5 Pelajaran dari sebuah pensil yang sangat inspiratif

Kali ini kami akan memberikan sedikit inspirasi yaitu tentang 5 Pelajaran dari sebuah pensil yang sangat inspiratif. Semua kalangan entah itu siswa, mahasiswa pegawai atau apapun itu pasti membutuhkan alat tulis entah itu untuk menulis ilmu pengetahuan atau sesuatu yang dirasa perlu ditulis agar tidak lupa. Dari fungsinya yang sangat berguna untuk manusia, ternyata pensil juga mengandung pelajaran yang sangat inspiratif untuk kita. Apa sajakah itu, berikut 5 hal yang dapat kita ambil pelajarannya dari sebuah pensil :

5 Pelajaran dari sebuah pensil yang sangat inspiratif
5 Pelajaran dari sebuah pensil yang sangat inspiratif

1. Pensil mengispirasi kita untuk selalu berbuat yang luar biasa dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa pula. Sebuah pensil dapat menulis sesuatu yang sangat berguna, menggambar sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi, dan masih bamyak lagi. Pensil dapat menghasilkan lukisan yang indah berkat tangan yang mengendalikannya, tangan tersebut seperti Allah swt yang selalu membimbing kita agar selalu berada di jalan yang benar dan dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. 

2. Bila pensil terus digunakan, maka lama kelamaan akan tumpul. Sehingga harus menggunakan rautan untuk menajamkan pensil tersebut. Rautan tersebut pastinya akan membuat pensil kesakitan, namun setelah selesai di raut pensil akan mendapatkan ketajamannya lagi. Ini mengajarkan kepada kita bahwa kesuksesan itu tidak dapat diraih dengan cara instan, tetapi diraih dengan perjuangan, pengorbanan dan kerja keras. Ada pepatah bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Kita harus bekerja keras baru bisa menikmati apa yang kita usahakan.

3. Pensil pasangannya pasti penghapus. Apabila kita salah dalam menulis, maka masih ada penghapus yang menolong kita. Seperti inilah kehidupan kita, terkadang kita melakukan kesalahan bahkan sangat sering kita berbuat salah. Dan kalau kita berbuat salah maka langkah kita adalah bertaubat, memohon ampun kepada Allah swt dan berjanji untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Selagi kita masih hidup, kita masih diberi kesempatan untuk bertaubat.

4. Bagian yang paling penting dari pensil adalah bagian dalamnya, bukan bagian luarnya. Nah, sama seperti kita bagian terpenting adalah bagian dalam yaitu hati. Tidak peduli fisiknya seperti apa, yang terpenting hatinya dan tingkah lakunya itu baik. Itu sudah cukup, kecantikan yang sebenarnya itu berasal dari hati. Percuma luarnya bagus, tetapi dalamnya jelek.

5. Apabila kita menggunakan pensil, maka sama saja pensil telah meninggalkan jejak entah itu goresan atau tulisan. Sama seperti kita, setiap tingkah laku kita juga akan menghasilkan jejak, bisa jejak yang buruk tapi bisa juga jejak yang baik. Harapan kita sih, selalu meninggalkan jejak yang baik, jangan sampai meninggalkan jejak yang buruk seperti melukai seseorang, Jadi berhati-hatilah dalam bertindak. Jangan sampai salah dalam melangkah.
Read more

Harga Terbaru You C 1000 di Alfamart dan Indomart

Harga Terbaru You C 1000 di Alfamart dan Indomart - Di musim penghujan seperti ini kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit. Pasalnya di musim penghujan seperti ini sangat rentan sekali terkena flu, pilek bahkan sampai deman. Untuk mencegahnya perlu meningkatkan kekabalan tubuh kita yaitu dengan makan makanan yang bergizi dan jangan lupa vitamin c nya.

Sempat beberapa waktu lalu saya hujan-hujanan, ditambah hanya tidur kurang dari jam. Diperparah lagi tidurnya tidak di dalam rumah, melainkan diluar yang langsung terhubung dengan alam. Beralasakan tanah dan berselimut langit. Kok bisa? Di usir dari rumah?

Panjang ceritanyaa..

