Pengertian Demokrasi dan Jenis jenis Demokrasi

Pengertian Demokrasi - Istilah demokrasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani yakni demokratia yang dibentuk dari kata demos yang memiliki arti rakyat dan kata kratein yang artinya pemerintahan atau kekuasaan, jadi arti dari Demokrasi adalah sebuah kekuasaan atau pemerintahan rakyat. Akan tetapi secara umum, Pengertian Demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang melibatkan rakyat dalam menyelenggarakan sistem pemerintahan negara.

Pengertian atau definisi Demokrasi


Selain itu, Pengertian lain dari Demokrasi adalah suatu bentuk sistem pemerintahan sebuah negara dimana negara tersebut sebagai upaya dalam bentuk mewujudkan kedaulatan rakyatnya atas kekuasaan negara tersebut untuk dijalankan oleh pemerintahan dari negara tersebut. Arti demokrasi yang biasa kita ketahui adalah prinsip trias politica, yang dimana mereka membagi ketiga kekuasaan politik dari negara yaitu politik eksekutif, yudikatif dan juga legislatif. Untuk mewujudkannya maka ketiga jenis lembaga negara yang bersifat independen ini harus berada dalam kesejajaran antara satu sama lain, dan diharapkan agar ketiga lembaga penyelenggara negara ini untuk dapat saling mengontrol dan juga mengawasi negaranya.

Selain itu sistem demokrasi yang saat ini dianut oleh bangsa Indonesia yaitu demokrasi pancasila, yaitu sistem demokrasi ini sangat mementingkan keinginan, aspirasi dan juga suara dari hati nurani rakyatnya. Pengambilan keputusan di sistem demokrasi saat ini dilakukan oleh para wakil-wakil rakyat di Majelis Permusyawaratan Rakyat atau disingkat dengan MPR, yang diambil dengan cara voting pengambilan suara atau musyawarah mufakat. 

Selain itu juga, Demokrasi Pancasila adalah perwujudan rakyat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan dalam permusyawaratan perwakilan dan ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Ada dua macam prinsip tentang sistem pemerintahan negara, yang pertama adalah Indonesia adalah negara yang hidup dengan dibangun berdasarkan atas hukum dan tidak hanya berdasarkan kekuasaan belaka. Dan yang kedua adalah pemerintahan Indonesia berdasarkan kepada sistem konstitusional atau yang disebut sistem dasar dan juga tidak bersifat absolutisme  atau yang disebut kekuasaan yang tidak terbatas.

Demokrasi Indonesia
Demokrasi Indonesia

Jenis jenis Demokrasi

Dalam Penjelasan mengenai Demokrasi, juga terdapat beberapa jenis demokrasi yaitu seperti dibawah ini :


  1. Demokrasi pancasila adalah demokrasi yang terfokus kepada aspirasi, kepentingan dan juga suara rakyat dan juga memiliki jiwa dan dasar atas paham pancasila atau nilai luhur pancasila yang akan bersumber pada tata nilai sosial dan budaya.
  2. Demokrasi liberal adalah demokrasi kebebasan yang mana mereka menekankan pada kebebasan manusia untuk kepentingan manusia itu sendiri dan juga nantinya kekuasaan pemerintah dibatasi oleh undang-undang.
  3. Demokrasi terpimpin adalah demokrasi yang diarahkan kepada otoriter dan juga pimpinan tunggal.
  4. Demokrasi totaliter adalah demokrasi yang mempunyai tujuan utama yaitu dengan menghalalkan segala cara.
  5. Demokrasi proletar adalah demokrasi yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat, segala sesuatunya akan ditentukan dan dikuasai oleh negara itu sendiri serta tidak mengenal kelas sosial.
  6. Demokrasi titular adalah demokrasi seperti campuran modern dan jadul alias lama (gaya fragmentaris).
  7. Demokrasi formal adalah demokrasi yang tujuannya adalah untuk  menempatkan persamaan kedudukan dari setiap orang dalam politik tanpa perlu disertai upaya dalam menghilangkan kesenjangan di dalam ekonomi sebuah negara.
 

Ciri ciri Demokrasi

Selain itu Demokrasi juga memiliki beberapa ciri- ciri yaitu sebagai berikut : 

  • Menjamin kekuasaan yang telah dibuat bersama.
  • Menjamin kemerdekaan bagi setiap warga negara untuk bisa beroposisi dan berkumpul.
  • Menjamin Hak Asasi Manusia atau HAM.
  • Kekuasaan di dalam pemerintahan harus dikontrol oleh rakyat melalui wakil-wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat itu sendiri.
  • Persamaan kedudukan, Hak dan juga perlakuan bagi setiap warga negara di dalam tatanan hukum.


Load disqus comments

0 comments