arti pcs pieces

Arti PCS dalam Satuan Barang dan Contoh Penggunaannya

Diposting pada 6,092 views

PCS adalah singkatan dari pieces, yang dalam bahasa Indonesia berarti potongan atau lembar. PCS digunakan sebagai satuan untuk menyatakan jumlah barang atau isi dalam suatu kemasan produk. PCS bisa mewakili berbagai jenis barang, baik yang berbentuk potongan, lembaran, buah, kepingan, dan sebagainya.

PCS menjadi satuan yang umum digunakan dalam perdagangan, khususnya untuk barang-barang yang berukuran kecil atau mudah dihitung. Misalnya, pensil, kertas, baju, sepatu, dan sebagainya.

Contoh penggunaan PCS dalam satuan barang adalah sebagai berikut:

  • 1 PCS baju = 1 lembar baju
  • 12 PCS pulpen = 12 buah pulpen
  • 100 PCS kertas = 100 lembar kertas
  • 24 PCS botol minum = 24 buah botol minum

PCS juga sering ditulis dengan huruf kecil (pcs) atau dengan titik (p.c.s) tanpa mengubah artinya. PCS juga sering didahului dengan kata content (isi), quantity (kuantitas), atau cnt (singkatan dari content) untuk menunjukkan jumlah barang dalam suatu kemasan. Misalnya:

  • Content: 2 pcs tas
  • Quantity: 50 pcs pensil
  • Cnt: 10 pcs DVD

Demikian penjelasan singkat tentang arti PCS dalam satuan barang. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sering berbelanja online atau menjual barang secara online.

Contoh Satuan Barang Yang Lain Selain PCS

Beberapa contoh satuan barang lain selain PCS adalah:

  • LTR (liter), untuk barang cair seperti minyak, bensin, susu, dan sebagainya.
  • KG (kilogram), untuk barang padat yang beratnya bisa diukur dengan timbangan, seperti beras, gula, tepung, dan sebagainya.
  • MTR (meter), untuk barang panjang yang bisa diukur dengan meteran, seperti kain, kabel, pipa, dan sebagainya.
  • DUS (dus), untuk barang yang dikemas dalam kotak atau dus, seperti buku, alat tulis, mainan, dan sebagainya.
  • KAR (karung), untuk barang yang dikemas dalam karung atau sak, seperti garam, pupuk, pasir, dan sebagainya.

Menggunakan satuan barang yang tepat sangat penting dalam dunia perdagangan. Hal ini karena satuan barang mempengaruhi harga jual, biaya pengiriman, penyimpanan, dan penghitungan stok barang. Jika satuan barang tidak sesuai dengan karakteristik barang tersebut, maka bisa menimbulkan kesalahan atau kerugian bagi penjual maupun pembeli.

Misalnya, jika kita menjual pensil dengan satuan KG, maka kita harus menimbang setiap pensil yang kita jual. Hal ini tentu tidak efisien dan memakan waktu. Selain itu, harga jual pensil per KG mungkin tidak sesuai dengan nilai pensil itu sendiri. Jika kita menjual pensil dengan satuan PCS, maka kita hanya perlu menghitung jumlah pensil yang kita jual. Hal ini lebih mudah dan cepat. Selain itu, harga jual pensil per PCS mungkin lebih sesuai dengan nilai pensil itu sendiri.

Oleh karena itu, kita harus memahami arti dan fungsi dari berbagai satuan barang yang ada. Kita juga harus menyesuaikan satuan barang dengan jenis dan karakteristik barang yang kita perdagangkan. Dengan demikian, kita bisa menjalankan bisnis kita dengan lebih lancar dan menguntungkan.

Arti kata lainnya:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.