Harga Terbaru You C 1000 di Alfamart dan Indomart
Harga Terbaru You C 1000 di Alfamart dan Indomart

Singkat cerita badan saya agak drop, suara agak serak-serak. Ditambah pas waktu makan kemarin lidah saya kegigit.. Duhhhh..

Pikir terus mikir, saya sepertinya kurang vitamin c deh. Ehhh iyaa kali ya, biar sariawan sembuh sekalian flunya juga sembuh.

Akhirnya langsung cuss tu ke alfamart kanan jalan dekat kos. 

"Selamat malam mas, selamat datang di alfamart" Sambut mas-mas kasir.

"Mbak, eh mas kalau you c 1000 yang ngga dingin dimana ya?" Tanya saya dengan suangat ramah. :)

"Itu mas ada di belakang kiri" Jawabnya

"Oh iyaa mas terimakasih banya". Langsung deh aku kesana, ada dua pilihan rasa untuk you c 1000 nya yaitu orange dan lemon. Saya ambil dua-duanya, satu rasa lemon dan yang satu rasa orange.

Langsung deh menuju ke kasir, "mas sudah".

"Okee mas, ini sedang ada promo mas kalau beli tiga jadinya 15 ribu". Emmm, tak pikir pikir kayaknya lebih murah deh. "Ohhh, iya mas ditambah satu lagi aja". 

Lain hari aku ke indomart, dan lagi-lagi pengen beli minuman yang satu ini. Tapi kali ini cukup satu saja, ngga usah banyak-banyak. Satu botol itu dihargai dengan Rp 6.700,00

Harga You C 1000 di Alfamart dan Indomart adalah Rp 6.700,00.

Tentunya harga disetiap kota mungkin berbeda, tergantung ada promo tidaknya. Makasih.
Read more

Pengertian,Pembagian dan Tujuan Ilmu Ekonomi

Pengertian, Pembagian dan Tujuan Ilmu Ekonomi - Ekomoni? Ehhh, ekonomi maksudnya. Kalau ada yang berbisik tentang ekonomi, apa yang pertama muncul dipikiran? Apa? What? Uang, duit terus? Kaya, apalagi? perdagangan, bank, apalagi yuk? produksi, distribusi, konsumsi, pajak, kebijakan moneter, dan banyak hal yang berhubungan dengan ekonomi.

Tentu untuk memahami apa itu ilmu ekonomi kita perlu belajar secara khusus, lalu apa sih yang dipelajari dalam ilmu ekonomi. Dosen saya bilang :) ada 3 yang akan kita pelajari dalam ilmu ekonomi nak.. Yang pertama scarcity (kelangkaan) yang menjadi salah satu permasalah dalam perekonomian. Selanjutnya ada choice (pilihan-pilihan) artinya keputusan menentukan pilihan berdasarkan pertimbangan tertentu, artinya dalam kondisi seperti ini maka berdasarkan ilmu ekonomi harus memilih yang...

Nah yang ketiga ada opportunity cost (biaya kesempatan) merupakan kesempatan yang hilang karena memilih alternatif lain. Bingung yaa? Samaa aku juga bingung, tanya dosen langsung aja yaa..

Lanjut..

Pengertian Ilmu Ekonomi

Economics is the study of how societies use scare resources to produce valuable commodities and distribute them among different people.
Heehhh, kok bahasa inggris? Artinya apa? Bentar-bentar tak buka google translate dulu, takut salah :)

Jadi kurang lebih pengertian ilmu ekonomi dalam bahasa indonesia seperti dibawah ini :

Menurut Paul A. Samuelson
ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan dengan menggunakan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk menghasilkan berbagai jenis barang/jasa yang dapat memenuhi kebutuhan baik sekarang maupun yang akan datang.

Pembagian Ilmu Ekonomi 

Pembagian ilmu ekonomi
Pembagian Ilmu Ekonomi


Ilmu ekonomi dapat dibagai menjadi 3 yaitu :

1. Ekonomi Diskriptif (Descriptive Economic)
Suatu ilmu yang mempelajari tentang permasalahan, kajadian, dan peristiwa ekonomi berdasarkan fakta atau kenyataan yang sesungguhnya.

