pengusaha paling sukses

24 Pengusaha Paling Sukses di Indonesia dan Dunia

Diposting pada 735 views

24 Pengusaha Paling Sukses di Indonesia dan Dunia – Umumnya, orang-orang sukses yang akan saya sebutkan namanya nanti memiliki latar belakang yang hampir sama dalam merintis usahanya. Mereka semua melalui berbagai hal rumit, tantangan dan rintangan yang selalu ada didepannya.

Tapi inilah yang membuat mereka bisa meraih kesuksesannya seperti yang bisa kita lihat saat ini. Mereka memanfaatkan kemampuan yang telah Tuhan berikan kepada orang-orang tersebut dan mereka mau dan menyadari kemampuan yang ada pada dirinya yang kemudian digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada.

Nah dalam artikel ini saya juga akan menyertakan mengenai kisah dibalik kesuksesan mereka, apa rahasianya dan apa pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka, untuk itu artikel ini sangat patut untuk sahabat baca.

Langsung saja kita mulai ulasan tentang pengusaha paling sukses di dunia berdasarkan sumber terpercaya.


10 Pengusaha Paling Sukses Di Dunia

Siapa sajakah pengusaha paling sukses di dunia, berikut ini kami sebutkan 10 orang yang merupakan pengusaha paling sukses dengan kekayaan yang sangat luar biasa.

1. Bill Gates

Bill gates - pengusaha sukses dunia

Siapa yang tidak tahu Bill Gates? Ya orang yang memiliki pengaruh besar bagi perusahaan Microsoft, salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar didunia saat ini yaitu sebagai pendiri sekaligus BOS. Bill Gates lahir di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955.Bill Gates kecil sangat gemar sekali dengan yang namanya bahasa komputer atau pemrograman.

Bill Gate bersama temannya mendirikan Microsoft Corporation yang hingga saat ini kita kenal dengan nama yang sama.Bill gates dikenal sebagai manusia paling kaya di dunia, dia pernah menduduki dudukan sebagai manusia terkaya selama 16 kali dalam 21 tahun terakhir.

Kekayaan yang dimiliki bill gates sangat besar, data terakhir menyebutkan bahwa bill gates memiliki kekayaan yang mencapai USD 80,1 Miliar atau sekitar Rp 1.051 triliun. 

Awalnya Bill Gates bukanlah siapa-siapa, hanya seorang yang gemar mengotak-atik suatu program, mempelajarinya, membuat sebuah permainan sederhana dan lainnya, tapi karena kesungguhannya dalam melakukan suatu usaha, sekarang ini kita bisa melihat betapa kayanya dia, dan berikut ini beberapa fakta mengenai Bill Gates :

  • Bill Gates memperoleh penghasilan sekitar 4 juta rupiah setiap detiknya.
  • Kekayaan Bill Gates bisa digunakan untuk membayar utang negaranya sekitar US$5,62 triliyun hanya dalam 10 tahun.
  • Jika Bill Gates diibaratkan sebuah negara, maka dia akan menjadi negara terkaya didunia nomor 37.

2. Carlos Slim Helu

Carlos-Slim-Helu

Dia merupakan salah seorang pengusaha sukses asal Meksiko. Ia sempat menjadi orang terkayar didunia tahun 2013 mengalahkan Bill Gates. Pria yang lahir pada 28 Januari 1940 ini merupakan seorang usahawan yang bergerak pada bidang telekomunikasi.

Dia merupakan pengendali 3 perusahaan telekomunikasi besar yaitu Telefonos de Mexico (Telmex), Telcel dan America Mcvil.Keahlian berbisnis Carlos diturunkan dari ayahnya Yusef Salim Haddad yang merupakan pebisnis yang cukup baik pada masa itu.Kekayaan dari Carlos Slim Helu mencapai US$ 67,8 Milliar. Itung sendiri ya kalau dirupiahkan berapa.

Kalau misal saja 1 milyar US dolar itu sama dengan 13.500.000.000.000 atau 13 triliun (dengan kurs dolar 13.500).  Kalau 67,8 USD berapa? Itung sendiri, gue capek.. wkwk.

Pada tahun 1990 an, dia membeli sebuah perusahaan telekomunikasi milik pemerintah yang sekarang ia kelola yang bernama Telmex. Pada awalnya, keadaan perusahaan tersebut sangat kacau dan berada diambang kebangkrutan.

Nah dari situlah Carls Slim Helu turun dan langsung membenahi berbagai hal yang selanjutnya membuat perusahaan ini menjadi ladang uang baginya.

