pentingnya pasang cctv

7 Alasan Pentingnya Pasang CCTV dan Prosedur Pemasangannya

Diposting pada 106 views

7 Alasan Pentingnya Pasang CCTV Lengkap Beserta Prosedur Pemasangannya – Kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu benda elektronik berikut ini. Ya, CCTV. Semakin berkembangnya teknologi, kini banyak bermunculan alat-alat atau perangkat khusus  membantu menjaga keamanan sebuah lingkungan.

CCTV kini makin banyak dijumpai di banyak lingkungan mulai dari indoor hingga outdoor. Ini karena betapa pentingnya kita untuk selalu berwaspada dan hati-hati terhadap segala apapun yang terjadi lingkungan sekitar kita.

Untuk lebih jelasnya, sebelum menuju pada pentingnya harus memasang CCTV, kita harus mengerti pengertian mengenai CCTV. CCTV (Closed Circuit Television) merupakan sebuah alat berupa kamera video digital yang dipasang di suatu tempat atau lingkungan tertentu yang berfungsi untuk merekam gambar, waktu, dan tempat sesuai CCTV itu dipasang yang mana sinyal penangkap gambar tersebut akan meneruskannya pada monitor yang ditempatkan pada ruangan tertentu.

Umumnya, CCTV dipasang di beberapa tempat-tempat umum seperi pertokoan, kantor, pabrik, stasiun, bandara, dan tempat umum lainnya. Tapi dewasa ini, banyak orang yang juga memilih untuk memasang CCTV di hunian pribadi mereka karena beberapa alasan tertentu.

Nah, sebenarnya pemasangan CCTV sangat begitu penting untuk kehidupan sehari-hari kita untuk tetap menjaga lingkungan kita tetap aman.  Simak beberapa alasan pentingnya memasang CCTV.

7 Alasan Pentingnya Pasang CCTV Untuk Rumah dan Kantor

Berikut ini beberapa alasan pentingnya pasang CCTV di lingkungan rumah, kantor dan umum.

1. Memantau pekerjaan karyawan

Jika kamu memiliki sebuah toko atau kantor, wajib seharunya memasang CCTV. Ini agar segala pekerjaan yang dilakukan para karyawan akan terpantau dan dapat disimpan sebagai arsip rekaman aktivitas yang dilakukan pada hari dan tanggal tersebut.

CCTV juga membantu meningkatkan etos kerja keryawan. Jadi, sangat penting untuk dipasang di lingkungan toko atau kerja mu.

2. Mencegah tindakan kriminal

Ini salah satu yang cukup penting bagi kamu untuk memasang CCTV yaitu demi menjaga keamanan. Pasalnya, semakin hari kasus kriminal semakin meningkat.

Dengan memasang CCTV di hunian atau lingkungan bisnis mu akan membantu untuk mengurangi niat atau tindakan kriminal yang akan terjadi di lingkungan tersebut. Seperti kemalingan atau hal criminal lainnya.

3. Meningkatkan kerja karyawan

Masih menyambung pada alasan poin pertama, pemasangan CCTV berguna untuk memantau segala pekerjaan yang dilakukan para karyawan. Hal ini akan berdampak pada kinerja karyawan. Karyawan lebih professional dan lebih baik dalam melakukan sebuah pekerjaan.

4. Memonitor kegiatan di rumah

Untuk kamu yang memiliki adik atau anak balita, pentingnya pasa cctv disini, yaitu untuk memonitor segala aktivitas si kecil di rumah. Contohnya, saat ia kamu tinggalkan bersama asisten rumah tangga atau pengasuh bayi, kamu bisa memonitornya langsung dari kantor atau tempat kamu berada jauh dengan dirinya.

Saat ini juga telah banyak model CCTV yang semakin canggih dan modern hingga dapat dihubungkan dalam smartphone. Kamu jadi lebih tenang saat dalam keadaan jauh kamu tetap bisa memantau segala kegiatannya di rumah.

5.  Membantu seseorang menemukan barang

Pentingnya pasa cctv yang kelima adalah membantu seseorang menemukan barang. Biasanya, ada anggota keluarga mu atau bahkan dirimu sendiri yang sering sekali lupa meninggalkan atau meletakkan suatu barang di bagian rumah. Nah, CCTV membantu kamu untuk mempermudah menemukan barang yang terlupa ditinggalkan di suatu tempat.

6. Memudahkan bukti pelaporan

Maksudnya, jika terjadi hal yang tidak diinginkan di tempat kantor, toko, atau perusahaanmu kamu bisa melaporkan hal itu kepada pihak berwenang dengan memberikan rekaman CCTV yang terpasang di situasi saat itu sebagai pelengkap bukti-bukti pelaporan.

7. Mengurangi pengeluaran pegawai keamanan

Dengan memasang CCTV di rumah, kamu juga dapat menghemat pengeluaran untuk biaya pegawai keamanan di rumah. Mungkin yang biasanya 2-4 orang, dengan CCTV kamu dapat cukup memperkerjakan 1-2 orang pegawai keamanan di rumahmu.

