Berapa Gaji Polsuspas

Berapa Gaji Polsuspas dan Tugasnya

Diposting pada 499 views

Pencarian terkait berapa gaji Polsuspas dan apa tugasnya meningkat di Google. Hal ini berkaitan dengan Pendaftaran Polsuspas tahun 2023 yang dibuka kembali. Setiap seleksi CPNS dibuka, peminat yang memilih Polsuspas bisa menjadi Artikel kali ini akan mengulas berapa gaji Polsuspas, tugas dan siapa saja yang bisa menjadi Polsuspas secara lengkap dan sederhana. Yuk langsung saja kita simak!

Apa Itu Polsuspas?

Sebelum lanjut ke tugasnya, mari kita pahami dulu pengertian Polsuspas! Dilansir dari website resminya, POLSUSPAS (Kepolisian Khusus Pemasyarakatan) yang dulunya lebih dikenal sebagai Petugas Lapas atau Sipir adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil) di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang bertugas dengan tanggung jawab pengawasan, pembinaan, keamanan dan keselamatan narapidana dan tahanan di Rutan dan Lapas. Selain itu, Polsuspas juga berperan sebagai mitra POLRI yang bertugas dalam menegakkan hukum dan melakukan penyidikan terhadap pelanggaran pidana yang terjadi di dalam lembaga pemasyarakatan.

Anggota Polsuspas ini tersebar di berbagai Instansi Pemerintah mulai dari RUTAN (Rumah Tahanan Negara), LAPAS (Lembaga Pemasyarakatan), dan RUPBASAN (Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara). Sama seperti PNS lainnya, untuk bisa menjadi anggota Polsuspas kamu harus melewati seleksi yang ketat mulai dari Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berbasis CAT (Computer Assisted Test) dan Tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Tidak sampai situ, setelah dinyatakan lulus kamu tidak bisa langsung bekerja, melainkan harus mengikuti serangkaian latihan (pendidikan). Nah, saat pendidikan ini kemampuan kamu akan ditempa agar menjadi Polsuspas yang profesional. Kamu akan dididik dengan kemampuan semi-militer mulai dari kemampuan fisik, menembak, bela diri dan sebagainya.

Siapa Saja yang Bisa Menjadi Polsuspas?

Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh fresh graduate atau jobseeker yang ingin berkarir sebagai Polsuspas. Siapa saja yang memenuhi persyaratan dan lulus seleksi CPNS dapat menjadi Polsuspas loh. Mulai dari lulusan SMA hingga S3 semuanya mempunyai kesempatan mengabdi sebagai Polsuspas. Namun, tidak bisa dimungkiri kamu harus bersaing dengan puluhan ribu pendaftar lainnya.

Untuk menjadi Polsuspas, kamu perlu melewati serangkaian seleksi yang sangat ketat. Seleksi ini melibatkan tes kemampuan dasar, tes kompetensi bidang, tes kesehatan, tes psikologi dan tes wawancara. Setelah berhasil lulus dalam seleksi tersebut, calon Polsuspas akan menjalani pendidikan dan pelatihan semi-militer yang mencakup berbagai materi seperti fisik, bela diri, menembak, hukum, administrasi dan keterampilan khusus lainnya. Nah, setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan siap-siap kamu akan mengabdi sesuai dengan penempatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Syarat Mendaftar Sebagai Polsuspas

Seluruh Warga Negara Indonesia lulusan SMA hingga S3 berkesempatan yang sama untuk mendaftar sebagai Polsuspas. Sebagai tahap awal, akan diseleksi apakah kamu sudah memenuhi persyaratan yang diperlukan. Namun, persyaratan mendaftar sebagai Polsuspas tahun 2023 ini belum keluar secara resmi. Hanya saja, persyaratan umum mendaftar sebagai CPNS setiap tahun biasanya hanya sedikit perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Dikutip dari situs resmi cpns.kemenkumham.go.id, syarat pendaftaran CPNS umumnya adalah:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat mendaftar
  3. Memiliki ijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan
  4. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan D4/S1/S2/S3 dan minimal 2,50 untuk lulusan D1/D2/D3
  5. Memiliki nilai passing grade tes kemampuan dasar (TKD) sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  6. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap
  7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  8. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau sebagai anggota atau pengurus partai politik
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Saat mendaftar sebagai Polsuspas kamu harus memenuhi persyaratan tambahan, meliputi:

  1. Tinggi badan untuk wanita minimal 160 cm dan pria minimal 165 cm
  2. Tidak memiliki tato dan tindik baik itu bekas tato atau bekas tindik
  3. Usia pelamar paling rendah 18 tahun paling tinggi 28 tahun
  4. Boleh sudah menikah maupun belum menikah

Tidak hanya itu saja, biasanya juga akan ada tambahan syarat khusus yang akan diumumkan mendekati waktu pendaftaran. Jangan lupa pantau terus website resminya ya teman-teman!

