Definisi Sistem Pemerintahan

Pengertian dan Macam macam Sistem Pemerintahan - Pada kesempatan kali ini kitapunya.net akan share mengenai sistem pemerintahan. Sebelumnya untuk materi pendidikan kewarganegaraan saya telah share mengenai macam macam bentuk pemerintahan menurut ajaran klasik. Nah setelah itu akan saya share mengenai definisi dari sistem pemerintahan. Apa sih pengertian dari sistem pemerintahan, berikut kami jelaskan secara singkat.

Sistem adalah keseluruhan terdiri atas beberapa bagia yang memiliki hubungan fungsional antara bagian-bagian maupun hubungan fungsional terhadap keseluruhannya. Sedangkan arti dari pemerintahan mempunyai arti kekuasaan, yang memerintah suatu wilayah, daerah atau negara. Istilah pemerintahan dapat dibagi menjadi dua, yaitu dalam arti sempit dan juga dalam arti yang luas.

Definisi pemerintahan dalam arti luas dan dalam arti sempit


a. Pengertian pemerintahan dalam arti luas
Dalam arti luas definisi dari pemerintahan adalah perbuatan pemerintah yang dilakukan oleh badan-badan legislatif, eksekutif, dan yudikatif di suatu negara dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan negara.

b. Pengertian pemerintahan dalam arti sempit
Dalam arti sempit pemerintahan mempunyai pengertian yaitu perbuatan memerintah yang dilakukan oleh eksekutif dan jajarannya dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan negara.

Definisi sistem pemerintahan

Definisi Sistem Pemerintahan
Definisi Sistem Pemerintahan

Kemudian untuk definisi dari sistem pemerintahan adalah pembagian kekuasaan dan hubungan antara lembaga-lembaga negara, terutama antara eksekutif dan parlemen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pembagian kekuasaan didalam sebuah negara terdapat dua macam pembagian organisasi pemerintahan, apa saja berikut adalah dua macam pembagian organisasi pemerintahan :

a. Pembagian organisasi pemerintahan menurut garis horizontal
Merupakan pembagian kekuasaan terhdap lembaga-lembaga negara berdasarkan pada jenis atau macam tugas yang harus dilakukan dalam sebuah negara. Pembagian inilah yang melahirkan sistem pemeritntahan

b. Pembagian organisasi pemerintahan menurut garis vertikal
Definisi dari pembagian kekuasaan menurut garis vertikal adalah pembagian kekuasaan negara meliputi kekuasaan pusat dan daerah yang menimbulkan prinsip-prinsip hubungan pusat dan daerah.
Pembagian ini menentukan apakah menganut desentralisasi atau sentralisasi.
 
Dilihat dari model hubungan antara lembaga-lembaga negara, khususnya antara parlemen eksekutif maka sistem pemerintahan dapat dibagi menjadi dua macam yaitu sistem pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensial.

Rencana selanjutnya, akan saya jelaskan mengenai definisi dari sistem pemerintahan parlementer dan sistem presidensial. Oke, terimakasih sudah baca artikel dari kitapunya.net, sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Load disqus comments

0 comments