Setelah mengetahui pentingnya pasang CCTV, lantas bagaimana sih langkah-langkah dan prosedur pemasangan cctv.

Langkah-langkah dan Prosedur Pemasangan CCTV

pasang cctv
Sumber : jasapasangcctv.id

Untuk kamu yang sudah mengerti betapa pentingnya CCTV untuk kehidupan sehari-hari. Kini saatnya kamu mulai untuk memasang CCTV untuk kebutuhan hunian atau tempat bisnismu demi terjaga keamanan lingkungan dan mengurangi kriminalitas.

Sebelum ke tahap pemasangan tentu saja kamu harus sudah memiliki alat-alat dan bahan yang perlu disiapkan seperti :

  • Kamera CCTV
  • Coaxial Kabel RG59 dan Kabel Power
  • Monitor CCTV
  • DVR (Digital Video Recorder)
  • Adapter dan Power Supply
  • Konektor RF
  • Kabel VGA
  • Alat-alat lainnya untuk instalasi (tang, obeng, cutter, dll).

Setelah alat-alat dan bahan sudah siap, Anda dapat mengikuti langkah-langkah pemasangan CCTV secara umum berikut ini :

1. Pilihlah lokasi yang tepat

Artinya, sebelum memasang CCTV kamu harus mempertimbangkan lokasi pemasangan CCTV yang strategi dan tepat pada ruangan yang kamu pilih untuk dipasang CCTV. Dianjurkan untuk memasang dengan posisi yang tinggi. Usahakan untuk tidak memasang kabel CCTV dekat dengan kabel listrik karena dikhawatirkan akan menggangu sinyal CCTV.

2. Tentukan kabel yang cocok

Untuk memasang CCTV, kamu bisa menggunakan kabel berjenis RG59 Siamese yang terdiri dari kabel video dan kabel power. Kabel ini biasanya kabel yang pada umumnya digunakan cukup sering untu instalasi CCTV.

3. Pasang CCTV di tempat yang terlindung

Jangan lupa untuk memasang CCTV tetap aman seperti di bawah atap agar CCTV terlindungi dari segala kemungkinan yang terjadi seperi hujan, angin, dan sebagainya.

4. Mulai menarik kabel dari dalam ke luar

Selepas menentukan lokasi pemasangan CCTV, Langkah berikutnya adalah mencari titik masuk guna menarik kabel RG59 dari luar ke dalam.

5. Tempatkan alat-alat pendukung CCTV di dalam ruangan

CCTV sudah pasti otomatis memiliki beberapa alat pendukung seperti adanya monitor, DVR. Jangan lupa menempatkan alat-alat berikut tadi berada di dalam ruangan.

6. Mulai menarik kabel

Setelah sudah cocok dan diketahui lokasi penempatan monitor dan DVR, kemudian berikutnya menarik kabel RG59 dan menghubungkan antara CCTV dengan monitor dan DVR.

7. Potong kabel

Potong bagian tengah kabel power CCTV dengan kabel Coaxial RG59 menggunakan tang potong. Lakukan hal itu setiap ujung kabel.

8. Kupas luar kabel Coaxial

Selanjutnya, kupas bagian luar kabel Coaxial sekitar 1 cm nenggunakan cutter. Hal ini berguna agar serbaut tembaga dapat terlihat dan kemudian serabut tembaga akan ditekuk ke belakang. Lakukan ini pada setiap ujung kabel.

9. Kupas kabel power

Kupas bagian luar kabel powes ekitar 2-3 cm menggunakan cutter agar kabel power merah dan hitam terlihat. Selanjutnya kupas Kembali bagian luar kabel power dengan ukuran 0,5 cm yang berguna untuk serabut tembaga dapat terlihat.

10. Pasang konektor BNC

Pasang konektor BNC ke kabel Coaxial memutar searah jarum jam hingga serabut tembaga tertutup dengan baik. Lakukanlah ini pada setiap ujung kabel.

11. Pasang konektor CCTV

Selanjutnya adalah memasang konektor CCTV power DC ke kabel power. Perlu diketahui jika berwarna merah berarti ke positif dan hitam ke negative. Caranya, dengan putar ke kiri baut yang berada di positif negative konektor CCTV power DC. Gunakanlah obeng minus.

12. Pasang CCTV

Hal selanjutnya adalah pasang kamera CCTV. Caranya, pisahkan bagian bawah CCTV dengan lensanya kemudian pasang alas kamera CCT menggunakan baut dan obeng dan hubungkan ke konektor masing-masing. Kemudian pasang bagian CCTV lainnya.

13. Hubungkan kabel Coaxial

Lalu hubungan kabel coaxial yang sudah dipasang pada konektor BNC di belakang DVR.

14. Hubungkan Monitor dengn DVR memakai kabel VGA

15. Hubungkan power supply pada kabel power merah dan hitam CCTV

16. Hubungkan kabel-kabel tersebut pada kabel power arus listrik.
Setelah itu hidupkan DVR beserta monitor. CCTV siap digunakan.

