Pertanyaan Interview Perawat

Pertanyaan Interview Perawat di Rumah Sakit yang Sering Ditanyakan

Diposting pada 2,760 views

Apa Saja Pertanyaan Interview Perawat di Rumah Sakit yang Sering Ditanyakan? Halo, teman kitapunya kamu sedang mencari pekerjaan sebagai perawat? Di artikel kali ini, kami telah merangkum beberapa pertanyaan interview atau wawancara kerja yang membuat kamu makin percaya diri dalam menghadapinya. Yuk langsung saja kita scroll!

Contoh Pertanyaan Interview Perawat di Rumah Sakit dan Jawabannya

Tak dapat dimungkiri interview menjadi momen yang menegangkan bagi para jobseeker. Alangkah baiknya, kamu mempersiapkan diri agar saat interview tidak kaget dengan pertanyaan yang diajukan recruiter. Inilah contoh pertanyaan interview bagi kamu yang ingin melamar bekerja sebagai perawat dan jawabannya. Yuk simak!

1. Apa Motivasi Kamu Ingin Menjadi Perawat?

Nah, pertanyaan pertama ini mengajak untuk berbagi cerita apa sih yang membuat kamu ingin menjadi perawat. Mungkin kamu pernah lihat aksi heroik perawat di film atau punya pengalaman pribadi dengan perawat yang luar biasa? Atau bisa saja, panggilan jiwa kamu memang berada di dunia kesehatan. Ceritakan saja dengan jujur dan dari hati ya!

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Etika Profesi Perawat?

Pertanyaan interview perawat ini untuk menilai pemahamanmu tentang kode etik profesi perawat. Jelaskan dan ceritakan prinsip-prinsip etika perawat, termasuk kerahasiaan pasien, penghormatan terhadap hak pasien, dan tanggung jawab profesional perawat terhadap keselamatan pasien. Pertanyaan ini tidaklah sulit, pasti selama pendidikan perawat kamu sudah mengetahuinya. Kamu juga bisa mencari lebih lengkapnya di Google sebelum interview ya!

3. Apa Kamu Suka dengan Tantangan? Bagaimana Kamu Menghadapi Pasien dalam Pekerjaan Nantinya?

Pertanyaan interview perawat kedua ini menyoroti apakah kamu pribadi yang dapat bekerja dengan tantangan atau tidak. Karena, bekerja sebagai perawat harus siap dengan tantangan dan sat set ya! Coba ceritakan pengalaman kamu menghadapi situasi menantang saat magang atau bekerja di tempat sebelumnya. Bagaimana cara kamu menghadapinya? Jangan ragu buat menunjukkan bahwa kamu siap menghadapi tantangan sebagai perawat di rumah sakit ini.

4. Kalau Disuruh Pilih, Lebih Suka Kerja Sendiri Atau Dalam Tim? Apa Alasannya?

Wah, pertanyaan ini akan membuka potensi kerja sama kamu di tim perawat nih! Coba ceritakan saja bagaimana perasaan kamu saat bekerja sama dengan tim atau sendiri. Sampaikan juga apa kelebihan kamu saat bekerja dengan tim dan mandiri. Tidak bisa dimungkiri, perawat dituntut dapat bekerja sama dalam kondisi apapun bukan?

5. Perawat Itu Multitasking, Nih! Bagaimana Cara Kamu Mengatur Waktu agar Tetap Bisa Handle Banyak Hal Sekaligus?

Mulai dari menerima pasien, mengecek kesehatan awal, memberikan obat sesuai resep dokter, hingga menjaga pasien, perawat harus bisa multitasking. Kemampuan mengatur waktu adalah hal penting buat perawat di rumah sakit. Coba ceritakan strategi atau trik khusus yang kamu pakai untuk bisa multitasking dengan baik. Kalau punya pengalaman sebelumnya yang menunjukkan kemampuan multitasking kamu, jangan ragu buat cerita!

6. Kamu Punya Motto Hidup Nggak? Kalau Ada, Bagaimana Penerapannya dalam Pekerjaanmu Sebagai Perawat?

Pertanyaan yang satu ini menunjukkan sisi kepribadian dan nilai-nilai yang kamu pegang erat. Jangan takut buat berbagi motto hidup kamu dan bagaimana kamu bisa menerapkannya dalam pekerjaan sebagai perawat. Nggak ada jawaban yang salah kok, yang penting kamu jujur dan konsisten dengan nilai-nilai yang kamu pegang.

7. Dalam Menghadapi Pasien yang Sedang Kesakitan atau Keluarga Pasien yang Cemas, Bagaimana Cara Kamu Memberikan Dukungan?

