tabel perbedaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
tabel perbedaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Diposting pada 631 views

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi – Ekonomi suatu negara dapat dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika jumlah produksi barang dan jasa nya mengalami peningkatan.

Dengan peningkatan jumlah produksi barang dan jasanya meningkat, maka akan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakatan.   

Hanya saja secara rill, untuk mencatat unit barang dan jasa yang dihasilkan di suatu negara sangatlah sulit mengingat besarnya cakupan wilayah dan terdapat perbedaan satuan pengukuran. Apalagi jenis dan macam barang dan jasa juga sangat beragam (bermacam-macam.  

Contohnya, produksi padi diukur dalam satuan berat (kg/kw/ton), sementara produksi minyak bumi diukur dalam satuan volume (barel), sedangkan produksi jasa tidak dapat diukur secara fisik, misalnya jasa pariwisata, jasa konsultasi, dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Pasar dan Contoh-contohnya  

Tabel Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan merupakan suatu ungkapan yang menggambarkan tingkat perkembangan, jadi pertumbuhan eknomi dapat dikatakan adalah pengukuran prestasi dari perkembangan perekonomian suatu negara.   

Sementara itu perkembangan ekonomi dapat diukur dengan melihat GDP (Gross Domestic Product) apakah terjadi kenaikan atau penurunan, dalam melihat ini faktor lain seperti pertumbuhan penduduk dan perubahan dalam struktur perekonomian diabaikan.  

Sementara itu, pembangunan ekonomi dapat dikatakan sebagai peningkatan kekuatan ekonomi suatau negara. Dapat juga dikatakan bahwa pembangungan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan-perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi.

Baca juga : Kegunaan Data Pendapatan Nasional  

Tabel dibawah ini memberikan sedikit gambaran tentang perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi :

Pembangunan EkonomiPertumbuhan Ekonomi
Adanya usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat, yaitu tingkat pertambahan GDP pada suatu tahun tertentu adalah melebihi dari tingkat pertambahan penduduk.  

Perkembangan GDP yang berlaku dalam suatu masyarakat diikuti oleh pertumbuhan dan modernisasi dalam struktur ekonomi.

1) Merupakan proses menuju kebaikan.
2) Memperhatikan pemerataan pendapatan.
3) Memperhatikan pertambahan penduduk.
4) Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
5) Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
Adanya usaha untuk meningkatkan GDP tanpa memandang kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari pertumbuhan penduduk dan tanpa memandang apakah ada perubahan dalam struktur ekonomi atau tidak.

1) Merupakan proses naiknya produk per kapita secara terus menerus.
2) Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.
3) Tidak memperhatikan pertambahan penduduk.
4) Belum tentu mengindikasikan peningkatan taraf hidup masyarakat.
5) Pertumbuhan eknomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan-perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi. Dengan kata lain, istilah pembangunan ekonomi bukan saja terfokus pada masalah perkembangan pendapatan nasional riil, tetapi juga pada modernisasi kegiatan ekonomi, misalnya usaha merombak sektor pertanian tradisional, masalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan masalah pemerataan pendapatan.  

Pembangunan yang dilakukan oleh negara-negara berkembang di dunia pada umumnya berorientasi pada bagaimana memperbaiki taraf hidup masyarakat di negara-negara tersebut. Begitu juga di Indonesia, meningkatkan pembangungan ekononi ditujukan agar terjadi peningkatan kesejahteraan atau taraf hidup masyarakat. Jadi, dapat dikatakan pembangunan merupakan suatu proses berkelanjutan dalam upaya mencapai peningkatan kualitas hidup.   

Selanjutnya pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Di sini terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi.   

1) Pembangunan sebagai Suatu Proses 

Pembangunan sebagai suatu proses, memiliki arti bahwa pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani oleh setiap masyarakat atau bangsa. Artinya, setiap bangsa/negara harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera.   

2) Pembangunan sebagai Suatu Usaha untuk Meningkatkan Pendapatan Perkapita 

Sebagai suatu usaha, pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemerintah, dan semua elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat.   

3) Peningkatan Pendapatan Perkapita Harus Berlangsung dalam Jangka Panjang 

Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus. Misalnya, suatu negara terjadi bencana alam yang akan menghambat terjadinya pertumbuhan ekonomi, tapi itu hanya berlangsung sementara. Yang terpenting adalah negara tersebut mampu mengatasi masalah tersebut dan kegiatan ekonominya secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun.  

Menurut Rostow, pembangunan ekonomi adalah suatu transformasi atau perubahan dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern, melalui tahapan: 

1. masyarakat tradisional, 

2. prasyarat lepas landas, 

3. lepas landas, 

4. tahap kematangan, 

5. masyarakat berkonsumsi tinggi.  

Tujuan Pembangunan Ekonomi 

Pembangunan ekonomi sudah seharusnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan juga untuk menjamin penggunaan faktor-faktor produksi yang ada dengan sebaik-baiknya supaya negara tersebut dapat mencapai tujuan yang hendak di capainya. Berikut ini adalah tujuan pembangungan ekonomi :  

1) meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya yang meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, dan perlindungan keamanan dari pemerintah; 

2) memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok; 

3) memperluas kesempatan kerja

4) memperbaiki kualitas pendidikan; 

5) meningkatkan pendapatan masyarakat; 

6) meningkatkan pemahaman dan tingkah laku masyarakat dalam menjunjung nilai-nilai luhur (agama, sosial, dan kultural); dan 

7) memperluas pilihan-pilihan ekonomi dan sosial bagi setiap individu serta bangsa secara keseluruhan.   

Baca juga : Tujuan-tujuan Kebijakan Makro Ekonomi

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.