pengertian tertib sosial

Pengertian Tertib Sosial (Social Order)

Diposting pada 2.386 views

Pengertian Tertib Sosial (Social Order) adalah suatu kondisi yang mana anggota masyarakat yang berada di dalamnya berperilaku sesuai dengan status dan perannya dalam masyarakat dengan kata lain semua masyarakat tertib menjalankan peran dan tugasnya di dalam masyarakat.

Tertib sosial meruapakan salah satu usaha dalam menciptakan keteraturan di dalam suatu masyarakat tertentu.  

Nah, untuk sekalian saja kita bahas tentang cara untuk menciptakan keteraturan dalam masyarakat selain dari tertib sosial. Apa sajakah cara atau usahanya? Berikut ini kami sebutkan secara singkat :  

1. Tertib sosial

2. Order, definisi dari order adalah suatu sistem atau suatu tatanan nilai dan norma sosial yang diakui, dipatuhi oleh warga masyarakat.

3. Keajega, pengertiannya yaitu sesuatu yang telah, sedang dan akan dilaksanakan sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

4. Pola, definisinya yaitu berkaitan dengan bentuk interaksi sosial sebagai pencerminan dari suatu keijakan yang telah di terima oleh semua pihak.

Baca juga : Kebijakan Daendels di Berbagai Bidang Pertahanan, Keamanan, Politik, Peradilan, Sosial dan Ekonomi  

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.