Nah kita bisa mengambil sebuah sikap dari seorang pengusaha bernama Carlos Slim Helu, yaitu keberaniannya dalam mengambil resiko. Dengan keberaniaanya tersebut, sekarang kita bisa melihat kesuksesan yang didapatkannya yaitu berupa kekayaan yang jumlahnya sangat banyak.

3. Amancio Ortega

Amancio Ortega

Tokoh ini mengingatkan kita untuk tidak menyepelekan orang lain, apapun latar belakangnya.

Ya Amancio Ortega, siapa sangka orang yang dahulunya sempat putus sekolah sekarang ini memiliki kekayaan mencapai US$ 57 miliyar dan menjadi 5 besar orang terkaya dunia saat ini.Amancio Ortega menjalankan bisnis dalam bidang fashion dengan menghasilkan “Zara” salah satu merek fashion terkenal di dunia saat ini.

Pria berkebangsaan Spanyol ini lahir pada tanggal 28 Maret 1936 dari keluarga yang miskin. Hal itulah yang membuatnya putus sekolah saat usianya masih 13 tahun.

Masa kecil Ortega memiliki keterkaitan dengan usaha yang digelutinya saat ini, awalnya ia hanya menjadi pengantar kain atau pakaian yang telah dibuat. Nah hal itulah yang membuat Ortega tertarik dengan dunia Fashion.

4. Warren Buffett

Warren-buffett-pengusaha-paling-sukses

Beliau lahir pada tanggal 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Walaupun kekayaan dari Warren Buffet bertambah menjadi sekitar 53,5 miliar dollar AS, tapi justru peringkatnya turun satu tangga.

5. Larry Ellison

Larry-ellison-pengusaha-sukses-dunia

Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini lahir pada tanggal 17 Agustus 1944 di Manhattan, New York ini adalah salah satu Pendiri sekaligus CEO dari perusahaan database Oracle Corporation. Kekayaan pria in mencapai 43 miliar dollar AS dan membuatnya naik satu peringkat.

6. Charles Koch

Charles Koch

Pria ini lahir pada tanggal 1 November 1935 di Amerika. Ia adalah seorang filantropis yang cukup fantastis. Dari usahanya tersebut, Koch mampu meraup pundi-pundi sekitar 34 miliar dollar AS dan menduduki peringkat 6 orang terkaya dunia versi majalah forbes.

7. David Koch

david-h-kock

David merupakan adik dari Charles Koch. Sama seperti kakaknya, ia juga seorang filantropis dan juga aktif sebagai aktivis politik. Ia lahir pada tanggal 3 Mei 1940 dan memiliki pundi-pundi kekayaan sekitar 34 miliar dollar AS yang kemudian membawa namanya masuk dalam orang terkaya didunia. Uniknya, sebelumnya David Koch belum pernah masuk dalam kategori orang terkaya versi Forbes ini.

8. Li Ka Shing

li-ka-shing

Orang yang mendapat julukan orang China terkaya didunia ini lahir pada tanggal 13 Juni 1928 di Hongkong. Pada tahun 2013, kekayaan Li Ka Shing tercatat mencapai kurang lebih 31 miliar dollar AS yang membawa namanya naik satu peringkat dari tahun sebelumnya.

9. Liliane Bettencourt

Tahu produk kecantikan bernama L’Oreal? Ya kisah dibalik suksesnya produk kosmetik tersebut tidak terlepas dari nama Liliane Bettencourt. Ia lahir pada tanggal 21 Oktober 1922. Kekayaannya mencapai 30 miliar dollar AS dan menempatkannya menjadi 10 besar orang terkaya didunia.

10. Bernard Arnault

Pria ini lahir pada tanggal 5 Maret 1949 dan menjadi CEO dari sebuah perusahaan besar yang memproduksi barang-barang mahal dan mewah yaitu LVMH.

Posisi dari Bernard Arnault sebagai orang terkaya didunia merosot ke posisi sepuluh setelah sebelumnya menduduki peringkat 4 di tahun 2012. Hal itu karena jumlah kekayaannya yang turun hampir 50% menjadi sekitar 29 miliar dollar AS.

14 Pengusaha Paling Sukses di indonesia

1. Bong Chandra

bong-chandra

Pemuda yang lahir tanggal 25 oktober 1997 ini lebih dikenal seorang motivator yang mana dia telah mendapatkan penghargaan motivator termuda se Asia. Ceritanya pun berawal dari ketika dia berjualan kue dan baju, Bong Chandra akhirnya menyadari bakatnya didalam bidang motivator, akhirnya dia pun memberanikan diri untuk dapat membuka pelatihan motivasi bersama dengan rekan-rekannya. 

