pengertian konsumsi

PENGERTIAN KONSUMSI: Tujuan, Motif dan Faktor Yang Mempengaruhi

Diposting pada

PENGERTIAN KONSUMSI : Tujuan, Motif dan Faktor Yang Mempengaruhinya – Konsumsi adalah suatu kegiatan ekonomi berupa menghabiskan atau mengurangi nilai guna dari suatu barang dan jasa.   

Salah satu tujuan daripada melakukan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan melakukan konsumsi ini kebutuhan manusia diharapkan dapat terpenuhi.

Semua makhluk di dunia ini pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi yang satu ini atau konsumsi, pelaku dari konsumsi disebut dengan konsumen. Sebelum ke faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi, terlebih dahulu pahami tentang pengertian dari pola konsumsi.

1. Pengertian konsumsi

Konsumsi adalah suatu kegiatan ekonomi manusia dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan (serta untuk tujuan konsumsi dibawah ini)dan kegiatan ini akan mengurangi atau menghabiskan nila guna dari suatu barang atapun jasa. 


Contoh mengurangi nila guna suatu bangsa misalnya : mengguanakan handphone, menggunakan komputer/laptop/komputer, menonton televisi, dll. Sedangkan contoh menghabiskan nila guna suatu barang misalnya : minum kopi, makan snack, dan lain sebagainya.  

2. Tujuan Konsumsi

Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Dan kegiatan yang satu ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Memenuhi kebutuhan manusia
  2. Memperoleh kepuasan dan juga kenikmatan
  3. Mempertahankan kelangsungan hidup

Pada kenyataannya tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi karena tersedianya alat pemuas kebutuhan.jumlahnya terbatas. Keadaan ini menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan dengan aat kebutuhan sehingga menantang setiap orang untuk berusaha memenuhi kebutuhannya.

Usaha dalam memenuhi kebutuhan yang bermacam-macam dapat dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai macam barang dan jasa yang akan dikonsumsi.

Kombinasi yang dipilih akan disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan orang yang membutuhkan. Dengan kombinasi barang dan jasa yang dipilih diharapkan dapat mencapai kepuasan maksimal sehingga tujuan daripada kegiatan ekonomi konsumsi dapat terlaksana (tercapai).

3. Pengertian Motif Konsumsi

Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas tentang motif ekonomi, pada kesempatan ini akan dibahas tentang motif konsumsi. Pengertian dari motif konsumsi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan konsumsi barang atau jasa. Macam-macam motif konsumsi antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Menaikkan status sosial
  2. Mendapatkan pengakuan
  3. Memperoleh kepuasan dan kenikmatan

Baca : Pengertian dan dampak positif negatif perilaku konsumtif

4. Pengertian Pola Konsumsi

Seseorang harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan atau uang, uang ini akan berguna untuk membiayai segala pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berhubung penghasilan yang diperoleh terbatas, maka orang tersebut akan menemui berbagai persoalan dalam perilaku konsumtifnya.

Untuk mencapai tujuan konsumsi yang sudah saya jelaskan pada kesempatan yang lalu maka manusia harus panda-panda dalam menentukan pola konsumsinya. Pola konsumsi ini berhubungan dengan jumlah dan macam barang yang akan di konsumsi.  

Jadi pengertian dari pola konsumsi adalah susunan tingkat kebutuhan seseorang dalam jangka waktu tertentu yang akan dipenuhi dengan penghasilan yang diperoleh. Dengan adanya pola konsumsi ini maka seseorang dapat mengatur pengeluarannya sesuai dengan skala prioritas kebutuhan.  

5. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi pola konsumsi :

1. Pendapatan

Faktor yang pertama adalah besar pendapatan seseorang. Dimana semakin besar pendapatan seseorang maka akan semakin banyak jumlah dan barang yang akan dikonsumsi, dan begitu juga dengan sebaliknya semakin kecil pendapatan seseorang maka semakin sedikit pula barang atau jasa yang dikonsumsi.

Sehingga konsumsi yang dilakukan oleh seorang pejabat akan berbeda dengan konsumsi yang dilakukan oleh petani.  

2. Harga barang dan jasa

Faktor yang mempengaruhi konsumsi selanjutnya adalah harga barang dan jasa.

Yang mana semakin mahal (tinggi) harga suatu barang atau jasa maka akan semakin sedikit jumlah dan macam barang yang dikonsumsi, dan begitu juga sebaliknya.

Sebagai contoh, tidak semua orang bisa memiliki mobil-mobil sport yang harganya milyaran rupiah, sehingga yang mampu membeli mobil tersebut adalah orang-orang yang sangat kaya raya.  

3. Tingkat pendidikan

Faktor yang mempengaruhi konsumsi yang ke tiga adalah tingkat pendidikan, dimana semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang biasanya semakin banyak barang atau jasa yang dikonsumsi, dan juga sebaliknya.

Tentunya ini juga tergantung dari besar pendapatan dari seseorang tersebut, akan tetapi pada umumnya seseorang yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi, akan lebih mudah dalam meraih kesuksesan dan memiliki pendapatan besar, walaupun tidak semua yang memiliki tingkat pendidikan tinggi memiliki pendapatan besar.  

4. Jumlah keluarga

Faktor yang mempengaruhi konsumsi yang ke empat adalah jumlah anggota keluarga. Semakin banyak jumlah anggota keluarga tentu konsumsinya akan semakin banyak pula, dan semakin sedikit jumlah anggota keluarga maka baranng/jasa yang dibutuhkan juga semakin sedikit.  

5. Jenis kelamin

Faktor yang mempengaruhi konsumsi yang ke lima adalah jenis kelamin, barang atau jasa yang dibutuhkan antara pria dan wanita pasti berbeda, sebagai contoh adalah wanita akan lebih banyak membutuhkan kosmetik daripada pria, dan lain sebagainya.  

6. Selera

Faktor yang mempengaruhi konsumsi yang ke enam adalah selera. Seseorang yang ingin selalu terlihat berpenampilan menarik, tentu akan membutuhan pakaian dan perlengkapannya untuk membuatnya semakin menarik.

Sementara itu, orang yang cenderung cuek dengan penampilannya, pasti akan berpenampilan apa adanya.  

7. Adat istiadat

Faktor yang mempengaruhi konsumsi yang ke tujuah adalah adat istiadat. Adanya adat istiadat akan mempengaruhi jumlah atau jenis barang yang akan dikonsumsi.

Sebagai contoh, misalnya dalam upacara ritual, dibutuhkan barang-barang tertentu yang akan digunakan untuk pelaksanaan upacara. Jumlah atau macam barang yang digunakan ini tentunya tergantung dari daerah yang mempunyai adat tersebut.  

Demikian saja 7 faktor yang mempengaruhi konsumsi yang dilakukan oleh manusia, semoga bermanfaat dan terimaksih.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.