Boleh Juga Nih Triknya, Cara agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian

Boleh Juga Nih Triknya, Cara agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian - Musim ujian akhir semester telah tiba, banyak siswa terutama dari sd, smp sampai sma sedang berjuang, belajar siang malam agar dapat mengerjakan soal UAS dengan benar. Namun tetap saja masih ditemukan sebagian siswa yang mengerjakan soal ujian dengan tidak jujur, mereka mencontek temannya, bahkan ada juga yang membawa sesobek kertas untuk disalin di lembar jawab mereka.

Tidak sedikit juga mereka membuka handphone saat ujian, yaa itu tujuannya untuk mencari jawaban agar nilai ujiannya bagus. Tentu saja tindakan para siswa ini tidak fair (adil) bagi mereka yang mengerjakan dengan jujur. Bahkan terkadang orang yang mencontek nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang dicontek.

Miris bukan sih, jika generasi bangsa kita sejak dari sekolah saja sudah belajar tidak jujur. Tentu ini tidak boleh dibiarkan, pihak sekolah dan orang tua harus bersama-sama untuk membentuk karakter para siswa agar berbudi pekerti baik, jujur dan berakhlak.

Nah, salah satu usaha untuk membiasakan para siswanya bertingkah jujur adalah dengan memberi topi anti contekan seperti pada salah satu sekolah ini. Kurang tau ini sekolah terletak di mana, yang pasti triknya sungguh menarik. Para siswa dijaga dengan ketat oleh pengawas ujian, dan setiap siswa wajib mengenakan topi anti contekan ini, sehingga mereka tidak bisa melihat bahkan melirik kanan kiri pun sangat terbatas gerakannya.

Seperti apa bentuk topi anti contekan ini, simak gambar berikut ini :
Biar ngga bisa mencontek
Biar ngga bisa mencontek
Unik kan caranya, bisa dipraktekkan di setiap sekolah. Selain menggunakan pengawas yang tegas dan ketat, juga bisa dicoba itu cara. Jangan lupa juga pendidikan karakter di sekolah sangat penting. Sepenting dirimu bagiku, :)
Read more

Pengertian Komunikasi dan Komponen-komponennya

Pengertian Komunikasi dan Proses Komunikasi - Komunikasi itu apa sih? Iyaaaaa itu lhoo komunikasi, susah njelasinnya. Kita terkadang gitu, tahu dan paham yang dimaksud dengan komunikasi tapi kalau untuk merumuskan dengan kata-kata sulitnya melebihi rumus matematika. Nah, untuk bisa merumuskan dalam kata-kata tentang pengertian komunikasi maka harus paham terlebih dahulu tentang konsep dasar dari pengertian komunikasi.

Rumusan pengertian komunikasi ini sebenarnya membantu dalam memahami apa itu komunikasi. Mempelajari komunikasi apa pentingnya? Heehh, dari bayi kita sudah mempelajari komunikasi, ibu kita mengajarkan bagaimana caranya berkomunikasi, dalam tingkat lanjut kita perlu memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan komunikasi agar komunikasi yang kita lakukan dapat baik dan efisien sesuai dengan tujuan sebelumnya. Belum lagi kita perlu menganalisa respon apa yang sekiranya akan dilakukan oleh lawan komunikasi.

Ehhh, ternyata komunikasi ngga semudah yang kita bayangkan yaa? Iyaaa lah, nah kita bisa memulainya dengan mempelajari konsep-konsep dasar komunikasi. Konsep dasar ini terbagi menjadi komponen-komponen komunikasi dan unsur-unsur komunikasi. Artikel selanjutnya kita bahas lebih dalam tentang kedua sub tema tersebut. 

Pengertian Komunikasi

Menurut Everette M. Roger (dalam Mulyana,2005a: 62) menyatakan bahwa definisi komunikasi adalah proses di mana satu ide dialihkan dari sumber komunika ke seorang penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka:"

Dari definisi tersebut sebenarnya sudah menggambarkan tentang tujuan dan proses suatu komunikasi. Nah pengertian komunikasi secara umum dapat kita rumuskan bersama, bahwa komunikasi adalah :
Proses pertukaran pesan di antara manusia untuk mencapai saling pengertian berkomunikasi. Peyampaian atau pertukaran pesan dapat dilakukan dengan pesan verbal (kata-kata) maupun dengan cara nono verbal (di luar kata-kata seperti bahasa tubuh, mimik wajah, intonasi, gambar, simbol, sandi dll). Kemudian komunikasi juga bisa dilakukan secara langsung (tatap muka) atau melalui perantara media lain seperti telepon, hp, sosmed dll.

