cara menjadi sekretaris yang baik

10 Cara Menjadi Sekretaris yang Baik dan Profesional

Diposting pada 166 views

Cara menjadi sekretaris yang baik – Sekretaris dapat didefinisikan sebagai profesi seseorang yang membantu seorang pemimpin atau badan pimpinan suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab dan bertugas pada bidang administrasi dan perkantoran. Kita sudah tak asing lagi dengan profesi sekretaris yang biasanya berhubungan dengan segala urusan dokumen dan perkantoran lainnya.

Untuk kamu yang berminat untuk terjun dalam bidang profesi sekretaris tentu saja harus mengerti mengenai tugas-tugasnya. Tak hanya mengerti tugas dan tanggung jawab sebagai sekretaris, kamu harus mampu menjadi sekretaris yang baik dan professional agar segala urusan perusahaan dapat terurus dengan rapi dan baik. Maka dari itu simak 10 cara menjadi sekretaris yang baik dan professional.

Cara Menjadi Sekretaris yang Baik dan Profesional

cara menjadi sekretaris yang baik

1. Mempunyai etika yang baik

Sebagai seorang sekretaris yang baik, seorang sekretaris harus memiliki etika atau sikap yang baik. Seperti memiliki etika yang baik dalam berbicara, perbuatan, dan bertemu dengan tamu pimpinan. Seorang sekretaris harus memiliki etika yang baik karena akan mencerminkan citra perusahaan.

2. Public Speaking yang cukup baik

Seorang sekretaris akan selalu berurusan dengan pimpinan. Sekretaris yang baik dan professional harus mampu berbicara dengan orang lain dan berbicara di depan umum. Ini karena seorang sekretaris terkadang akan menggantikan pimpinan untuk meeting atau pertemuan-pertemuan dengan client.

3. Kepribadian yang baik

Seorang sekretaris harus memiliki kepribadian yang baik. Artinya, sekretaris harus ramah, disiplin, saling menghormati, dan bertanggung jawab pada tugasnya. Tak hanya dengan pimpinan atau client, seorang sekretaris harus memiliki atau menerapkan kepribadian baik pada sesama rekan kerja lainnya.

4. Bisa menjaga rahasia

Seorang sekretaris juga harus mampu menjaga rahasia dan dapat dipercaya. Ini karena seorang sekretaris dominan lebih banyak berurusan dengan pemimpin perusahaan sehingga terkadang rahasia perusahaan pun harus diketahuinya.

5. Melek teknologi

Seorang sekretaris harus mampu menyesuaikan perkembangan jaman dengan banyaknya dan variasi teknologi. Untuk menunjang perusahaan semakin berkembang maju, tentunya perusahaan harus mampu menyesuaikan teknologi.

Begitu pula dengan sekretaris yang harus mampu dan mengerti teknologi atau yang paling sederhana mengoperasikan peralatan kantor berbasis teknologi agar pekerjaan semakin mudah dan cepat.

Baca juga : 10 Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Perkantoran

6. Paham akuntansi dan pembukuan

Seorang sekretaris tentu saja harus mengerti dan paham mengenai akuntansi maupun pembukuan. Karena ini merupakan tugas sehari-harinya maka dari itu sekretaris yang baik tentu saja harus mampu kedua bidang ini.

7. Kemampuan bahasa asing

Salah satu cara menjadi sekretaris yang baik adalah mampu berbahasa asing paling tidak menguasai bahasa internasional seperti bahasa Inggris. Ini karena, sekretaris terkadang akan diberi tugas untuk menemui relasi atau client dari luar negeri. Hal inilah yang akan menambah nilai plus dan memperlancar kegiatan bisnis perusahaan.

8. Mampu memahami karakter atasan

Seorang sekretaris adalah bagian paling terdekat dengan atasan. Seluruh pekerjaan maupun bisnis akan selalu berurusan langsung dengan atasan. Sebaiknya, sekretaris mampu memahami karakter atasan agar dalam berkomunikasi maupun menjalin hubungan akan berjalan dengan lancar dan baik tanpa salah paham.

9. Berpenampilan menarik

Selain selalu memperhatikan sikap dan etika, seorang sekretaris harus mampu berpenampilan menarik dan menjaga penampilan tetap segar. Gunakan make up sewajarnya dan selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian tubuh.

10. Cermat dan teliti

Karena tugas dan tanggung jawab seorang sekretaris selalu berhadapan dengan pembukuan, kearsipan, perhitungan, maka dari itu sekretaris yang baik harus selalu bekerja dengan cermat dan teliti agar seluruh pekerjaan dapat dilakukan dan mendapatkan hasil yang baik.

Nah 10 poin tersebut merupakan referensi untuk bagaimana cara menjadi sekretaris yang baik. Tentu saja penjelasan di atas dapat kamu gunakan sebagai bekal untuk nantinya terjun dalam dunia sekretaris.

Menjadi seorang sekretaris yang professional juga harus mampu beradaptasi dengan perusahaan dan harus memiliki keinginan terus belajar untuk selalu mengupdate segala keterampilannya.

Selalu menjaga sikap menghormati, beretika baik, dan tidak sombong. Karena sekretaris merupakan pihak terdekat dengan pimpinan ia harus betul-betul menjaga citra perusahaan tetap baik.

Baca juga : Tugas, Peran dan Fungsi Sekretaris Organisasi

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in