Pengertian dan Contoh Perilaku Hasad (Dengki)

Pengertian dan Contoh Perilaku Hasad (Dengki) - Setelah pada kesempatan yang lalu kita punya share mengenai pengertian anaiah/egois dan pengertian gadab/marah, kini pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang perilaku hasad, yang merupakan perilaku tercela ke-tiga yang sudah saya share dalam blog kita punya. Oke, berikut ini kami jelaskan tentang pengertian hasad, contoh perilaku hasad, bahaya perilaku hasad dan cara menghindari perilaku hasad (dengki).

Pengertian atau definisi hasad / dengki

Definisi dari hasad adalah suatu sikap seseorang yang tidak senang terhadap orang yang memperoleh keberuntungan, kenikmatan atau karunia dari Allah swt. Hasad atau dengki ini dapat timbul biasanya diawali dengan suatu permasalah atau permusuhan yang menyebabkan terjadinya persaingan untuk saling menjatuhkan dan ingin lebih dari orang lain.

Hasad timbul di hari seseorang apabila ia merasa tidak senang terhadap keberhasilan orang lain. Penyakit hati hasad atau dengki ini harus kita jauhi, karena perilaku hasad ini tidak disukai oleh Allah swt. Perilaku hasad bisa juga diawali dengan sikap yang mengganggap dirinya paling hebat dan paling berhak mendapatkan sesuatu, sehingga apabila ada orang lain yang mendapatkan seperti yang diinginkan, maka ia tidak suka/tidak senang karena merasa disaingi.

Jadi, pada dasarnya hasad ini juga berasal dari sikap takabur atau sombong, yang sangat dibenci oleh Allah swt. Sombong merupakan suatu perilaku yang tidak pantas kita lakukan, karena sebenarnya kita tidak memiliki apa-apa, semua itu adalah karunia dari Allah swt. Terkait dengan perilaku hasad atau dengki ini, Nabi Muhamaad saw bersabda :

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah saw bersabda : "jauhkanlah dirimu dari sifat hasad karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan, ibarat api yang membakar kayu" (H.R. Abu Daud).
Dari hadits diatas dapat kita ambil maknanya, bahwa hasad atau dengki ini dapat menggugurkan atau menghanguskan amalan kebaikan yang telah kita lakukan.

Contoh perilaku hasad (dengki)

  1. Tidak mensyukuri nikmat yang Allah swt berikan
  2. Tidak senang terhadap kesuksesan/keberhasilan seseorang
  3. Senang jika seseorang menderita (kesusahan)
  4. Timbul perasaan untuk mencelakakan orang lain, karena ingin lebih unggul dari orang lain
  5. Berperilaku sombong, karena merasa dirinya lebih baik dari orang lain sehingga apabila orang lain mendapatkan nikmat dari Allah swt ia tidak senang atau tidak suka (misal saat orang lain membeli mobil baru).
  6. Membuat tidak percaya diri, karena merasa tersaingin oleh orang lain
Pengertian dan Contoh Perilaku Hasad (Dengki)
Pengertian dan Contoh Perilaku Hasad (Dengki)

Bahaya perilaku hasad (dengki)

  1. Sikap dengki sangat dibensi oleh Allah swt
  2. Dengki dapat mengakibatkan hangusnya amalan kebaikan yang telah dilakukan 
  3. Hati gelisah dan tidak tentram
  4. Akan berperilaku sombong, yang membuat tidak disenangi oleh Allah swt dan orang lain
  5. Menimbulkan perpecahan, permusuhan atau yang lainnya

Cara menghindari perilaku hasad (dengki) 

  1. Selalu bersyukur atas nikmat yang Allah swt berikan kepada kita
  2. Menyadari bahwa perilaku hasad adalah perilaku tercela yang harus kita hindari dan memiliki bahaya yang telah saya sebutkan diatas
  3. Menyadari bahwa perilaku dengki dapat menghanguskan kebaikan yang telah kita perbuat
  4. Berpikir positif atas segala kejadian yang menimpa kita
  5. Tetap percaya diri dan optimis
  6. Menghindari suatu permusuhan dengan orang lain yang dapat mengakibatkan dengki terhadap orang lain
  7. Tidak sombong atau tidak membanggakan diri sendiri, dan meyakini bahwa semua yang kita miliki adalah titipan dari Allah swt. Sehingga kita tidak perlu merasa tersaingi apabila orang lain mendapatkan suatu kenikmatan dari Allah swt.
Baca juga materi perilaku tercela  :
Load disqus comments

0 comments