2. Purdi E Chandra

Purdi E Chandra

Siapa sih yang tidak tau dengan lembaga bimbingan belajar bernama Primagama,  yap Purdi E Chandra adalah sosok di balik berdirinya sebuah lembaga bimbingan belajar Primagama tersebut,  yang mana dia juga telah mendapatkan rekor MURI sebagai perusahaan lembaga bimbingan belajar paling besar di Indonesia. Pada awalnya Primagama hanya dapat memiliki 2 murid saja, Tapi dari berkat usaha dan juga keuletan Purdi E Chandra sehingga bimbingan belajarnya bisa berkembang pesat.

Baca juga : Cara Menjadi Pedagang Sukses

3. Chairul Tanjung

chairul tanjung

Siapa juga yang tidak kenal dengan sosok Chairil Tanjung, atau yang sering di sapa degan CT? ya dialah merupakan salah satu pengusaha besar di negara Indonesia berkat kerja kerasnya CT  akhirnya mempunyai beberapa buah usaha yang sampai menguasai pasar indonesia.

Ketika masa kuliah Chairil Tanjung telah mulai berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan juga dia membuka sebuah usaha foto copy, dan dengan kegigihan akhirnya dia dapat membuka sebuah perusahaan bekerja sama dengan tiga rekannya, tapi akibat belum puas dengan apa yang diraihnya pada saat itu akhirnya dia bertekad untuk meningkatkan usahanya. 

Pengusaha ini lahir pada tanggal 16 Juni 1962 di Jakarta. Ia sempat menjadi Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa. Chairul Tanjung sekarang ini menggeluti 3 ladang bisnis sekaligus yaitu keuangan, properti dan multimedia.

Dengan kepiawaiannya tersebut membuat namanya muncul sebagai orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes dengan total kekayaan mencapai US$ 4,8 miliar.

Perusahaannya CT Corp merupakan perusahaan yang menjadi ayah dari perusahaan-perusahaan besar lain seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources. Ia semakin terkenal berkat ditunjuk oleh SBY pada tahun 2014 untuk menjadi menteri perekonomian, selain itu juga ia memiliki buku “Si Anak Singkon” yang laris manis di pasaran Indonesia.

4. Elang Gumilang

elang gumilang

Elang Gumilang merupakan sosok yang sangat sukses dalam mengembangkan sebuah bisnis berupa properti, sebagai developer sebuah perumahan dan juga pemuda ini sukses dalam membidik orang-orang yang kurang mampu, dan juga dengan cara menawarkan perumahan murah tipe 20/60.

Hanya dengan bermodalkan uang 30 jutaan orang telah bisa memiliki hunian yang sangat nyaman untuk menjadi tempat berlindung dari panas serta hujan. Pemuda yang lahir di daerah Bogor ini akhirnya pada tanggal 6 april 1985 ini mempunyai keuntungan sekitar 20 milyar tiap tahunnya.

5. Reza Nurhilman

reza nurhilman

Pemuda yang sangat familiar dengan panggilan AXL ini cukup terkenal dengan berbagai macam produk keripik pedasnya (Makicih).

Hanya dengan bermodalkan 50 juta saja dia dapat memproduksi sekitar 50 bungkus keripik setiap harinya, dan dia juga dapat memasarkan produknya lewat media online.

Dan berkat kerja keras dan keuletannya akhirnya sekarang ini AXL sudah memiliki beberapa macam produk unggulan seperti produk keripik singkong pedas (level 3,5, dan 10), gurilem, seblak dan Baso goreng dan lain sebagainya. 

Baca juga : 20 Sifat Seorang Wirausahawan Sukses

6. Handy Setiono

handy setiono

Jatuh bangun juga sempat dirasakan oleh seorang bernama Hendy Setiono saat dia waktu memulai bisnisnya.

Akhirnya Hendy merintis sebuah usaha dalam bidang kuliner kebab turki, kuliner yang berasal dari timur tengah itu pun di modifikasi dengan sedemikian rupa agar nanti rasanya cocok dengan lidah orang indonesia.

Dan pada saat mulai usaha di bidang kuliner ini Hendy juga sempat di tipu oleh seorang karyawannya sendiri, Dia pernah juga pernah merasakan di tinggal oleh karyawannya dan hingga akhirnya dia dan istrinya harus rela terjun langsung untuk berjualan. 

