tugas admin dealer motor

8 Tugas Admin Dealer Motor Beserta Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 13,801 views

Admin dealer motor adalah salah satu posisi yang banyak dicari oleh para pencari kerja di Indonesia. Admin dealer motor bertanggung jawab untuk mengurus administrasi penjualan, pembelian, dan perawatan sepeda motor di dealer. Admin dealer motor juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, pemasok, dan karyawan dealer.

Jobdesk Admin Dealer Motor

Judul Pekerjaan: Admin Dealer Motor

Deskripsi Pekerjaan: Kami sedang mencari seorang Admin Dealer Motor yang bertanggung jawab dan terorganisir untuk bergabung dengan tim dealer motor kami. Sebagai Admin Dealer Motor, Anda akan memainkan peran kunci dalam menjalankan tugas administratif dan mendukung operasional dealer motor. Anda akan berinteraksi dengan pelanggan dan tim penjualan, serta memastikan efisiensi dalam menjalankan proses administratif.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Dealer Motor

  1. Mengelola administrasi harian dealer motor, termasuk memproses dokumen penjualan, mengatur dan menjaga kebersihan area kantor, serta menjawab pertanyaan pelanggan melalui telepon atau email.
  2. Membantu tim penjualan dalam proses pembelian motor, termasuk mengumpulkan dokumen, mengisi formulir, dan memastikan kelengkapan administrasi penjualan.
  3. Menangani proses registrasi dan pemindahan kepemilikan kendaraan dengan instansi terkait, serta mengurus asuransi kendaraan.
  4. Mengelola dan memelihara inventaris motor, termasuk memeriksa stok, melakukan pengecekan kelengkapan unit motor, dan mengkoordinasikan dengan tim teknisi jika ada perbaikan atau perawatan yang diperlukan.
  5. Mengelola dokumen pembayaran, seperti tagihan, faktur, dan pembayaran kepada pemasok atau vendor.
  6. Membantu dalam mempersiapkan laporan penjualan, penjualan aksesoris, atau laporan keuangan lainnya yang dibutuhkan oleh manajemen.
  7. Menyediakan pelayanan pelanggan yang baik dengan memberikan informasi tentang motor, menjawab pertanyaan pelanggan, dan menangani keluhan atau masalah pelanggan dengan cara yang profesional.
  8. Memastikan kepatuhan terhadap prosedur dan kebijakan yang ditetapkan oleh dealer motor.

Kualifikasi Admin Dealer Motor

  • Pengalaman kerja sebelumnya sebagai Admin Dealer Motor atau posisi administratif terkait di industri otomotif atau dealer kendaraan bermotor akan menjadi nilai tambah.
  • Pemahaman tentang proses penjualan motor dan dokumen yang terkait, seperti BPKB, STNK, atau surat-surat kepemilikan kendaraan.
  • Kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak atau sistem administrasi dealer motor, seperti program dealer management system (DMS) atau aplikasi POS yang terintegrasi.
  • Keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, untuk berinteraksi dengan pelanggan dan anggota tim.
  • Kemampuan organisasi dan manajemen waktu yang baik untuk menjalankan tugas administratif dan memprioritaskan pekerjaan.
  • Kemampuan numerik yang baik untuk melakukan perhitungan terkait harga motor, diskon, atau pembayaran.
  • Kedisiplinan, ketepatan, dan perhatian terhadap detail yang tinggi.
  • Kemampuan kerja dalam tim dan individu yang baik, dengan orientasi pada pelayanan pelanggan yang baik.
  • Kemampuan menggunakan komputer dan aplikasi perkantoran, seperti Microsoft Office (Word, Excel, dan PowerPoint) atau program serupa.

Selain keahlian di atas, untuk menjadi Admin Dealer Motor minimal Anda mengerti dan menguasai sedikit-sedikit tentang Otomotif. Kami merekomendasikan untuk belajar otomotif melalui channel YouTube BisaOtomotif TV. Silahkan bisa di subscribe!

Gaji Admin Dealer Motor

Salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh lulusan SMA atau sederajat adalah menjadi admin dealer motor. Pekerjaan ini menawarkan berbagai keuntungan, seperti mendapatkan pengalaman kerja, belajar mengurus administrasi, dan tentu saja mendapatkan gaji yang cukup menarik.

Namun, berapa sih gaji admin dealer motor di kota besar? Apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Apa saja faktor yang mempengaruhi besarnya gaji admin dealer motor? Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut secara lengkap dan mendalam.

Gaji admin dealer motor di kota besar tentu berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor, seperti lokasi, merek motor, penjualan, dan kinerja. Namun, secara umum, gaji admin dealer motor di kota besar berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

Gaji admin dealer motor di kota besar biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu gaji pokok dan insentif. Gaji pokok adalah jumlah uang yang diterima oleh admin dealer motor setiap bulan tanpa tergantung dari penjualan atau kinerja. Insentif adalah tambahan uang yang diberikan oleh dealer motor berdasarkan penjualan atau kinerja admin dealer motor.

