faktor dan biaya pembeli

Faktor Faktor Biaya Pembeli dan Biaya Penjual

Diposting pada 605 views

Sebutkan Faktor Faktor Biaya Pembeli dan Biaya Penjual – Seorang pembeli ketika membeli suatu produk membutuhan biaya-biaya yang harus dikeluarkan, tidak hanya biaya produk saja. Misalkan saja suatu produk dihargai dengan 10 ribu, maka seorang pembeli sebenarnya tidak hanya mengeluarkan biaya 10 ribu saja, tetapi lebih dari itu. Biaya yang lain seperti tenaga, waktu, transportasi dan masih banyak lagi.  

Begitu juga apabila belanja secara online, maka kita juga menelurkan biaya yang lebih, biaya tambahan lain yang tidak kita sadari adalah biaya pencarian produk, ketika mencari suatu produk tentu kita memerlukan biaya, biaya quota maksudnya. Wkwkw. Lebih lengkap berikut ini adalah faktor biaya pembeli :  

Faktor Biaya Pembeli

1. Produk price (harga produk)

Adalah total jumlah biaya yang harus dibayar untuk memeli produk/jasa yang ditawarkan, di dalamnya termasuk biaya produksi, manajemen dan keuntungan.  

2. Search cost (Biaya pencarian produk)

Adalah biaya-biaya yang diperlukan pembeli untuk mencari produk/jasa, di dalamnya termasuk waktu, biaya dan tenaga. Sebagai contoh adalah ketika kita mencari suatu barang, misal ketika kita mencari suatu produk dari satu toko ke toko lain tentu disitu memerlukan biaya, nah biaya yang seperti ini yang sering kita lupakan.  


3. Risk cost (biaya resiko)

Faktor biaya yang harus diperhirungkan sehubungan proses/aktivitas pembelian. – Ada 3 macam biaya resiko : Economic risk : kemungkinan hilangnya uang dalam proses pembelian. Performance risk : kemungkinan tidak didpatkannya kalitas produk seperti yang diharapkan Personal risk : kemungkinan adanya kerugian lain yang dapat menimpa individu sehubungan dengan metode pembelian yang dipilih.

4. Distribution cost (biaya distribusi)

Biaya yang selanjutnya adalah biaya distribusi, misal biaya pengiriman produk yang harus ditanggung oleh pembeli.

5. Sales Tax (pajak penjualan)

Sebagian produk ada pajak yang harus ditanggung oleh pembeli, tetapi di Indonesia hanya produk tertentu yang ada pajaknya.   Nah, diatas tadi adalah faktor-faktor biaya pembeli, semoga bisa membantu anda dalam menjawab pertanyaan dari dosen anda.  

Faktor-Faktor Biaya Penjual

Faktor Biaya Penjual Dalam Pasar Digital – Ketika para pelapak menjual barang dagangannya, ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan oleh mereka. Biaya yang keluar untuk dapat menjual produk ini disebut dengan faktor biaya penjual, misal saja biaya distribusi, biaya produksi, biaya penyimpanan, biaya tetap, biaya advertising dan lain-lain.

1. Marketing and advertising cost (biaya pemasaran dan iklan)

Suatu produk atau barang untuk dapat dikenali oleh konsumen maka harus diiklankan atau dipasarkan.

Tanpa adanya pemberitahuan atau penyampaian informasi produk yang kita jual maka konsumen tidak akan mengetahui produk yang kita jual, mengetahui saja tidak apalagi melakukan pembelian.

So, biaya penjual yang pertama adalah marketing and advertising cost (baiaya pemasaran dan iklan).  

2. Overhead cost (biaya tetap)

Mungkin biaya pemasaran dan iklan biayanya bisa berubah-ubah tiap waktu, biaya yang bisa berubah-ubah ini bisa kita sebut sebagai biaya variable.

Biaya tetap merupakan biaya yang selalu atau tharus dikeluarkan oleh penjual, dan jumlahnya adalah tetap. Misal saja biaya sewa, biaya peralatan dan lain sebagainya.  

3. Inventory cost (biaya penyimpanan)

Penjual pasti memiliki persediaan atau stok barang untuk memenuhi permintaan dari konsumen. Bila tidak maka tentu penjual akan repot bila harus produksi ketika ada pesanan.

Semisal kita menyimpan barang di gudang, maka akan ada tambahan biaya yang biasa disebut dengan biaya gudang atau inventery cost (biaya penyimpanan).  

4. Production cost (biaya produksi)

Faktor biaya penjual yang selanjutnya adalah production cost atau biaya produksi, yaitu biaya yang diperlukan untuk mengubah produk yang semula dari bahan mentah menjadi barang jadi. Biaya produksi intinya adalah total biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu barang/jasa.   

5. Distibution cost (biaya distribusi)

Produk untuk sampai ke tangan konsumen perlu yang namanya distribusi, produsen bisa langsung ke tangan konsumen, bisa juga melalui perantara seperti melalui distributor, reseller maupun retailer.   

Nah berikut tadi adalah faktor biaya yang dimiliki oleh penjual, atau biaya-biaya yang diperlukan oleh penjual dalam menjual produknya sampai dengan produknya sampai ke tangan konsumen.  

Baca juga : Pengertian dan Penggolongan Biaya

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.