Pengertian Komunikasi dan Komponen-komponennya
Pengertian Komunikasi dan Komponen-komponennya

Komponen-komponen komunikasi merupakan bagian dari suatu proses komunikasi, apa saja sih komponen-komponen komunikasi? 


  1. Komunikator, adalah orang yang menyampaikan pesan, di dalamnya mencakup faktor-faktor seperti keterampilan komunikasi, sikap, pengetahuan dan sistem sosial serta pengaruh kultural, sosiokultural dan psikokultural.
  2. Pesan, yang disusun dengan elemen, isi, struktur tertentu yang merupakan hasil transformasi dari pikiran/gagasan/perasaan dalam proses encoding yang dilakukan komunikator yang kemudian di-decode oleh komunikan
  3. Media atau saluran komunikasi adalah sesuatu yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan yang diserap melalui pancaindra. 
  4. Komunikan, adalah orang yang menerima pesan, di dalamnya juga terdapat faktor-faktor seperti yang ada pada komunikator.
  5. Efek, adalah akibat dari kegiatan komunikasi yang biasanya dirumuskan sebagai perubahan atau peneguhan sikap, pendapat dan perilaku. Efek pun adakalanya juga disebut sebagai tujuan komunikasi atau untuk menunjukkan keberhasilan komunikasi.
  6. Umpan-balik, merupakan respons komunikasi selama proses komunikasi berlangsung yang bisa mengubah pesan komunikasi, media komunikasi atau komunikator.
  7. Gangguan komunikasi, gangguan yang dapat membuat komunikasi tidak efektif. 
  8. Lingkungan, salah satu yang mempengaruhi proses komunikasi manusia karena proses komunikasi tidak berlangsung di ruang hampa.
Demikian artikel tentang pengertian komunikasi dan komponen-komponennya, semoga bermafaat dan terimakasih.
Read more

Butuh Hiburan? Coba deh lihat video motor trail yang satu ini, pasti ketawa deh

Butuh Hiburan? Coba deh lihat motor trail yang satu ini, pasti ketawa deh - Motor trail biasanya beradu kecepatan dan keindahan gaya ketika berada di udara. Selain itu ada juga perlombaan motor trail yang beradu tehknik untuk melawati suatu rintangan.

Apa kalian sedang sedih? galau? kecewa? ditinggal rabi? ngga punya duit? Ssssst, sudah lah jangan dipikir dalam-dalam, pikir aja solusinya. Pasti ada deh, kalau masalah hati entah itu sedih, galau, kecewa jangan dipikirin. Pikirin bagaimana caranya biar ngga sedih, biar bisa bangkit, semangat lagi jalani hidup.

Ngga punya uang? yang penting sudah usaha, kalau sudah kerja, buka usaha terus uangnya habis itu mah biasa, kerja yang semangat lagi, yang giat biar dapat bonus dari bos.

Nganggur? udah usaha cari kerja belum, sudah tapi belum ketemu, cari lagi sampai dapat. Atau mending usaha deh, buka toko, jualan kripik, atau ternak ikan, ternak ayam. Yang penting mah ngga hanya diem ditempat, nunggu pertolongan malaikat. Usaha dong, cari kerja.. Keliling-keliling jogja, atau beli koran cari info kerja.

Nah untuk hiburan saja bisa melihat nih video motor trail beriku ini, semoga saja terhibur yaa..



Gimana? Lumayan terhibur kan. Jangan lupa like dan subcribe yaaa, agar blog dan chanel ini dapat berkembang untuk memberikan manfaat kepada yang lainnya. 
Read more

Sering Memakai Tisu Basah Untuk Wajah? Ini Dampak Buruknya

Sering Memakai Tisu Basah Untuk Wajah? Ini Dampak Buruknya - Seringkali kita menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah yang sudah kusam, atau bagi wanita sering menggunakan tisu basah untuk membersihkan make up yang menempel pada wajah. Alasannya sih simple, karene lebih mudah dan ngga ribet, ngga harus cuci muka ke kamar mandi menggunakan air dan sabun muka.

Tapi tahukan anda, bahwa penggunaan tisu basah untuk wajah memiliki dampak yang kurang baik, terutama bagi wajah itu sendiri. Apa dampaknya bagi wajah? Berikut ini kami paparkan lebih jelas lagi :

Sering Memakai Tisu Basah Untuk Wajah? Ini Dampak Buruknya
Sering Memakai Tisu Basah Untuk Wajah? Ini Dampak Buruknya

1. Kulit kering
Dalam tisu basah terkandung sedikit alkohol, alkohol ini berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran dan bakteri. Namun alkohol ini juga memiliki efek bagi wajah, yaitu kulit wajah menjadi lebih kering dan pecah-pecah.

2. Kulit wajah keriput
Selain kulit kering dan pecah-pecah, penggunaan tisu basah secara terus menerus juga dapat membuat kulit lebih cepat keriput. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit jenis kering.