Gaji pokok admin dealer motor di kota besar rata-rata sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per bulan. Insentif admin dealer motor di kota besar bervariasi tergantung dari merek motor, penjualan, dan kinerja. Insentif admin dealer motor di kota besar bisa mencapai Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta per bulan.

Berikut adalah tabel gaji admin dealer motor di beberapa kota besar di Indonesia berdasarkan data dari situs web pencarian kerja JobStreet.co.id:

KotaGaji MinimumGaji MaksimumGaji Rata-Rata
JakartaRp 2.500.000Rp 4.500.000Rp 3.500.000
BandungRp 2.000.000Rp 3.500.000Rp 2.750.000
SurabayaRp 2.000.000Rp 3.500.000Rp 2.750.000
MedanRp 1.800.000Rp 3.000.000Rp 2.400.000
MakassarRp 1.800.000Rp 3.000.000Rp 2.400.000

Tabel gaji admin dealer motor di atas dapat dijadikan sebagai acuan bagi para pencari kerja yang ingin melamar posisi ini di dealer-dealer motor di kota-kota besar di Indonesia.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaji Admin Dealer Motor

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya gaji admin dealer motor di kota besar, yaitu:

  • Lokasi: Gaji admin dealer motor di kota besar biasanya lebih tinggi daripada di kota kecil atau pedesaan. Hal ini karena biaya hidup di kota besar lebih mahal dan persaingan antara dealer motor lebih ketat. Selain itu, permintaan akan motor juga lebih tinggi di kota besar daripada di kota kecil atau pedesaan.
  • Merek Motor: Gaji admin dealer motor di kota besar juga dipengaruhi oleh merek motor yang dijual oleh dealer. Biasanya, merek motor yang lebih populer dan laris akan memberikan insentif yang lebih besar kepada admin dealer motornya. Sebaliknya, merek motor yang kurang populer dan laris akan memberikan insentif yang lebih kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.
  • Penjualan: Gaji admin dealer motor di kota besar juga tergantung dari jumlah penjualan yang dicapai oleh dealer motornya. Semakin banyak penjualan yang dilakukan oleh dealer motor, semakin besar insentif yang diterima oleh admin dealer motornya. Sebaliknya, semakin sedikit penjualan yang dilakukan oleh dealer motor, semakin kecil insentif yang diterima oleh admin dealer motornya.
  • Kinerja: Gaji admin dealer motor di kota besar juga dipengaruhi oleh kinerja dari admin dealer motornya sendiri. Admin dealer motor yang bekerja dengan baik, cepat, teliti, dan profesional akan mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari dealer motornya. Hal ini bisa berupa bonus, tunjangan, atau promosi jabatan. Admin dealer motor yang bekerja dengan buruk, lambat, ceroboh, dan tidak profesional akan mendapatkan teguran atau sanksi dari dealer motornya. Hal ini bisa berupa pemotongan gaji, penurunan jabatan, atau bahkan pemecatan.

Tips Menjadi Admin Dealer Motor yang Sukses

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi admin dealer motor atau sudah menjadi admin dealer motor, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan gaji dan karir Anda, yaitu:

  • Belajar terus menerus tentang dunia motor
    Admin dealer motor harus selalu belajar tentang produk-produk motor yang dijual oleh dealernya. Hal ini penting untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap kepada pelanggan. Selain itu, admin dealer motor juga harus belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan administrasi, seperti perpajakan, asuransi, kredit, dan lain-lain.
  • Miliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
    Admin dealer motor harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, rekan kerja, dan atasan. Hal ini penting untuk menjalin hubungan yang baik dan profesional dengan semua pihak. Admin dealer motor harus ramah, sopan, jujur, dan informatif kepada pelanggan. Admin dealer motor harus kooperatif, kompak, dan saling membantu dengan rekan kerja. Admin dealer motor harus hormat, patuh, dan bertanggung jawab kepada atasan.
  • Berinovasi dan kreatif
    Admin dealer motor harus berinovasi dan kreatif dalam menjalankan pekerjaannya. Hal ini penting untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kerja. Admin dealer motor harus mencari cara-cara baru untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi. Admin dealer motor juga harus mencari cara-cara baru untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
  • Bersikap positif dan profesional
    Admin dealer motor harus bersikap positif dan profesional dalam bekerja. Hal ini penting untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan. Admin dealer motor harus selalu optimis, semangat, dan berani menghadapi tantangan. Admin dealer motor juga harus selalu disiplin, rajin, dan teliti dalam bekerja.

Kesimpulan

Gaji admin dealer motor di kota besar cukup menarik bagi lulusan SMA atau sederajat yang ingin bekerja di bidang otomotif. Gaji admin dealer motor di kota besar terdiri dari gaji pokok dan insentif yang dipengaruhi oleh lokasi, merek motor, penjualan, dan kinerja. Gaji admin dealer motor di kota besar rata-rata sekitar Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

Untuk menjadi admin dealer motor yang sukses, Anda harus selalu belajar, berkomunikasi, berinovasi, dan bersikap positif dan profesional dalam bekerja. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan gaji dan karir Anda sebagai admin dealer motor.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi atau sudah menjadi admin dealer motor. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.