Usaha ibu rumah tangga yang punya anak

15 Usaha Cocok untuk Ibu Rumah Tangga Punya Anak Kecil

Diposting pada 638 views

Usaha Cocok untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil – Menjadi ibu rumah tangga tidak menghalangi wanita untuk beraktivitas dan berkreasi sesuai dengan keinginan dan minat. Meskipun tidak bisa dimungkiri aktivitas ibu rumah tangga untuk mengurus keluarga setiap hari menyita banyak energi, tidak jarang ibu rumah tangga sampai merasa lelah.

Meskipun suami sudah mencari nafkah, wanita yang sudah terbiasa mandiri, tidak sedikit merasa bosan dengan rutinitas mengurus rumah sehari-hari. Oleh karena itu, para ibu rumah tangga membuka usaha yang bisa dikerjakan dengan fleksibel.


Artikel kali ini, mengulas usaha dan pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Bila kamu mempunyai anak kecil dengan waktu luang sedikit kamu tetap bisa menjalankan pekerjaan tersebut loh.

Usaha Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak sekali daftar usaha untuk ibu rumah tangga. Beberapa usaha bisa dilakukan di rumah tanpa mengganggu waktu bersama keluarga. Berikut beberapa contoh usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga:

1. Membuka Les Private atau Mengajar

Pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga yang pertama adalah membuka les private atau mengajar. Kamu tetap mempunyai waktu luang, karena waktu mengajar les private bisa fleksibel. Saat ini les private yang banyak dibutuhkan adalah mata pelajaran sekolah, namun tak di bisa dimungkiri kamu yang mempunyai bakat tertentu misalnya, musik, menggambar dan memasak bisa juga membuka les private bakat.

2. Designer Grafis

Kebutuhan desain di era digital saat ini makin tinggi, apalagi hampir setiap usaha mempunyai media sosial. Konten yang visual pasti akan lebih menarik minat konsumen, hal inilah yang mendorong tingginya permintaan designer grafis. Bila kamu ingin memulai terjun menjadi designer grafis, kamu bisa mencari lowongan kerja yang bisa dikerjakan di rumah (Work From Home). Kamu bisa memulai dengan membuat portofolio desain konten instagram, karena relatif mudah dan banyak dicari saat ini.

3. Membuka Toko Online

Ide usaha bagi ibu rumah tangga yang sudah tidak asing lagi adalah membuka toko online. Kamu bisa memulainya dengan riset produk yang ingin kamu jual, mencari supplier (bisa dilakukan secara online dan offline) dan membuat foto produk. Sudah banyak sekali tutorial membuka toko online agar berhasil cuan, kamu bisa mencari info lengkapnya di Google.

4. Video Editor

Pekerjaan video editor juga bisa dikerjakan secara remote (Work From Home). Sudah banyak perusahaan dan youtuber yang membutuhkan tim untuk posisi video editor.                                                      

5. Youtuber

Coba teman-teman perhatikan berapa banyak ibu rumah tangga yang menjadi youtuber? Sudah banyak sekali. Kamu bisa memulainya dengan membuat beberapa video, membagikan melalui media sosial dan mencari tahu topik video mana yang sesuai dengan keinginanmu namun tetap dicari penonton. Bila kamu tidak mempunyai laptop dan kamera, kamu bisa menggunakan smartphone sebagai kamera dan alat edit video.

6. Blogger

Menulis di blog bisa juga menjadi sumber penghasilan bagi siapa pun termasuk ibu rumah tangga. Bahkan, ada juga komunitas blogger ibu rumah tangga. Menghasilkan uang melalui blog dapat melalui adsense, content placement, lomba blog dan review produk atau event.

7. Selebgram atau Influencer

Membagikan konten melalui media sosial dapat menjadi sumber penghasilan. Selebgram mendapatkan cuan dari endorse dan review produk.

8. Fotografer

Kebutuhan fotografer banyak sekali loh. Kamu bisa menjadi fotografer produk, makanan, acara pernikahan, ulang tahun, bayi dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih spesialisasi fotografer yang paling kamu minati.

9. Admin Media Sosial

Hampir semua UMKM, perusahaan hingga pemerintahan mempunyai akun media sosial. Admin media sosial bertugas untuk merancang konten, mengedit video dan foto, berkomunikasi dengan pengunjung, membuat caption hingga menaikkan engagement.

10. Usaha Kuliner

Makanan merupakan kebutuhan utama yang banyak dicari. Usaha kuliner saat ini makin pesat, apalagi kemunculan berbelanja makanan secara online makin memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka.

Baca Juga: Cara Menabung di Rumah Dengan Cepat dan Banyak

Usaha Cocok untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Mempunyai anak kecil bukanlah halangan bagi ibu rumah tangga yang ingin bekerja. Namun, kamu butuh support system dari lingkungan sekitarmu.

Mengurus bayi dan anak kecil membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit. Pekerjaan dengan waktu yang fleksibel sangat cocok untuk ibu yang mempunyai anak kecil. Berikut beberapa usaha yang bisa kamu lakukan:

1. Content Writer

Berbekal kemampuan menulis kamu bisa menghasilkan cuan. Lowongan pekerjaan sebagai content writer sangat banyak sekali kita jumpai di media sosial seperti instagram, kamu bisa coba mencarinya mulai sekarang. Bila, kamu senang menulis namun belum mempunyai pengalaman, coba siapkan beberapa portofolio artikel buatanmu.

2. Berjualan Data Internet dan Token Pulsa

Berjualan data internet dan pulsa sangat mudah kamu lakukan. Sambil mengurus bayi atau anak kecil di rumah, kamu bisa membuka usaha pulsa di depan rumah.

3. Membuka Toko Sembako

Sembako salah satu kebutuhan yang tidak ada habisnya. Sesuaikan jam buka toko dengan kesibukan Anda sebagai ibu rumah tangga. Sediakan barang dagangan yang lengkap agar pembeli datang kembali ke tokomu.

4. Usaha Frozen Food

Usaha frozen food cocok untuk ibu rumah tangga yang mempuyai anak kecil. Berbeda dengan usaha kuliner berjualan makanan matang di mana penjual harus membuatnya setiap hari, usaha frozen food terbilang lebih praktis. Kamu bisa membuatnya tiga hari sekali hingga satu minggu sekali atau  disesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki. Kamu tidak perlu khawatir makanan busuk, karena daya tahan makanan frozen cenderung lama.

5. Berjualan Snack dan Minuman di Depan Rumah

Ide usaha ibu rumah tangga yang mempunyai anak kecil atau bayi selanjutnya adalah berjualan snack dan minuman di depan rumah. Ide usaha ini hanya membutuhkan modal kecil. Kamu bisa membeli beberapa snack, minuman sachet dan frozen food lalu kamu jual kembali di depan rumah. Saat mempunyai waktu luang, kamu bisa juga membuat olahan camilan sendiri dan menjualnya di warung milikmu. Meskipun terlihat usaha kecil, namun usaha ini untungnya juga lumayan loh.

Kesimpulan

Kegiatan ibu rumah tangga yang tidak ada hentinya terkadang membuat ibu merasa lelah. Tak jarang seorang ibu rumah tangga ingin tetap produktif meskipun mereka mempunyai anak kecil. Terdapat pula ibu rumah tangga yang harus bekerja untuk  membantu perekonomian keluarga. List daftar pekerjaan dan usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga di atas semoga membantu kamu untuk memilih usaha yang tepat. Saat sudah memulai usaha dan pekerjaan, penting sekali untuk bisa konsisten agar hasilnya maksimal.