2. Ekonomi Teori (Economics Analysis)
    a. Ekonomi Miko (Membahas tentang perilaku individual dari pelaku ekonomi)
    b. Ekonomi Makro (Membahas tentang gejala-gelaja ekonomi secara keseluruhan)


3. Ekonomi Terapan (Applied Economic)
Pengertiannya adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kebijaksanaan ekonomi yang perlu diterapkan dalam daerah atau negara tertentu.

Lalu apa sih tujuan mempelajari ilmu ekonomi itu? Biar pinter, biar keren, biar bisa dapat uang, biar dapat .. emmm apa yaa, apa itu tujuannya? 

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk :

  • Memperbaiki cara berfikir yg membantu pengambilan keputusan
  • Membantu memahami masyarakat : interaksi, kelangkaan, (pertukaran=pasar)
  • Membantu memahami masalah-masalah internasional (global)
  • Bermanfaat dlm membangun masyarakat demokrasi

Read more

Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis

Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis - Seorang pengusaha harus mampu mengelola aspek-aspek penting yang berpengaruh dengan keberlangsungan usaha yang dijalankan, pengelolaan ini sering disebut dengan manajemen. Ada manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen sdm dan masih banyak lagi.

SDM atau sumber daya manusia pada sebuah bisnis merupakan faktor penting dari kesuksesan suatu usaha, dengan SDM yang berkualitas maka suatu usaha lebih berpeluang untuk sukses. Dan tidak sedikit suatu usaha gagal karena pengelolaan sdm nya yang kurang baik.

Tidak sedikit perusahaan yang memiliki banyak karyawan namun tidak memiliki kemampuan dalam mengelolanya, misalnya demo, mogok kerja atau bahkan korupsi. Ini merupakan akibat dari perekrutan yang hanya asal-asalan, padahal agar perusahaan dapat berkembang maka harus didukung dengan SDM yang baik dan berkualitas. SDM yang berkualitas juga belum tentu dapat mengembangkan usaha tanpa dibarengi dengan manajemen yang baik. Percuma SDM nya berkualitas namun tidak dikelola dengan baik.

Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis
Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis



Pada umumnya manajemen SDM terdiri dari perencanaan, pemilihan atau seleksi, pelatihan atau pengembangan, dan evaluasi terhadap kinerja karyawan.

Langkah awal dari manajemen SDM adalah perencanaan, yang mana perusahaan ini memerlukan karyawan yang seperti apa, banyaknya berapa, keahlian apa yang harus dikuasi, akan digaji berapa, tunjangan berapa dan segala hal yang berkaitan erat dengan ketenagakerjaan.

Dalam memilih karyawan tentunya kita akan melakukan seleksi atau perekrutan karyawan, dari beberapa calon tenaga kerja yang melamar kita menyeleksi mana yang paling baik dan cocok untuk ditempatkan di masing-masing posisi dalam perusahaan. Ini juga untuk menghindari tenaga kerja yang kurang produktif dan tidak memberikan nilai lebih kepada perusahaan.

Jumlah karyawan juga harus diperhatikan, pastikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila terlalu sedikit maka nantinya karyawan akan kwalahan dalam mencapai target yang diberikan, sebaliknya ketika terlalu banyak juga kurang efektif bahkan akan memperbesar biaya operasional karena membengkaknya biaya gaji.

Yang perlu diketahui bersama manajemen SDM tidak hanya untuk jangka pendek saja, tetapi juga untuk jangka panjang. Karena nantinya perlu dilakukan perencanaan untuk menggantikan karyawan yang sudah tidak produktif lagi.

Ketika perusahaan sudah mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan dan yang diinginkan, maka perusahaan akan melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan atau skill yang dimiliki karyawan. Khususnya keahlian terkait dengan posisi yang akan ditempatinya.

Ketika sudah diberi pelatihan, maka karyawan akan melakukan tugasnya. Dalam manajemen SDM belum selesai sampai disini, karyawan harus tetap diperhatikan agar kinerjanya produktif dan sesuai dengan SOP. Setelah beberapa minggu bekerja, baru dievaluasi terkait kinerja karyawan tersebut.

Manajemen SDM dari mulai perencanaan sampai dengan evaluasi merupakan sebuah proses yang harus diperhatikan, ketika dari perencanaannya sudah sangat baik dan matang, dilanjutkan dengan seleksi karyawan yang ketat, hanya karyawan yang berkualitas dan berpotensi saja yang diterima kemudian karyawan tersebut diberi pelatihan sehingga memiliki etos kerja yang baik maka dapat dipastikan akan mendukung keberhasilan sebuah perusahaan dalam mewujudkan tujuannya.

