Gaji Pegawai Telkom Berbagai Posisi dan Tugasnya

Diposting pada 3,455 views

Gaji Pegawai Telkom – Dewasa ini, teknologi dan jaringan semakin berkembang dengan pesat. Hal tersebut menjadikan perusahaan BUMN PT. Telkom Indonesia menjadi semakin populer dan semakin banyak diminati oleh para pencari kerja.

Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pelamar yang mendaftar sebagai pegawai di PT. Telkom Indonesia. Bahkan, pada tahun 2020, PT. Telkom Indonesia mempunyai rencana unruk merekrut 1000 karyawan baru. Sebenarnya, berapa ya gaji pegawai PT. Telkom Indonesia? Dan kira-kira ada apa saja bagian dan tugasnya?

sumber : pexels.com

Dalam artikel kali ini, kitabisa.net akan memberikan informasi kepada anda mengenai pegawai di PT. Telkom Indonesia beserta tugas dam gajinya.

PT. Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga dapat dipastikan bahwa gaji yang ditawarkan cenderung lebih tinggi daripada perusahaan swasta. Bahkan, untuk jabatan atau posisi yang tinggi seperti seorang direktur, bisa mendapatkan gaji hingga tiga digit. Namun, umumnya gaji tiap-tiap pegawai BUMN juga masih disesuaikan dengan UMK dari masing-masing Kabupaten/Kota. Hal ini maskh berlaku bagi karyawan di bidang operasional seperti teknisi, administrasi, dan juga lain sebagainya.

GAJI MANAJER PT. TELKOM

Jika anda mempunyai minat untuk bekerja di PT. Telkom Indonesia, anda harus mengetahui terlebih dahulu, posisi apa saja yang bisa anda lamar beserta tugas-tugas dan tanggung jawabnya. Dengan mengetahui informasi tersebut, anda bisa lebih mudah untuk mengikuti proses pendaftaran yang dimulai dari tes hingga ke wawancaranya. Berikut, terdapat daftar gaji pegawai-pegawai PT. Telkom Indonesia beserta tugas-tugas dan tanggung jawabnya. Untuk posisi managerial, antara lain :

General Manager di PT. Telkom

Rp19.500.000,-/bulan

Sebagai seorang general manager, tugas yang harus diembannya atau yang menjadi tanggungjawabnya ialah menjamin semua target kinerja terpenuhi serta mengimplementasikan semua kebijakan perihal pemeliharaan sistem jaringan dan manajemen operasi. Hal tersebut mencakup pengevakuasian, pengukuran, memodifikasi, dan juga memastikan efektivitas prosedur customer handling bisa tercapai dengan baik.

Disamping itu, general manager juga mempunyai tanggung jawab untuk mengatur kriteria para calon pekerja outsourcing existing yang juga diimbangi dengan kapabilitas internal maupun kapabilitas eksternal, menyesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis.

Manajerial di PT. Telkom

Rp17.700.000,-/bulan

Tugas utama dari seorang managerial yaitu untuk melakukan pengawasan atau monitoring serta membuat perencanaan untuk kelancaran operasional dan juga menganggarkan biaya yang diperlukan. Setelah tugas-tugas tersebut terpenuhi, seorang managerial juga wajib melakukan reporting atau pelaporan perihal pelaksanaan projek yang telah terjadi.

Selain tugas-tugas tersebut, seorang managerial juga mempunyai kewajiban untuk mengevaluasi dan juga menganalisis kinerja pegawai, guna untuk memutuskan dan merekomendasikan mengenai berbagai hal yang terkait dengan eksekusi operasional.

Sekretaris di PT. Telkom

Rp6.000.000,-/bulan

Tugas serta tanggung jawab dari seorang sekertaris yaitu untuk membantu memudahkan pekerjaan seorang manager atau atasan dengan cara menyelesaikan tugas yang perlu dilakukan. Sekretaris harus bisa menyusun berbagai perencanaan yang berkenaan dengan kegiatan manager, misalnya rapat, pertemuan, kunjungan, janji temu, dan lain sebagainya.

GAJI OFFICER DI PT. TELKOM

Yang berikutnya tepat di bawah posisi manajer, ada posisi bagian officer. Posisi bagian officer meliputi area sales, technical service, dan pegawai-pegawai lainnya. Berikut ini, daftar posisi pegawai officer di PT. Telkom Indonesia beserta tugas dan gajinya, diantaranya :

Area Sales di PT. Telkom

Rp4.000.000,-/bulan

Seorang area sales mempunyai tugas utama yaitu untuk melakukan kegiatan promosi mengenai produk dari PT. Telkom Indonesia. Area sales bertanggung jawab atas promosi yang dilakukan oleh para promotor kepada ora pelanggan. Promosi bisa dilakukan dengan secara langsung ataupun promosi dengan menggunakan berbagai media seperti iklan, media sosial, dan lain sebagainya. Seorang area sales juga mempunyai tanggung jawab unruk melakukan perencanaan, pengevakuasian, dan juga pengarahan kepada para sales yang bertugas di lapangan.

Area sales juga wajib untuk mencatat berbagai kegiatan beserta grafik data penjualan maupun grafik data promosi yang telah dilakukan. Hal tersebut berguna untuk kegiatan pelaporan yang wajib dilaksanakan ketika semua kegiatan promosi pada periode tersebut telah usai.

