cara mencari karyawan melalui internet

Cara Mencari Karyawan di Internet Simak 7 Tips Ini

Diposting pada 100 views

Cara mencari karyawan di Internet – Sebagai seorang seorang recruiter atau pelaku usaha biasanya memiliki tugas untuk mencari karyawan sebuah perusahaan. Tentu saja mencari karyawan yang kompeten dan sesuai kebutuhan merupakan hal yang tidak mudah.

Seiring perkembangannya seorang recruiter tak hanya mencari karyawan melalui iklan manual yang dipajang di koran, tapi juga harus cerdik mencarinya melalui internet. Nah, berikut tips untuk mencari karyawan di internet agar mendapatkan karyawan yang berkualitas dan kompeten.

Perhatikan Tips Cara Mencari Karyawan di Internet

cara mencari karyawan di internet

1. Pasang iklan di seluruh portal lowongan online mana pun

Dewasa ini, portal online khusus lowongan sangat banyak ditemukan di manapun mulai dari berbayar hingga gratis. Tapi kebanyakan portal lowongan online bisanya gratis. Di sini anda dapat mengiklankan lowongan dari perusahaan sesuai syarat dan kriteria yang telah disepakati. Portal online ini seperti Indeed, Jobstreet, Kalibrr, dan lain sebagainya.

2. Gabung bersama LinkedIn

LinkedIn merupakan sosial media yang cukup unik dan berbeda dari yang lain. Di sini biasanya dipenuhi pengguna dengan berbagai macam latar belakang profesi dan bisnis. Banyak para pencari kerja dan recruiter yang membagikan info lowongan kerja terpercaya dan akurat. Anda dapat membagikannya juga di LinkedIn dan anda juga dapat melihat beberapa pengalaman dan kualifikasi para pencari kerja melalui profil LinkedIn.

3. Berbagi dan selalu update di seluruh sosial media

Sosial media saat ini telah merajarela di setiap masyarakat. Anda atau perusahaan anda yang memiliki media sosial yang lengkap seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya wajib untuk selalu update informasi melalui sosial media agar selalu mudah terjangkau oleh para pencari kerja.

Baca juga : Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja

4. Gabung bersama grup-grup lowongan kerja di berbagai media sosial

Walaupun anda bukan pencari kerja, tak ada salahnya ikut bergabung pula di berbagai grup pencari kerja di media sosial yang anda miliki seperti Line, Whatshapp, hingga Telegram. Cara ini termasuk cukup cepat mendapat kandidat karena anda langsung berinteraksi dengan para pencari kerja.

5. Menggunakan aplikasi rekrutmen

Saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi inovasi yang membantu masyarakat untuk menemukan segala kebutuhannya. Tak terkecuali menemukan karyawan sesuai yang dibutuhkan. Anda bisa mengunduh aplikasi khusus merekrut para pencari kerja cukup hanya dari smartphone anda.

Contoh aplikasi ini ialah Karirpad RMS-Mobile sebuah aplikasi rekrutmen karyawan secara online. Di sini anda juga dapat memilih karyawan sesuai bidang yang dibutuhkan. lebih praktis dan mudah.

Baca juga : 30+ Tips Cepat Dapat Kerja Dalam 1 Minggu

6. Jangan lupa tambahkan menu ‘karir’ di website anda/ perusahaan

Untuk perusahaan yang cukup besar biasanya terdapat pengelolaan website yang baik. Biasanya website perusahaan terdapat menu ‘karir’ sebagai informasi segala lowongan kerja yang tersedia di perusahaan tersebut.

Para pencari kerja pun akan langsung masuk pada menu karir dan dengan mudah akan bisa langsung melamar melalui website tersebut. Jadi, untuk anda yang memiliki website, jangan lupa untuk tambahkan menu karir sebagai info tambahan mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia sesuai bidang masing-masing.

7. Buka lowongan di OLX

Walaupun terkesan sepele, ternyata membuka lowongan melalui aplikasi OLX merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini tak hanya berisi jual beli barang baru atau bekas tapi juga bermanfaat bagi siapapun para pencari kerja maupun pencari karyawan. Info lowongan kerja di OLX terbukti cukup akurat dan terpercaya.

Nah itu tadi 7 tips cara mencari karyawan melalui internet. Mencari karyawan saat ini sudah terbilang cukup mudah dibanding dahulu yang hanya memasang iklan melelau offline. Saat ini banyak pencari kerja atau recruiter yang memilih mengiklankan pada portal-portal lowongan kerja dan beberapa platform online lain karena dirasa cukup mudah, cepat, dan praktis.

Walaupun caranya mudah, tetapi memilih karyawan yang benar-benar berkualifikasi baik dan sesuai kebutuhan juga cukup sulit. Maka dari itu, anda sebagai recruiter harus benar-benar menyiapkan langkah selanjutnya untuk memberikan tes kepada calon karyawan. Tak hanya itu, anda juga harus tetap berhati-hati dalam mencari karyawan di internet untuk menghindari segala kemungkinan penipuan.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in