Kita kembali lagi ke bagian tengah terkait dalam menyeleksi karyawan. Berdasarkan video yang saya tonton di Youtube, seorang CEO pernah mengatakan bahwa kunci kesuksesan adalah dengan menemukan berlian yang ada pada dirinya.

Berlian? Setiap manusia diciptakan oleh Allah swt dengan dua tujuan utama, beribadah dan sebagai khalifah dimuka bumi. Beribadah sudah jelas dan pasti, nah yang khalifah ini yang perlu dibahas karena memiliki makna yang luas.

Khalifah juga berararti orang yang mengatur bumi, dalam mengatur bumi tidak mungkin dilakukan sendirian perlu peran dari berjuta-juta orang dengan karakternya masing-masing. Tidak mungkin untuk mengatur bumi semua orang harus jadi dokter semua, atau jadi guru semua. Diperlukan peran-peran dari masing-masing orang, ada yang jadi dokter, guru, tentara, pengusaha, karyawan dan lain sebagainya.

Allah menitipkan berlian ini kepada masing-masing orang, artinya setiap orang memiliki berlian yang berbeda-beda. Ada yang berliannya berupa bakat mengajar, maka ia sukses bila menjadi guru, ada orang yang berliannya memimpin maka ia akan sukses menjadi pemimpin. Berlian ini mungkin lebih kita sebut sebagai bakat alami.

Nah itu hanya pembuka saja, dalam memilih karyawan juga begitu. Seorang manajer akan sukses apabila mengetahui bakat yang dimiliki calon karyawan. Kesuksesan ini akan terjadi ketika seorang manajer berhasil memilih karyawan yang memiliki bakat sesuai dengan posisi yang diinginkan. Contoh, orang memiliki bakat memotret, maka ia pantas menjadi fotografer.

Dari uraian diatas juga mengindikasikan bahwa pemilihan karyawan merupakan faktor penting dalam menunjang kesuksesan sebuah bisnis.

Read more

Suka Minum Minuman Manis? Baca deh artikel ini!!

Suka Minum Minuman Manis? Baca deh artikel ini!! - Minuman yang manis mungkin telah menjadi minuman kita sehari-hari, bila tak manis kurang mantep, mungkin begitulah anggapan sebagian orang. Tapi tahukah anda? bahwa minuman yang manis kurang baik untuk kesehatan?

Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi minuman manis secara rtuin setiap minggu minimal dua kali dapat menyebabpak berbagai penyakit dari mulai diabetes, tekanan darah tinggi, jantung bahkan sampai stroke. Terlebih lagi apabila anda juga termasuk orang yang memiliki berat badan berlebih ata obesitas.

Minuman manis yang lebih berbahaya lagi adalah minuman seperti soda, atau minuman botol yang instans yang bisa kita temukan di warung-warung dan minimarket.

Minuman Manis Bersoda
Minuman Manis Bersoda

Para peneliti juga mengatakan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi minuman manis secara rutin akan menyebabkan penuruan sensitivitas insulin sebesar 17 persen. Selain itu juga terlalu sering mengkonsumsi minuman manis dan minuman bersoda dapat meningkatkan risiko terjadi hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Kebetulan juga saya juga ngga suka manis, setiap minuman manis maka rasanya ingin muntah. Ngga tahu kenapa, mungkin karena memang udah manis kali yaa.. :)
Read more

Lidah Kegigit Itu Sakitnya Ngga Nahann...

Lidah Kegigit Itu Sakitnya Ngga Nahann - Studi banding merupakan hal yang tidak begitu asing mahasiswa, terutama bagi mereka mahasiswa para pejuang ormawa. Belum ada satu hari saya habis studi banding ke unsoed. Ada sedikit cerita ketika saya makan di sebuah rumah makan.

Waktu itu saya sempat membeli mendoan di tempat wisata, karena waktunya sudah mepet akhirnya mendoan itu kami bungkus. Wowww, emang enak mendoan di banyumas, terlebih lagi ada krispy-krispynya gitu dan ada sambal kecapnya yang membuat rasanya semakin nikmat.