Jika Anda tidak ingin ribet melakukan pasang cctv sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pasang cctv yang siap mewujudkan impian Anda memiliki rumah atau kantor bisnis yang dilengkapi dengan cctv.

Lagipula, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Sebanding dengan kemudahan yang Anda dapatkan. Sebagai contoh jasa pemasangan cctv yang ditawarkan oleh jasapasangcctv.id, terdapat berbagai pilihan paket mulai dari yang terdiri dari 2 kamera sampai dengan yang 16 kamera. Harga paket 2 kamera dibebani harga mulai Rp 2,1 juta rupiah.

Tentu jika kita pertimbangkan, harga tersebut cukup murah mengingat akan ribet banget jika kita memasangnya sendiri. Bayangkan saja, kita harus mengeluarkan ongkos jalan untuk mondar-mandir beli cctv, monitor, kabel dan segala perlengkapannya. Belum lagi masalah waktu karena kita juga harus belajar terkait langkah-langkah pemasangan cctv.

Maka dari itu menurut kami pasang cctv menggunakan jasa adalah pilihan yang tepat. Kitapunya.net juga akan memberikan tips dan trik dalam memilih jasa pasang cctv, agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Simak tips dibawah ini :

Tips Memilih Jasa Pasang CCTV Yang Tepat

tips memilih jasa pasang cctv
Source : jasapasangcctv.id

1. Pertimbangkan Paket dan Harga

Setiap perusahaan yang membuka jasa pemasangan CCTV biasanya menawarkan dalam bentuk paket. Dalam paket tersebut terdiri dari kamera, DVR, HDD, CCTV, power supply dan peralatan lainnya.

Untuk memilih paket pastikan jumlah kamera dan jenisnya sesuai dengan yang Anda butuhkan. Misalkan, kantor Anda tidak terlalu besar dan cukup dipasangi dengan 2 kamera CCTV saja maka pilih Paket yang isinya terdiri dari 2 Kamera.

Langkah selanjutnya adalah mencari perusahaan yang menawarkan paket CCTV 2 kamera dengan penawaran tambahan yang menarik seperti gratis jasa instalasi, gratis setting online, dan lain sebagainya.

2. Tanyakan Tentang Jenis Kamera dan Kualitasnya

Setiap penyedia jasa pasang cctv pasti menawarkan paket yang berbeda-beda, termasuk didalamnya ada kamera cctv yang patut kita tahu jenis dan kualitasnya. Anda bisa menanyakan terkait jenis, kegunaan dan kualitas dari CCTV yang akan dipasang.

Langkah ini penting untuk dilakukan agar tidak keluar dari tujuan utama kita memasang CCTV, perlu diperhatikan bahwa umumnya CCTV dibagi menjadi dua yaitu kamera indor dan outdoor. Sesuaikan jenisnya dengan kebutuhan Anda.

Tanyakan juga terkait dengan kualitas CCTV, pilih kamera yang mampu merekam video dengan baik dan awet.

3. Garansi

Garansi juga patut menjadi pertimbangan sebelum memilih jasa memasang cctv. Garansi ini akan menjadi jaminan dalam beberapa bulan, sehingga ketika terjadi kesalahan/eror/kerusakan bisa memanfaatkan garansi untuk memperbaikinya.

Jika dalam paket belum terlalu jelas, coba tanyakan saja untuk berapa bulan atau berapa tahun garansi pemasangan cctv ini berlaku?

4. Teknisi Profesional

Memasang cctv tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, salah pemasangan bisa membuat cctv tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kita perlu memilih teknisi profesional yang dapat menuruti permintaan kita.

Pilih penyedia jasa cctv yang memiliki teknisi yang sudah profesional dan pengalaman. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya cutomers yang menggunakan jasanya. Semakin banyak customers yang puas tentu semakin banyak pula pengalaman yang dimikilinya.

5. Hasil Yang Maksimal

Pilih penyedia jasa pasang cctv yang mampu memberikan instalasi yang aman, sesuai SOP dan rapi. Anda bisa melihat testimoni atau foto-foto instalasi yang sebelumnya dikerjakan oleh penyedia jasa.

6. Menerima Konsultasi

Sebelum memutuskan memilih paket CCTV yang terbaik, konsultasikan dulu kebutuhan dan keinginan Anda. Sampaikan kepada mereka terkait CCTV yang dibutuhkan, lokasi dan waktunya. Tanyakan juga terkait dengan jenis dan harganya. Ketika sudah dirasa cocok, tinggal deal dan tunggu CCTV dipasang di tempat Anda.

Dimana tempat mencari jasa pasang cctv yang bagus? Di internet banyak website yang menawarkan jasa, bahkan hampir setiap daerah ada. Salah satu contohnya adalah jasapasangcctv.id yang menawarkan jasanya di daerah Jakarta. Bila Anda berada di Jakarta dan sekitarnya, bisa mencoba memakai jasa tersebut.

Kurang lebih di atas adalah ulasan pentingnya pasang cctv, langkah-langkah memasang cctv dan tips memilih jasa pasang cctv yang tepat. Semoga dengan memasang cctv lingkungan rumah atau kantor Anda semakin aman ya.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in