawat mengikuti besaran upah minimum di daerah masing-masing.

  • Pengalaman

Faktor yang terakhir adalah pengalaman. Semakin banyak pengalaman, semakin tinggi penghasilan yang diterima oleh tukang juru parkir pesawat. Selain itu, keahlian dan lama bekerja juga menjadi pertimbangan. 

Syarat Menjadi Marshaller

Sekarang, kita ngomongin soal syarat menjadi tukang parkir pesawat. Siapa tahu nih, diantara kalian, ada yang pengin menekuni pekerjaan ini suatu hari nanti. Sama seperti pekerjaan-pekerjaan lain, untuk menjadi tukang parkir pesawat, diperlukan syarat tertentu, yakni:

  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Namun, ada juga maskapai penerbanagan yang mematok umur maksimal tukang parkir pesawat yaitu 24 tahun
  • Tinggi badan minimal untuk pria 165-170 sentimeter dan wanita 158-160 sentimeter
  • Memiliki berat badan yang ideal berdasarkan kalkulator body mass index (BMI) yang menggunakan metode perbandingan berat dan tinggi tubuh 
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik
  • Punya kemampuan menangani pelanggan
  • Mengikuti pelatihan khusus terkait cara membaca sinyal

Kalau sungguh-sungguh ingin menjadi tukang parkir pesawat, maka kamu harus mempersiapkan persyaratannya dengan baik. Bila perlu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelum melamar. Selain memenuhi setiap indikator persyaratan, kamu juga perlu menyiapkan hal lainnya, seperti:

  • Siapkan diri dengan maksimal

Ingat, bukan cuma kamu yang menginginkan profesi ini. Banyak orang di luar sana yang mengincar posisi ini. Jadi, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi puluhan, bahkan mungkin ratusan pesaing.

  • Bekali diri dengan informasi akurat dan tepat

Cari informasi sebanyak mungkin terkait profesi tukang parkir pesawat. Kemudian, pilah dan saring setiap informasi dari sumber yang kredibel. Supaya informasi yang kamu peroleh pun tepat dan akurat. Di sisi lain, cara ini berguna agar kamu siap menjalankan tugas tanpa ragu.

  • Pilih maskapai yang diinginkan

Ada pendapat yang mengatakan, “Bagi pemula, jangan pilih-pilih maskapai.” Namun, memilih maskapai yang diinginkan juga penting. Kamu mungkin bisa mempertimbangkan maskapai mana yang hendak dituju sebagai tempat bekerja. Sehingga, kamu tahu ke mana melampirkan lamaran sebagai tukang parkir pesawat.

Itu dia penjelasan mengenai gaji tukang parkir pesawat beserta peran dan tanggung jawab, syarat menjadi tukang parkir pesawat, dan faktor yang mempengaruhi besaran gaji. Setelah membaca ulasan ini, kamu tertarik menjalani profesi ini? Kalau kamu memang niat dan[punya tekad kuat, siapkan persyaratan mulai dari sekarang, ya. Siapkan dengan baik dan matang supaya kamu punya bekal yang cukup untuk melamar pekerjaan ini.