Pengertian, Contoh dan Hikmah Perilaku Zuhud

Pengertian, Contoh dan Hikmah Perilaku Zuhud - Pada bebera waktu yang lalu sudah kita bahas tentang beriman kepada kitab Allah swt, setelah itu mari kita bahas mengenai perilaku terpuji dan tercela. Perilaku terpuci pada materi smp kelas 8 semester 1 ada dua yaitu zuhud dan tawakal. Sedangkan perilaku tercelanya adalah ananiah (egois), gadab, hasad, ghibah, dan namimah. Oke lanjut ke pembahasan kita pada pagi hari ini, berikut ini adalah pengertian dari zuhud.

Sebagaimana kita ketahui bahwa penyakit terbesar umat manusia dari dulu hingga sekarang adalan kecintaan yang berlebihan terhadai harta dan dunia yang fana ini. Sebagian besar orang yang menikmati dunianya secara berlebihan tidak meyakini bahwa kehidupan dunia hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk memiliki sifat zuhud supaya tidak terlena oleh gemerlapnya dunia ini.

Pengertian zuhud

Definisi dari zuhud adalah suatu sikap di mana seseorang tidak terlalu mementingkan dunia atau harta kekayaan. Materi dan dunia ini hanya bersifat sementara, dan hanya merupakan sarana atau alat untuk mencapai tujuan hakiki, yaitu sebagai bekal kehidupan di akhirat. Allah swt berfirman dalam Q.S. An Nisa ayat 77 yang artinya :

.... Katakanlah: "Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikit pun.

Perilaku zuhud tidak semata-mata tidak mau memiliki harta dan tidak memikirkan urusan duniawi, tetapi zuhud dalam arti yang sebenarnya merupakan kondisi mental seseorang yang tidak terpengaruh oleh harta dan benda dalam mengabdikan diri kepada Allah swt. Dengan demikian, betapaun kayanya seseorang mereka tetap hidup dalam keadaan zuhud. Mereka tidak terpengaruh oleh kekayaan tersebut dalam mengabdikan diri kepada Allah swt, mereka juga menggunakan harta tersebut untuk mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah swt.

Allah swt melarang kita untuk tidak memikirkan akhirat saja, tetapi dunia juga harus kita raih dengan sebaik-baiknya. Allah swt berfiman yang artinya :
“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi” (QS. Al Qashshash: 77).

Zuhud juga dapat diartikan dengan sederhana. Seperti yang kita tahu bahwa Nabi Muhamaad saw dan para sahabat adalah manusia yang kaya raya. Ada yang mengatakan bahwa Rasulullah saw ketika menikahi Siti Khadija memberikan mahar sebanyak 100 ekor unta. Kebayangkan berapa kekayaan yang dimiliki oleh Rasulullah saw, tetapi dengan kekayaan yang melimpah Rasulullah saw tidak hidup bermewah-mewahan Beliau tetap sederhana dan berperilaku zuhud.

Pengertian zuhud juga ada dalam Al Quran yaitu pada Quran Surat Al Hadid ayat 23 yang artinya :

57:23. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,
Dari ayat diatas dapat kita ambil intinya yaitu, kita dilarang untuk terlalu gembira atau terlalu senang dengan harta atau kekayaan yang kita miliki di dunia ini, lebih baik kita tunjukan rasa syukur kepada Allah swt yang telah memberikan nikmat tersebut. Dalam bagian terakhir Allah menegaskan bahwa Allah swt tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri sendiri.

Pengertian, Contoh dan Hikmah Perilaku Zuhud
Pengertian, Contoh dan Hikmah Perilaku Zuhud

Contoh perilaku zuhud

Setelah mengetahui pengertian perilaku zuhud, sekarang saatnya kita melihat beberapa contoh perilaku zuhud. Dan berikut ini adalah contohnya :
  1. Selalu bersyukur terhadap nikmat yang diberikan Allah swt kepada kita semua baik sedikit ataupun banyak.
  2. Selalu berusaha untuk banyak-banyak membelanjakan harta di jalan Allah swt
  3. Tidak bermewah-mewahan secara berlebihan
  4. Selalu berusaha untuk berpenampilan sederhana, dan tidak sombong serta membaganggakan diri sendiri
  5. Lebih mencintai Allah swt daripada kehidupan di dunia ini.
  6. Tidak membelanjakan harta secara boros
  7. Bekerja dan beribadah dengan giat dan sungguh-sungguh untuk mendapatkan kebahagian di dunia dan di akhirat.
  8. Menggunakan harta yang kita miliki untuk kepentingan kehidupan di akhirat.

Hikmah perilaku zuhud

Berikut ini beberapa hikmah yang akan kita peroleh jika berperilaku zuhud :
  1. Hatinya tidak mudah gelisah dan sedih
  2. Hidupnya tentram, dan damai
  3. Tidak terlena dengan kemewahan dunia
  4. Tidak sombong
  5. Di sukai banyak orang, karena sederhana dan tidak sombong
  6. Sabar dalam menghadapi cobaan
  7. Bahagia dunia dan akhirat
Load disqus comments

0 comments