arti kelangkaan dalam ilmu ekonomi

Arti Kelangkaan dalam Ilmu Ekonomi dan Faktor Penyebabnya

Diposting pada 4 views

Arti Kelangkaan dan Faktor Penyebabnya – Kebutuhann manusia dapat dipenuhi dengan berbagai barang dan jasa. Untuk mengkonsumsi barang dan jasa dibutuhkan kegiata produksi, yaitu kegiatan mengelola sumber daya menjadi barang dan saja.

Akan tetapi, sumber daya bersifat terbats dan kebutuhan manusia jumlahnya beragam. Akibatnya, sumber daya tersebut tidak dapat memenuhi keseluruhan kebutuhan. Kondisi inilah yang menyebabkan kelangkaan.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan kelangkaan itu? Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang pengertian kelangkaan dan faktor penyebabnya.

A. Arti Kelangkaan dalam Ilmu Ekonomi

Kelangkaan berasal dari kata “langka” yang dalam KBBI disebutkan memiliki arti jarang didapat, jarang ditemukan, jarang terjadi. Sedangkan kelangkaan lebih perihal langka (sesuatu kondisi sesuatu barang langka).

Secara istilah, pengertian kelangkaan adalah suatu kondisi ketidakseimbangan antara sumber daya yang bersifat terbatas dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.  

Kelangkaan (Scarcity) dalam ilmu ekonomi merupakan bentuk kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang jumlahnya terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas.

Kelangkaan ini umumnya disebabkan karena meningkatnya kebutuhan manusia, dan kondisi ini akan terus meningkat mengingat jumlah penduduk di seluruh dunia juga terus tumbuh dan bertambah banyak.

Jika kondisi ini terus dibiarkan tanpa ada solusi dan penanganan yang serius bisa saja sumber daya tersebut tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan manusia.   

Kita dapat melihat beberapa spesies atau tumbuhan yang punah akibat keserakahan manusia, atau hutan-hutan yang rusak akibat keserakahan manusia dalam mengeksploitasi SDA secara berlebihan. Tentu jika eksploitasi yang tidak terkendali tersebut terus dilakukan, akan berdampak buruk bagi masa depan anak cucu kita nanti.  

Tapi terlepas dari itu, mau tidak mau kelangkaan memang harus kita hadapi dan cari solusinya. Karena, kelangkaan hampir pasti bisa ditemukan di segala aspek kehidupan.

Maka dari itu, sudah seharusnya sebagai manusia harus bersikap bijak dan rasional dalam mengalokasikan sumber daya eknomi sehingga masalah kelangkaan ini dapat teratasi dan dapat dicegah agar tidak semakin memburuk. Kita dapat mengatasinya dengan mengetahui berbagai faktor yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan. 

Kelangkaan akan mendorong manusia untuk memanfaatkan sumber daya secara rasional dengan mengeluarkan pengorbanan. Kelangkaan disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini :

B. Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan

Seperti yang kami singgung di atas tentang kelangkaan, bahwa kelangkaan merupakan sesuatu yang tidak dapat kita hindari, namun walaupun begitu kita harus tetap berusaha sebaik mungkin dan menggunakan sumber daya ekonomi secara bijak dan rasional agar kelangkaan tidak semakin memburuk.

Salah satu bukti terjadinya kelangkaan antara lain adalah saat terjadinya krisis atau terjadi bencana alam.

Lebih lengkapnya dapat merenungi beberapa faktor penyebab kelangkaan berikut ini  : Akibatnya, masalah kelangkaan pun tidak bisa dihindari. Jika diamati, ada beberapa faktor penyebab kelangkaan yang paling umum terjadi. Faktor penyebab kelangkaan ini meliptui :  

1. Keterbatasan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah salah satu sumber daya yang sangat melimpah, jumlahnya cukup banyak dan mampu memenuhi segala kebutuhan manusia. Akan tetapi, walaupun jumlahnya yang melimpah bukan berarti kita sebagai manusia dapat mengeksploitasinya secara besar-besaran.

Karena dari jenisnya, terdapat dua macam sumber daya alam yaitu yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui (perlu waktu yang sangat lama).  

SDA yang tidak dapat diperbaharui inilah yang sudah seharusnya kita jaga dan kita manfaatkan dengan bijak, karena proses untuk menghasilkan SDA tersebut membutuhkan waktu ribuan bahkan jutaan tahun.