7. Sandiaga Uno

sandiaga uno

Sandiaga Uno lahir di Rumbai Pekanbaru pada tanggal 28 juni 1969. Tentu kamu tidak terlalu asing dengan sosok ini kan, Sandiaga memulai usahanya karena kepepet, tempat di mana dia bekerja mengalami kebangkrutan sehingga dia kena pemutusan hubungan kerja.

Setelah keluar dari tempat kerja Sandiaga mendirikan perusahaan di bidang konsultasi keuangan PT Saratoga Advisor bersama rekannya. 

8. Bob Sadino

pengusaha sukses di Indonesia

Walaupun beliau sudah tiada, tapi tidak ada salahnya untuk menempatkan beliau di posisi pertama dari list ini. Bob Sadino lahir pada tanggal 9 Maret 1933 di Tanjungkarang Lampung dan beliau wafat pada tanggal 19 januari 2015 kemarin. Beliau melakukan usaha pada bidang pangan dan peternakan, ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Hal yang unik dari pria yang kerap dipanggil Om Bob ini adalah kebiasannya yang sering memakai celana pendek dan kemeja lengan pendek.  

Sangat besar sekali jasa Om Bob bagi Indonesia, ia adalah orang yang memperkenalkan pertama kali telur ayam negeri di Indonesia, bahkan sampai kedunia. Beliau juga orang pertama yang memperkenalkan perladangan sayur Hidroponik di Indonesia.  

Ia sudah meninggal pada 19 Januari 2015 kemarin, ia dikabarkan meninggal karena beberapa penyakit yang dideritanya. Ia bisa sukses sampai sekarang bukan tanpa perjuangan, ia melalui berbagai rintangan yang berat sehingga ia bisa sukses sampai sekarang. Ia pernah menjadi supir, kuli bangunan. Hingga sekarang ini ia menjadi tokoh yang sangat sukses, berikut ini adalah karirnya yang terakahir :

  • Pemilik Tunggal Kem Chicks (supermarket) (1969-sekarang)
  • Dirut PT Boga Catur Rata
  • PT Kem Foods (pabrik sosis dan ham)
  • PT Kem Farms (kebun sayur)

9. Gita Wirjawan

gita wirjawan

Pria ini lahir pada tanggal 21 September 1965 di jakarta. Usaha beliau yaitu bergerak pada bidang finansial yaitu dengan mendirikan perusahaan bernama Ancora Capital.

Tidak butuh waktu lama Gita untuk membangun perusahaan tersebut, hanya dalam hitungan bulan saja, beliau sudah bisa menguasai perusahaan-perusahaan sebesar PT Bumi Resources, Apexindo Pratama Duta, Multi Nitrat Kimia dan beberapa perusahaan properti lain.

Ini membuktikan bahwa Gita Wirjawan memang cocok sekali dengan dunia usaha yang digelutinya saat ini. Di tahun 2011 ia menjadi menteri perdagangan yang ditunjuk oleh Presiden SBY waktu itu.

Baca juga : Kata Motivasi Bisnis Yang Menambah Semangat dan Sukses

10. Mochtar Riady

mochtar riyadi

Pria yang lahir di Malang 12 Mei 1929 ini merupakan pendiri dari perusahaan Lippo Group, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang properti. Dengan keberhasilannya mengelola perusahaan Lippo Group, membawa namanya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 2.2 miliar.

11. Eka Tjipta Widjaja

eka pengusaha sukses

Beliau lahir pada tanggal 3 Oktober 1923 di Quanzhou, Fujian, China. Ia adalah pendiri sekaligus pengendali dari perusahaan Sinarmas Group. Dengan kesuksesannya dalam dunia usaha, membuat namanya masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia versi majalah forbes.

12. Anthony Salim

anthony salim

Ia adalah pemimpin sekaligus pendiri dari Salim Group. Kekayaanya mencapai US$ 5,4 miliar di usianya yang menginjak 66 tahun. Baru-baru ini Salim Group membeli 34% kepemilikan pabrik gula Filipino Roxas. Berkat keuletannya dalam menjalani bisnis, membuatnya masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

13. Budi Hartono

budi hartono

dan orang terakhir yang masuk daftar 7 pengusaha paling sukses di Indonesia adalah Budi Hartono dan keluarga. Ia menjadi orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 15,4 miliar. Pria ini mampu bertahan selama 7 tahun berturut-turut menjadi orang paling kaya di Indonesia.

Terimakasih sudah membaca artikel berjudul “Pengusaha Paling Sukses di Indonesia dan di Dunia”, baca juga artikel yang lain :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.