Apa Tugas Polsuspas?

Tugas utama Polsuspas adalah melaksanakan pengawasan, pembinaan, pengamanan, serta perlindungan terhadap narapidana dan tahanan di lembaga pemasyarakatan. Selain itu, Polsuspas juga memiliki tanggung jawab dalam menerapkan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan, mencegah dan menangani pelanggaran pidana di dalam lembaga pemasyarakatan, dan melakukan penyidikan dengan pengawasan dari penyidik Polri.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2012, Polsuspas memiliki tanggung jawab melaksanakan tugas-tugas pengamanan, pencegahan, penangkalan, dan penindakan non-yustisiil sesuai dengan bidang teknisnya masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar hukumnya.

Petugas Polsuspas tidak hanya menjalankan tugasnya di dalam Rutan dan Lapas, tetapi juga bertanggung jawab melakukan patroli, menangani gangguan keamanan, dan merespons situasi darurat yang dapat terjadi di wilayah kerjanya.

Kunjungi Juga Artikel Lainnya: 50+ Contoh Keterampilan Teknis (Technical Skills) Masa Kini Paling Dicari

Berapa Gaji Polsuspas?

Bagaimana kamu tertarik bekerja sebagai Polsuspas? Tahun 2023 ini rencananya akan diselenggarakan pendaftaran CPNS, kemungkinan besar juga akan dibuka penerimaan anggota Polsuspas loh. Nah, besarnya gaji yang akan kamu terima bergantung pada golongan dan lama masa kerja golongan (MKG). Berikut besarnya gaji Polsupas:

1. Polsuspas Golongan I (Juru)

  • IA adalah seorang dengan pangkat juru muda dengan gaji Rp1.560.800 – Rp2.335.800
  • IB adalah seorang dengan pangkat juru muda tingkat 1 dengan gaji Rp1.704.500 – Rp 2.472.900
  • IC dikenal sebagai juru dengan gaji berkisar Rp1.776.600 – Rp2.557.500
  • ID dikenal sebagai juru tingkat 1 memperoleh gaji berkisar Rp1.851.800 – Rp2.686.500

2. Polsuspas Golongan II (Pengatur)

  • IIA adalah seorang pengatur muda memiliki gaji Rp2.022.200 – Rp3.373.600
  • IIB dikenal sebagai pengatur muda tingkat 1 memiliki gaji Rp2.688.500 – Rp4.415.600
  • IIC sering dikenal sebagai pengatur memiliki gaji Rp2.802.300 – Rp4.602.400
  • Selanjutnya II D dikenal sebagai pengatur tingkat 1 memiliki gaji Rp2.920.800 – Rp4.797.000

3. Polsuspas Golongan III (Penata)

  • IIIA adalah penata muda menerima gaji sekitar Rp2.579.400 – Rp4.236.400
  • IIIB adalah penata muda tingkat 1 memiliki gaji sekitar Rp2.688.500 – Rp4.415.600
  • IIIC dikenal sebagai penata memiliki gaji sekitar Rp2.802.300 – Rp4.602.400
  • IIID adalah penata tingkat 1 memiliki gaji Rp2.920.800 – Rp4.797.000

4. Polsuspas Golongan IV (Pembina)

  • IVA disebut juga sebagai pembina menerima gaji sebesar Rp3.044.300 – Rp5.000.000
  • IV B atau yang dikenal pembina tingkat 1 menerima gaji Rp3.173.100 – Rp5.211.500
  • IVC adalah seorang pembina utama muda menerima gaji Rp3.307.300 – Rp5.431.900
  • IVD adalah seorang pembina utama madya dengan gaji Rp3.447.200 – Rp5.661.700
  • IVE adalah seorang pembina utama dengan gaji Rp3.593.100 – Rp5.901.200

Kesimpulan

POLSUSPAS (Kepolisian Khusus Pemasyarakatan) adalah PNS di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang bertugas dengan tanggung jawab pengawasan, pembinaan, keamanan dan keselamatan narapidana dan tahanan di Rutan dan Lapas. Setiap Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan berhasil lolos seleksi CPNS dapat bekerja di posisi ini. Kamu perlu persiapan yang matang mulai dari tes materi, kesehatan hingga fisik. Gaji yang akan kamu dapatkan nantinya bergantung pada pendidikan dan lama waktu bekerja.

Nah, itulah pembahasan terkait gaji Polsuspas dan tugasnya. Kitapunya juga menyediakan artikel lain tentang pekerjaan, interview dan pendidikan yang update setiap harinya. Semoga cita-cita kamu tercapai!

Referensi Gambar: Instagram galeri.polsuspas

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.