Soal Interview Perawat

Sebagai pendamping dokter, selain menjaga dan memberikan obat kepada pasien, kemampuan memberikan dukungan emosional bagi pasien dan keluarganya sangat berharga. Coba ceritakan pengalaman kamu dalam menghadapi pasien yang sedang kesakitan dan menenangkan keluarganya yang sedang cemas. Tunjukan empati dan kelembutan kamu dalam menghadapi mereka!

8. Bagaimana Cara Kamu Berkomunikasi dengan Pasien Dan Keluarga Mereka?

Saat ini keterampilan komunikasi hampir dibutuhkan oleh pekerjaan apa pun, utamanya yang berhubungan dengan banyak orang. Keterampilan komunikasi yang baik juga sangat penting bagi seorang perawat. Ceritakan cara-cara kamu berinteraksi dengan pasien dan keluarga mereka secara empati dan penuh mendukung. Coba berikan contoh di mana kemampuan komunikasi yang kamu miliki telah membantu dalam membangun hubungan baik dengan pasien dan keluarganya.

9. Bagaimana Sikap Kamu Saat Pasien Sedang Marah?

Pertanyaan interview perawat ini, recruiter ingin mengetahui bagaimana psikologis kamu saat pasien sedang marah atau komplain. Kamu bisa menjawab akan mendengarkan dan tetap tersenyum.

10. Saat Bekerja Sebelumnya, Pernah Nggak Kamu Melakukan Hal Ceroboh?

Dalam pekerjaan apapun, teliti itu sangat penting. Namun, sebagai manusia kadang-kadang bisa ceroboh juga loh! Nah, daripada menutup-nutupi, lebih baik ceritakan momen ceroboh atau tak terduga dengan jujur. Kepada recruiter. Tetapi,, setelah itu tunjukkan bagaimana kamu belajar dari kesalahan dan selalu berusaha menjadi lebih baik lagi.

11. Bagaimana Cara Kamu Mengatasi Stres atau Bosan dalam Pekerjaan?

Soal Wawancara Perawat

Pertanyaan interview sebagai perawat selanjutnya, berkaitan dengan bagaimana cara kamu dalam mengelola rasa bosan. Semua pekerjaan punya stres dan beban masing-masing bukan? Dengan bertanya seperti ini, recruiter ingin mengetahui bagaimana kamu bisa memposisikan diri kamu saat dalam kondisi bosan sekalipun. Ceritakan cara-cara unik yang kamu lakukan untuk tetap tenang dan bahagia di tengah kesibukan sebagai perawat.

12. Apa Hal yang Paling Kamu Sukai dan Tidak Sukai Saat Bekerja Sebagai Perawat?

Dari pertanyaan interview ini, recruiter ingin mengetahui bagaimana passion kamu saat bekerja. Pertanyaan tentang “apa yang kamu sukai”, coba ceritakan tentang hal-hal positif yang membuatmu bangga sebagai perawat. Apakah itu perasaan senang ketika bisa membantu kesembuhan pasien atau momen mengesankan ketika pasienmu berterima kasih? Ceritakan dengan penuh semangat!

Selanjutnya pertanyaan “apa yang tidak kamu sukai”, sebenarnya agak sulit dijawab bagi pelamar bukan? Sedikit tips saat menjawab pertanyaan ini, jelaskan secara logis dan diplomatis. Kamu bisa menggunakan kata “kurang” atau “agak” daripada “tidak” untuk menggambarkan hal yang tidak kamu sukai.

13. Jika Ada Teman atau Saudara Anda Menanyakan Hasil Tes Kesehatan yang Sifatnya Rahasia Bagaimana Sikap Anda?

Tips menjawab soal interview perawat

Nah inilah pertanyaan interview perawat yang akan menguji profesionalisme kalian. Kamu bisa menjawab dengan profesional bahwa siapa pun itu baik keluarga maupun teman, kamu harus tetap menjaga kerahasiaan data pasien. Data pasien bukan hal yang main-main, jawab dengan tegas ya!

14. Bagaimana Pendapatmu Tentang Kesenjangan Pasien di Rumah Sakit? Lalu Bagaimana Kamu Melayani Mereka?

Sama dengan poin sebelumnya, pertanyaan ini untuk mengetahui profesionalisme kamu saat bekerja. Utarakan bahwa, tingkat sosial, ekonomi, jenis pekerjaan dan dari kalangan apapun tidak membeda-bedakan sikap kamu dalam melayani pasien. Kamu akan tetap melayani dengan rasa kemanusiaan, ramah dan bahagia.

Nah, itulah beberapa Pertanyaan Interview Perawat di Rumah Sakit yang Sering Ditanyakan. Kitapunya juga menyediakan artikel lain terkait pendidikan, karir, pekerjaan dan masih banyak lagi. Kunjungi tiap hari dan dapatkan artikel menarik lainnya! Good luck dan semangat berkarya!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.