3. Jerawat
Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif juga bisa menimbulkan jerawat, terlebih lagi tisu basah juga tidak bisa membersihkan kotoran secara maksimal. Kotaran ini akan membuat noda bahkan sampai jerawat.

4. Iritasi
Tisu basah selain mengandung alkohol, juga mengandung berbagai bahan kimia yang ikut membantu membersihkan kotoran. Namun ya itu, bagi kulit yang sensitif bisa jadi terjadi iritasi atau kemerah-merah.

So, gunakan tisu basah pada tempatnya yaa.. gunakan seperlunya.
Read more

10 Kecelakaan Kereta Paling Mengerikan di Dunia

10 Kecelakaan Kereta Paling Mengerikan di Dunia - Salah satu mode transportasi yang anti macet adalah kereta, karena jalannya ya cuma satu jalur, ngga ada temennya. Mau ada yang nyebrang, ehh.. Yang nyebrang yang suruh berhenti. Itulah kereta.

Namun, seringkali ada kejadian tragis seperti kecelakaan yang melibatkan kereta dengan pengendara baik montor maupun mobil yang akan menyeberangi perlintasan kerta api.

Nggak hanya ada di Indonesia, di luar negeri pun juga terjadi hal yang sama. Bahkan di berbagai vidio youtube yang pernah saya tonton, ada kecelakaan kereta api yang menyebabkan bagian-bagian tubuh korban terpisah. Ihhhh ngeri pokoknya, kakinya terpisah tapi masih hidup.

10 Kecelakaan Kereta Paling Mengerikan di Dunia
10 Kecelakaan Kereta Paling Mengerikan di Dunia

Hal ini menyadarkan kita harus lebih berhati-hati ketika akan menyeberangi perlintasan kereta api. Ketika sudah ada peringatan dari bapak-bapak yang jaga, lebih baik berhenti. Peringatannya biasanya bunyi sirine dan palang perlintasan kereta api sudah mulai diturunkan perlahan-lahan.

Nah, kalau mau lihat beberapa video kecelakaan kereta api paling mengerikan di seluruh dunia dapat melihat di video beriku ini :

Part 1 :


Part 2 :



Nahh, demikian video tentang 10 kecelakaan kereta api paling mengerikan di seluruh dunia. Semoga terhibur, jangan lupa like dan subcribe chanel kang parjo ya. Agar selalu dapat informasi yang unik dan menarik setiap saat.
Read more

Pengertian Kemiskinan dan Macam-macam Kemiskinan

Macam-macam Kemiskinan - Apasih itu kemiskinan? miskin itu tidak kaya. Iyaa bener, tapi seseorang dapat dikategorikan miskin itu yang seperti apa? Menurut world bank atau bank dunia, penduduk miskin adalah mereka yang jumlah pengeluarannya kurang dari 1 dollar per hari.

Itung sendiri yaa kalau di rupiahkan berapa :). Nah beda lagi kalau menurut BPS atau bada pusat statistik, bahwa penduduk miskin adalah kelompok penduduk yang jumlah konsumsi kalorinya kurang dari 2100. Itu kira-kira berada di bawah rata-rata orang pada umumnya.

Ada yang lebih spesifik lagi nih, penduduk dapat dikatakan miskin apabila berada di bawah pembandingnya. Pembandingnya ini disebut sebagai garis kemiskinan. Jadi penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah angka garis kemiskinan.

Nah, berapa garis kemiskinan di Indonesia? Thats right, di Indonesia pada tahun 2016 garis kemiskinannya adalah Rp 354.386.

Ada beberapa penyebab dari adanya kemiskinan yang tinggi, seperti pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, sempitnya lapangan pekerjaan, banyaknya pengangguran, tingkat pendidikan yang rendah dan distribusi yang tidak merata.


Pengertian Kemiskinan dan Macam-macam Kemiskinan
Pengertian Kemiskinan dan Macam-macam Kemiskinan


Macam-macam Kemiskinan

Ada 4 macam kemiskinan, berikut ini kami jelaskan secara singkat satu-persatu dari macam kemiskinan :

1. Kemiskinan Absolut 
Kemiskinan absolut adalah kemiskinan yang disebabkan oleh besar pendapatan yang tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan hidup. Ini juga dilihat dari perbandingannya yaitu garis batas kemiskinan (provety line).

2. Kemiskinan Relatif
Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang ditentukan oleh kondisi lingkungannya akibat dari ketimpangan distribusi pendapatan sehingga menyebabkan alokasi sumber daya tidak efisien. Ketimpangan ini didapat dari gini ratio.

3. Kemiskinan Struktural
Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang disebabkan karena adanya ketimpangan dalam struktur ekonomi suatu negara.