Lidah Kegigit Itu Sakitnya Ngga Nahann...
Lidah Kegigit Itu Sakitnya Ngga Nahann...


Ketika makan tak sengaja, entah gimana ceritanya aku juga tak tahu lidah saya kegigit,. Uhhhhhh, cuil lidahku.. darahnya sampai netes-netes, wkwk sampai setengah jam lebih merah-merahnya keluar.

Sebotol aqua ada di gengaman tangan kiriku, setiap 5 menit sekali kugunakan untuk berkumur. Itu kulakukan sampai air yang diaqua habis..

Jreengg.. suaru mesin bus rombonganku yang baru saja dihidupkan, menandakan beberapa saat lagi akan berangkat melanjutkan perjalanan pulang.

Waaduuhh, darahku belum mampet, perutku juga udah mual.. Takutnya kalau nanti diperjalanan malah terkapar.

Akhirnya, dengan mengucap bismilah dan keterpaksaan aku naik ke bus. Setiap merah-merah yang keluar kutelan bersama ludah. Rasa asin dan sedikit amis membuatku semakin mual, aku hanya terdiam dan tertidur dipojok belakang bus.

Akhirnya ngga tahu, selang beberapa menit lidahku tidak mengeluarkan merah-merah lagi. Sedikit lega, sisa perjalanan pulang akhirnya bisa aku gunakan lagi untuk bercanda dengan teman seperjuangan walaupun terkadang terdiam karena tidak ada hal yang bisa dibahas. 
Read more

Ingin Sukses? Jangan takut memiliki impian yang besar

Ingin sukses? Jangan pernah takut memiliki impian yang besar, karena orang yang sukses pasti memiliki mimpi yang besar - HARAPAN dan impian adalah dua kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Bagaimana tidak, saya yakin semua orang ini pasti memiliki harapan dan impian. Seperti impian untuk sukses, impian menjadi dokter, dan masih banyak lagi. Sayangnya tidak semua orang yang memiliki impian tersebut, melakukan usaha untuk mewujudkan impiannya. Hanya sebagian saja yang berusaha keras untuk mewujudkannya.

Percayalah bahwa setiap manusia pasti memiliki harapan dan impian, karena tanpa adanya harapan pasti hidupnya tidak bersemangat. Mungkin orang yang tidak memiliki harapan seperti orang yang akan mati bunuh diri, orang tersebut menganggap bahwa tidak ada harapan lagi untuk hidup sehingga mereka lebih memilih mati bunuh diri.

Impian dan Harapanku
Impian dan Harapanku
Orang yang sekarang ini sukses adalah orang yang dulunya memiliki impian yang besar untuk sukses. Mereka memiliki impian yang mungkin dianggap gila oleh orang-orang disekitarnya, tetapi karena mereka tidak pernah menyerah dan bekerja keras akhirnya kesuksesn itupun dapat diraihnya. Intinya mereka tidak hanya berdiam, berdoa dan berharap agar impiannya dapat terwujud. Akan tetapi mereka bekerja keras dan berusaha untuk mewujudkan impiannya.

Kalau anda ingin semangat dalam menjalani hidup ini maka bermimpilah, karena harapan dan impian dapat memotivasi anda untuk lebih bersemangat dalam hidup. Impian akan membuat hidup anda lebih berarti. Semakin besar impian anda semakin besar pula semangat anda.

Jangan takut untuk bermimpi, dan percayalah bahwa anda dapat mewujudkan impian anda. Impian dapat terwujud kalau anda mau berusaha untuk mewujudkannya, jangan lupa juga untuk berdoa kepada Allah swt agar semua impian kita dapat terwujud dan dimudahkan dalam meraihnya.

Jangan menyerah sebelum impian anda terwujud, jangan putus asa dan jangan pernah mengeluh. Ingatlah bahwa jalan menuju kesuksesan itu tidak mudah, ada banyak rintangan yang harus anda hadapi. Bila anda menyerah sebelum sampai ke tujuan, tentu impian itu hanya akan menjadi angan angan belaka. Dan tidak pernah menjadi kenyataan selama-lamanya. Tetapi tenang, anda masih punya kesempatan untuk bangkit dan mencobanya lagi.
Read more