pompa oli

Fungsi Pompa Oli (Oli Pump) dan Macam-macamnya

Diposting pada 863 views

Kita Punya – Fugnsi Pompa Oli (Oli Pump). Dalam sistem pelumasan pompa oli atau oli pump berfungsi untuk menghisap minyak pelumas dari bak oli dan menekan atau menyalurkan ke bagian-bagian mesin yang bergerak dengan tujuan agar bagian bagian tersebut dapat terlumasi dengan oli.

Pompa ada yang digerakan oleh poros engkol dan ada juga yang digerakkan oleh poros nok, serta timing belt dan lain sebagainya. Filter oli terpasang pada inlet pompa oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran kotoran yang ada pada oli.

Macam-macam Pompa Oli

Oil pump pada yang sering dan biasa digunakan pada mesin ada dua macam yaitu model roda gigi dan model trochoid.

a) Model Roda Gigi

Pada model ini, roda roda gigi terdiri dari gigi penggerak (drive gear) dan gigi yang digerakan (driven gear) berputar secara bersamaan untuk menghisap dan memompakan oli ke bagian bagian mesin yang bergerak.

Roda gigi ini terdapat di dalam pompa . Pompa model roda gigi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tipe internal gear dan tipe external gear.

b) Pompa oli Model Rotor (Trochoid)

pompa oli model rotor
Model rotor

Pada model ini, oil pump dilengkapi dengan 1 buah rotor penggerak dan 1 buah rotor yang digerakkan di dalam rumah oil pump (pump body). Bila rotor penggerak berputar, maka rotor yang digerakkan langsung ikut sama-sama berputar.

Poros rotor penggerak tidak satu titik pusat (offset) dengan rotor yang digerakkan. Oleh karena itu besarnya ruangan dibentuk oleh dua ruangan yang berputar. Oli terhisap ke oil pump saat ruangan membesar dan oli ditekan ke ruangan yang mengecil.

Trochoid pump bentuknya sederhana dibandingkan dengan pompa model gigi dan lebih dapa diandalkan. Selain itu juga, volume oli yang keluar lebih besar dan banyak unuk setiap kali berputar. Ini berarti ukuran atau bentuk pompa dapat lebih diperkecil lagi.

Baca juga :