Sistem Informasi Geografis Adalah: Pengertian dan Manfaat

Diposting pada 123 views

Sistem Informasi Geografis Adalah – Saat ini SIG (Sistem Informasi Geografis) semakin mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini karena kebutuhan informasi dalam bentuk grafis yang berkaitan dengan wilayah semakin memudahkan pihak terkait baik pribadi, pihak swasta dan pemerintahan untuk melakukan perencanaan dan pengambilan keputusan.

Teknologi SIG sangat memudahkan pengguna untuk menganalisa dan menemukan hubungan antar wilayah. Misalnya, dengan menggunakan SIG kita akan mengetahui suatu daerah yang sering terkena penyakit malaria, daerah mana saja yang akan berpotensi tertular penyebaran penyakit tersebut dan faktor penyebab penyakit malaria di daerah tersebut.


Artikel kali ini akan mengulas pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) dan manfaatnya.

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Dilansir dari Wikipedia, Sistem Informasi Geografis adalah informasi sistem komputerisasi yang memungkinkan penangkapan, pencontohan, pemanipulasian, penemuan kembali, penganalisisan dan presentasi data acuan geografis, sebagai fasilitas untuk menyiapkan, merepresentasikan, dan menginterpretasi fakta-fakta yang berkaitan dengan permukaan bumi.

Selanjutnya, dikutip dari ESRI, Sistem informasi geografis (SIG) adalah sebuah sistem yang membuat, mengelola, menganalisis dan memetakan semua jenis data. SIG menghubungkan data ke peta, mengintegrasikan data lokasi dengan semua jenis informasi deskriptif (seperti apa keadaan di sana). Hal Ini memberikan dasar untuk pemetaan dan analisis yang digunakan dalam sains dan hampir setiap industri.

Secara sederhana, SIG adalah sistem informasi yang mampu membuat, mengolah dan memetakan data yang mempunyai informasi spasial.

Manfaat Sistem Informasi Geografis

SIG mempunyai manfaat yang sangat berguna dalam pengambilan keputusan, inventarisasi sumber daya alam,pengelolaan lingkungan yang menguntungkan bagi hampir semua sektor industri, swasta dan pemerintahan. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat Sistem Informasi Geografis secara lebih lengkap:

1. Pengambilan Keputusan

Manfaat Sistem Informasi Geografis selanjutnya adalah pengambilan keputusan yang lebih baik. SIG memudahkan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan lokasi. Contohnya pemilihan lokasi pembangunan lahan, zonasi, konservasi, pemilihan rute dan ekstraksi sumber daya alam.

2. Manajemen Informasi

Pemerintah dan banyak perusahaan besar menggunakan produk SIG untuk berkomunikasi dan berbagi data. Geografi muncul sebagai cara baru untuk mengatur dan mengelola informasi. SIG mengubah cara organisasi dalam mengelola aset, melayani klien, membuat keputusan dan berkomunikasi. Contohnya, perusahaan minyak raksasa. Aset dan sumber daya perusahaan minyak dikelola sebagai sistem informasi perusahaan untuk mendukung tugas manajemen kerja dan menyediakan konteks yang lebih luas untuk manajemen aset dan sumber daya.

3. Inventarisasi Sumber Daya Alam

Sistem Informasi Geografis Bermanfaat Untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam

SIG juga bermanfaat dalam inventarisasi sumber daya alam antara lain: mengetahui persebaran sumber daya alam, persebaran kawasan lahan, penggunaan lahan dan pendistribusian sumber daya alam.

4. Mengetahui Persebaran Penduduk

Persebaran penduduk yang padat atau sedikit dapat dipantau polanya menggunakan SIG. Hal ini bisa bermanfaat untuk pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan seperti pengembangan pemukiman penduduk, sekolah, industri, rumah sakit, sarana hiburan dan sarana umum lainnya.

5. Pengawasan Daerah Bencana Alam

SIG untuk memantau bencana

Saat gunung berapi sudah dalam keadaan waspada, kemanakah masyarakat sekitar harus pergi agar terhindar dari bahaya? SIG berperan dalam mengetahui titik rawan bencana, mengidentifikasi wilayah yang aman untuk zona evakuasi, mengetahui jalur evakuasi, merencanakan wilayah untuk evakuasi. Selain itu, SIG juga bermanfaat dalam memprediksi ketinggian banjir, tingkat kekeringan dan bencana alam lainnya.

6. Pengelolaan Lingkungan

SIG bermanfaat dalam pengelolaan lingkungan yang meliputi pemetaan kondisi lingkungan, pengukuran, monitoring dan pemodelan tertentu. Peran SIG dalam pengelolaan lingkungan ini dapat kita lihat dalam aplikasinya, meliputi: pemetaan wilayah potensial SDA dan lingkungan hidup, pemetaan kawasan budidaya, pemetaan kawasan lindung, pemetaan wilayah erosi dan masih banyak lagi.

7. Peningkatan Pendidikan

SIG membantu siswa dan guru untuk mengintegrasikan dan mengevaluasi data dengan berbagai cara untuk mengembangkan teori dan pengetahuan baru. Bahkan pada jurusan kuliah tertentu misalnya Teknik Informatika, saat tugas akhir kelulusan mahasiswa bisa mengambil topik penelitian SIG. Mahasiswa dan dosen berdiskusi untuk menemukan solusi baru terhadap permasalahan spasial. 

8. Meningkatkan Komunikasi

SIG telah banyak membantu dalam meningkatkan komunikasi. Peningkatan komunikasi antara lain dalam berbagai departemen, tim, bidang profesional, organisasi dan pemerintahan.

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Kesimpulan

Saat ini SIG terus menerus mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik, bahkan bermunculan tentang berbagai Instansi Pemerintahan yang telah menggunakan Aplikasi SIG. Okey, itulah pengertian dan manfaat Sistem Informasi Geografis. Semoga bermanfaat.