Technical Support di PT. Telkom

Rp3.100.000,-/bulan

Tugas utama bagi seorang technical support yaitu untuk mengatur dan menyediakan semua kebutuhan operasional serta penanggulangan gangguan. Selain itu, technical support nuga harus merencanakan sekaligus mengendalikan jalur anggaran untuk operasional serta melakukan validasi untuk penagihan dari mitra.

Helpdesk di PT. Telkom

Rp2.800.000,-/bulan

Seorang helpdesk mempunyai tanggung jawab untuk mengatur jadwal kedatangan para teknisi ke rumah pelanggan. Umumnya,  kedatangan teknisi ini atas permintaan dari pelanggan baik melalui call center 147 ataupun datang langsung ke kantor Telkom Indonesia terdekat. Kedatangan para teknisi biasanya untuk melakukan perbaikan jaringan ataupun hanya melakukan pengecekan perangkat lainnya di tempat pelanggan. Helpdesk sendiri sebenarnya tidak melakukan hubungan langsung dengan pelanggan, seorang helpdesk hanya berfungsi sebagai jembatan antara call center dengan teknisi.

Front Liner di PT. Telkom

Rp2.500.000,-/bulan

PT. Telkom Indonesia memberikan nama khusus bagi front liner-nya yaitu Customer Service Relation (CSR). Walaupun mempunyai nama khusus, tugas seorang CSR pada dasarnya sama dengan para front liner pada umumnya. CSR mempunyai tanggung jawab untuk melayani pelanggan yang datang langsung ke kantor PT. Telkom Indonesia di pusat maupun yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Tugas utama dari seorang CSR yaitu memberikan pelayanan kepada pelanggan yang datang, melakukan pencatatan, dan juga menginput data. Tanggung jawab seorang CSR yaitu mencakup perihal pemberian informasi mengenai sebuah produk hingga menangani ajuan komplain.

Call Center di PT. Telkom

Rp2.500.000,-/bulan

Pusat panggilan atau yang lebih familiar disebut dengan call center mempunya tugas untuk melayani pelanggan via telepon. Pelayanan yang diberikan biasanya meliputi informasi produk, pemasangan, pengurangan maupun penambahan produk, dan penanganan komplain atau keluhan gang diajukan oleh pelanggan.

Menjadi call center berarti harus siap untuk menangani segala keluhan pelanggan dengan sebaik mungkin. Setelah keluhan diterima, customer service akan menyampaikan hal tersebut ke bagian teknisi supaya apabila memang ada kesalahan teknis, maka pengecekan dan perbaikan bisa dilakukan di lapangan.

Assistant Researcher di PT. Telkom

Rp2.500.000,-/bulan

Assistant researcher mempunyai tugas serta tanggung jawab untuk mengambil data serta melakukan penelitian mengenai kepuasan pelanggan guna untuk mengetahui efektivitas maupun kekurangan dari produk-produk yang digunakan oleh pelanggan. Data-data yang telah dikumpulkan akan dibutuhkan untuk evaluasi, pengembangan produk, dan juga perbaikan sistem untuk meningkatkan kualitas kedepannya.

PEGAWAI LAPANGAN di PT. TELKOM

Selain manajer dan officer, pegawai PT. Telkom Indonesia juga ada yang bekerja di lapangan serta bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua kegiatan operasional dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini, rincian dari posisi, tugas, serta gaji dari pegawai lapangan antara lain :

Maintenance di PT. Telkom

Rp2.500.000,-/bulan

Sesuai namanya, tugas seorang maintenance adalah melakukan pengecekan dan penanganan perbaikan atas terjadinya gangguan di lapangan. Hal itu termasuk penarikan kabel ke rumah-rumah pelanggan saat melakukan pemasangan baru, instalasi dan setting modem serta

Sesuai dengan namanya, seorang maintenance memiliki tugas untuk melakukan pengecekan sekaligus penanganan perbaikan kepada gangguan-gangguan yang ditemukan di lapangan. Hal-hal tersebut meliputi penarikan kabel ke daerah rumah pelanggan saat akan melakukan pemasangan internet baru, instalasi serta pengaturan modem, dan juga memastikan supaya tidak ada kesalahan pada jaringan maupun pada perangkat. Para pekerja maintenance ada berbagai macam jenisnya seperti Petugas Operasional Jaringan (POJ), setter, dan lain sebagainya.

Sales di PT. Telkom

Rp1.000.000,-/bulan

Sales yaitu seorang promotor yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan promosi guna meningkatkan penjualan dari produk Telkom Indonesia. Seorang sales biasanya bekerja dengan memiliki target tertentu yang harus dipenuhi pada tiap bulannya. Hal tersebut membuat seorang sales harus bekerja dengan giat dan gencar melakukan promosi untuk mendapatkan pelanggan baru sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Biasanya, jika pelanggan baru yang didapat oleh sales melebihi target yang telah ditentukan, sales tersebut akan mendapatkan insentif atau bonus yang diberikan oleh atasan mereka.

Sekian informasi dari kitabisa.net mengenai posisi, tugas, dan juga gaji dari pegawai PT. Telkom Indonesia. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat!

Baca juga :

Gaji Kerja di BUMN: Mulai dari Sektor Keuangan hingga Pertambangan

Tugas Quality Control Pabrik Disertai Kualifikasi dan Gajinya

Pengertian Direksi: Tugas, Jenis, dan Gajinya

6 Tugas Barista, Tanggung Jawab, dan Gaji

Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor Beserta Gajinya