konstitusi

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

Diposting pada 208 views

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli – Pada kesempatan yang berbahagia ini, mari kita bersama-sama belajar tentang kontitusi dimulai dari pengertian kontitusi. Kalau tidak salah ini merupakan materi pendidikan kewarganegaraan untuk tingkat smk sederajat, khusunya kelas 10. Tanpa panjang lebar yuk kita mulai saja.

Pengertian Konstitusi yaitu sejumlah aturan dasar dan ketentuan hukum yang dibentuk untuk mengatur fungsi dan struktur lembaga pemerintah termasuk dasar hubungan kerja sama antara negara dan rakyat dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian konstitusi menurut para ahli :

1. Sri Soemantri

Konstitusi adalah suatu naskah yang memuat suatu bangunan negara dari sendi-sendi sistem pemerintahan negara.

2. E.S.C Wade

Konstitusi adalah naskah yang memaparkan rangka dan tugas-tugas pokok dari badan-badan pemerintah suatu negara dan menetukan pokok cara kerja badan tersebut.

3. Herman Finer

Menamakan Undang-undang Dasar sebagai riwayat hidup sesuatu hubungan kekuasaan.

4. K.C. Wheare

Menunjuk kepada seluruh peraturan mengenai ketatanegaraan suatu negara yang secara keseluruhan akan menggambarkan sistem ketatanegaraan.

5. Lasalle

Konstitusi adalah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat di
dalam masyarakat seperti golongan yang mempunyai kedudukan nyata di
dalam masyarakat misalnya kepala negara angkatan perang, partai politik,
dsb.  

Baca : Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi

Istilah konstitusi

Konstitusi berasal dari bahasa inggris yaitu “Constitution” dan
berasal dari bahasa belanda “constitue” dalam bahasa latin (contitutio,constituere) dalam bahasa prancis yaitu “constiture” dalam
bahasa jerman “vertassung” dalam ketatanegaraan RI diartikan sama dengan Undang–Undang Dasar.

Konstitusi / UUD dapat diartikan peraturan dasar dan yang memuat ketentuan – ketentuan pokok dan menjadi satu sumber perundang undangan. Konstitusi adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakat negara.   

Konstitusi juga mempunyai 3 pengertian, yaitu konstitusi dalam arti luas, menengan dan sempit.

a. Dalam arti luas

Konstitusi berarti hukum tata negara, yaitu keseluruhan aturan dan ketentuan (hukum) yang menggambarkan sistem ketatanegaraan suatu negara.

b. Dalam arti menengah

Konstitusi berati hukum dasa, yaitu keseluruhan aturan dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur bagaimana suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu negara.

c. Dalam arti sempit

Konstitusi berarti Undang-Undang Dasar (UUD), yaitu satu atau beberapa dokumen (yang tertulis) yang memuat aturan-aturan dan ketentuan yang pokok dan dasar dari ketatanegaraan suatu negara.  

Dalam bahasa Belanda, constitutie berarti keselarasan dari peraturan-peraturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, yang mengatur dasar-dasar bagaimana suatu pemerintahan diselenggarakan oleh suatu negara.

Demikian saja artikel tentang pengertian konstitusi, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.