4. Kemiskinan Kultural
Kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang dikaitkan dengan nilai-nilai sosial budaya masyarakat, atau kondisi sosial budaya yang membuat masyarakat di daerah tersebut menjadi miskin secara terpaksa.

Mungkin cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak. 
Read more

Profil dan Biodata Lengkap Raffi Ahmad

Profil dan Biodata Lengkap Raffi Ahmad - Artis terkenal dengan jam terbang yang sangat padat membuat salah satu anggota BBB ini terlihat di segala stasiun televise dengan beragam acara dan iklan. Yep, artis tersebut adalah Raffi ahmad yang termasuk artis dalam jajaran yang sangat sukses dalam karirnya. Banyak yang menyukai artis yang satu ini, nah apakah anda termasuk salah satu penggemar artis yang sangat terkenal ini maka kenali rafi ahmad melalui profil dan biodata Raffi Ahmad. 

Profil Dan Biodata Raffi Ahmad Artis Papan Atas Lebih Detail

Profil dan Biodata Raffi Ahma
Profil dan Biodata Raffi Ahma

Artis terkenal ini tak hanya memiliki kepribadian yang baik terhadap sesame teman artis namun juga segudang prestasi yang dimiliki dalam dunia entertainment. Ingin tahu lebih dekat mengenai raffi ahmad, ini dia profil dan biodata Raffi Ahmad. 

Keluarga Raffi Ahmad Artis yang lahir pada 17 februari 1987 di bandung ini merupakan nak pertama dari pasangan Munawar Ahmad (alm) dengan Amy qonita dan memiliki dua saudara yaitu syahnaz sadiqah serta nisya ahmad ini berprofi tak hanya sebagai actor saja namun juga sebagai presenter, comedian serta penyanyi. 

Karirnya dimulau pada tahun 2002 dnmasih berlanjut hingga sekarang. Kini Raffi ahmad telah mimiliki keluarga kecil yang bahagia dengan istri tercintanya yaitu Nagita Slavina dan dikarunia anak dengan nama Rafathar Malik Ahmad melengkapi kehidupan raffi ahmad yang sukses dan juga profil dan biodata Raffi Ahmad lengkap. 

Jejak Karir Raffi Ahmad Siapa sih yang tidak mengenal raffi ahmad yang mewarnai dunia pertelevisian. Nama yang melejit dengan kemunculannya di setiap stasiun televise membawakan acara maupun iklan adalah capaian dari kerja keras dan usaha yang maksimal ini diawali dengan aktingnya sebagai pemeran pendukung dalam Tunjuk Satu Bintang. Raffi ahmad mulai menunjukkan taringnya dalam Senandung Masa Puber bersama Bunga Citra Lestari menjadi pemeran utama. 

Raffi menunjukkan kemampuannya dalam berakting melalui film yang satu itu yang kemudian aktingnya yang sangat apik membuat dirinya membintangi berbagai sinetron dan juga FTV remaja. Tidak cukup dengan sinetron dan ftv, raffi ahmad mengembangkan sayap aktingnya ke layar lebar dengan actor irwansyah berjudul Love is Cinta yang juga diperankan oleh Acha Septriasa. 

Tak hanya sebagai aktor, raffi ahmad menunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi melalui grup BBB (Bukan Bintang Biasa) melalui single Let’s Dance Together bersama anggota BBB lainnya yaitu Ayushita, Dimas Beck, Chelsea Olivia dan Laudya Chintya Bella yang saat itu juga menggandeng Melly Goeslow. 

Segudang Prestasi Raffi Ahmad Tingkat keartisan yang wow ini didapatkannya dengan kerja keras yang juga menghadiahi dirinya bermacam prestasi dari tahun ke tahun. Prestasi Raffi ahmad yakni mendapat penghargaan kategori artis ngetop pasa SCTV Award pada 2006. 

Pada tahun 2007 raffi juga menyambar award pada bali international film festival dalam best soundtrack. Melalui BBB Raffi mendapat award dalam AMI Award 2008 untuk single bb berjudul Let’s dance together. Pada tahun berikutnya raffi ahmad menyambar aktor pria favorit dalam kid choice award 2009. 

Pada tahun 2013 bisa dibilang tahun emas raffi ahmad dilihat dari banyaknya award yang dibawa pulang oleh raffi ahmad yaitu Panasonic gobel award 2013 menyabet 2 kategori sekaligus yaitu presenter music dan variety show terbaik serta presenter talkshow hiburan terfavorit. Pada tahun 2016 ini tak tanggung-tanggung raffi ahmad menyabet award empat kategori dalam award bergengsi yaitu bright award 2016. Itulah profil dan biodata Raffi Ahmad terbaru terbaru hingga saat ini.
Read more