Kita dapat melihat cadangan minyak dunia yang semakin hari semakin menipis, maka tidak heran apabila harga minyak akan terus meroket dan kita harus memikirkan solusi pengganti untuk bahan bakar minyak.  

2. Perbedaan Letak Geografis

Terjadinya perbedaan letak geografis menjadi salah satu penyebab terjadinya kelangkaan, misalnya terjadinya persebaran sumber daya yang tidak merata di masing-masing daerah. Jika kita melihat sejarah, bangsa barat datang dan menjajah di Indonesia karena apa?

Yes, karena Indonesia kaya akan rempah-rempah sedangkan mereka bangsa barat tidak memiliki rempah-rempah sebanyak yang kita miliki. Disana langka karena letak geografis (iklim, tanah dll) tidak cocok dengan tumbuhan rempah-rempah, sedangkan di Indonesia kaya raya karena kita beriklim muson tropis dan tanahnya relatif subur  

Akibat adanya perbedaan letak geografis inilah, maka dapat timbul kelangkaan sumber daya. Kelangkaan sumber daya karena letak geografis ini umumnya lebih sulit untuk dihindari.  

3. Ketidakseimbangan Pertumbuhan Penduduk

Membludaknya jumlah penduduk akan membuat semakin meningkatnya jumlah kebutuhan manusia, dengan kata lain akan semakin banyak sumber daya yang dibutuhkan.

Nyatanya, tingkat pertumbuhan penduduk di seluruh dunia tidak sebanding dengan hasil produksi yang dihasilkan. Akibatnya, hasil produksi yang ada pun tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang beragam dan semakin bertambah.  

4. Rendahnya Kemampuan Produksi

Ketidak mampuan produksi dalam memenuhi kebutuhan manusia yang terus meningkat dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan.

Ketidakmampuan ini salah satunya disebabkan oleh keterbatasan kemampuan kita (sumber daya manusia) dan ketersediaan alat produksi.  

5. Perkembangan Teknologi yang Lambat

Kita dapat mengatasi berbagai masalah kelangkaan yang diakibatkan oleh keterbatasan sumber daya dengan mencari solusi dengan teknologi, misal teknologi pembangkit listrik angin/air dinilai lebih efisien dibandingkan dengan pembangkit listrik batu bara.

Sayangnya perkembangan teknologi yang begitu pesat ini masih cukup lambat untuk memenuhi kebutuhan manusia di seluruh dunia ini. Terlebih lagi pengembangan-pengembangan teknologi-teknologi inovatif tersebut juga membutuhkan waktu yang lama, penelitiannya pun juga membutuhkan waktu.  

Lambatnya perkembangan dan penerapan teknologi inilah yang kemudian menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia atau menyebabkan kelangkaan.

6. Terjadinya Bencana Alam

Bencana alam dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Saat terjadi bencana alam maka banyak sumber daya yang dimiliki akan hilang dan hancur, bahkan kehilangan nyawa saudara kita.

Ditambah terjadinya bencana dapat menghambat distribusi barang-barang kebutuhan pokok. Sehingga akan terjadi kelangkaan, untuk mengatasi kelangkaan akibat bencana ini diperlukan uluran tangan dari pemerintah dan saudara-saudara di daerah yang lain.  

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Kelangkaan menunjukkan adanya keterbatasan sumber daya sehingga menyebabkan tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan tersedia. Kelangkaan sumber daya ekonomi membawa dampak bagi kehidupan masyarakat dan pemerintah.

Kelangkaan sumber daya ekonomi dapat dibagi menjadi tiga yaitu :

  1. kelangkaan sumber daya alam
  2. kelangkaan sumber daya manusia
  3. kelangkaan sumber daya modal  

Alokasi sumber daya ekonomi

Keterbatasan sumber daya ekonomi mendorong manusia mengalokasikan secara bijak dan rasional. Artinya, pemanfaatannya harus dijadikan pada pemenuhan kebutuhan bukan keinginan untuk memilikinya.

  • sumber daya alam
  • sumber daya modal
  • sumber daya manusia   

Baca : juga artikel terkait “Arti Kelangkaan” :

Demikian saja artikel yang berjudul tentang pengertian keangkaan dan sebab-sebab kelangkaan, semoga dapat bermanfaat dan terimaksih.  

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.