pengertian-iptek dalam pkn

Pengertian IPTEK dalam PKN dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Bernegara

Diposting pada 60 views

Pengertian IPTEK dalam PKN dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Bernegara – IPTEK atau kependekan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berkembang pesat seiring dengan kemajuan zaman. Kemajuan IPTEK memberikan banyak manfaat di berbagai aspek kehidupan dari pendidikan, sosial budaya, ekonomi, politik dan lain-lain. Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian IPTEK dalam PKN.

Pengertian IPTEK dalam PKN

Ilmu adalah sebuah pengetahuan yang telah teruji kebenarannya. Sedangkan, pengetahuan merupakan sesuatu yang diperoleh dari pengalaman dan belum teruji kebenarannya. Pengetahuan juga muncul sebagai akibat ditemukannya sesuatu yang baru.

Teknologi merupakan sebuah alat yang diutuhkan oleh manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya guna mempermudah aktifitas. Dengan demikian, IPTEK dapat didefinisikan sebagai sumber informasi yang berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan maupun wawasan seseorang di dalam aspek teknologi.

Selain itu, IPTEK juga dapat diartikan sebagai semua yang berkaitan dengan teknologi mencakup berbagai penemuan baru maupun perkembangan di bidang teknologi. Kemajuan IPTEK memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, pendidikan mengenai IPTEK perlu diajarkan kepada generasi muda sejak dini. Salah satu caranya adalah lewat pendidikan formal dari jenjang SD, SMP, SMA hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Lewat pendidikan generasi muda diajarkan bagaimana cara menghadapi dan bersikap terhadap kemajuan IPTEK. Kemajuan IPTEK memberikan dampak positif maupun negatif. Oleh karena itu, butuh sesuatu yang dapat membentengi diri agar dapat memanfaatkan kemajuan IPTEK dengan bijak.

Di dalam nilai-nilai Pancasila terkandung nilai-nilai budaya bangsa yang bisa digunakan untuk membentengi diri terhadap dampak negatif kemajuan IPTEK. Oleh karena itu, perlu ditanamkan nilai-nilai Pancasila di dalam jiwa generasi muda agar dapat mempertahankan kebudayaan bangsa Indonesia.

Dengan demikian, kemajuan IPTEK tidak membuat nilai-nilai budaya bangsa Indonesia luntur. Namun, justru sebaliknya kemajuan IPTEK mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih selektif terhadap budaya asing yang masuk.

Baca juga : Pengertian IPTEK dan Dampak Perkembangannya dalam Masyarakat

Pengaruh IPTEK terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

1. Di Bidang Pendidikan

Keberadaan IPTEK memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu contohnya adalah adanya media elektronik dapat mendukung proses pembelajaran karena berfungsi sebagai sumber ilmu.

Selain itu, perkembangan IPTEK menciptakan metode-metode baru yang membuat siswa maupun guru lebih mudah untuk menjalankan proses pembelajaran. Dengan demikian, akan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran.

Kini, pembelajaran tidak harus dilakukan dengan tatap muka karena teknologi dapat mendukung pembelajaran menggunakan media elektronik. Kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk mengakses berbagai informasi dengan mudah dan cepat.

2. Di Bidang Informasi dan Komunikasi

Kehadiran internet di era modernisasi ini sangat mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai informasi terbaru di seluruh dunia dengan mudah dan cepat. Selain itu, kehadiran handphone juga dapat mempermudah komunikasi jarak jauh dengan teman dan keluarga. Apalagi dengan fitur video call orang bisa bertatap muka melalui handphone.

3. Di Bidang Politik

IPTEK merupakan teknologi yang juga bermanfaat dibidang politik. Adanya IPTEK  berpengaruh terhadap demokrasi bangsa Indonesia. Pemerintah yang demokratis memberikan peluang bagi rakyat untuk turut berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan pemerintah.

Selain itu, adanya kebebasan yang bertanggung jawab dapat meningkatkan kualitas hidup dan pribadi masyarakat. Dengan demikian, akan terwujud sistem pemerintahan yang aspiratif, bersih, adil dan jujur.

4. Di Bidang Ekonomi

IPTEK berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi suatu bangsa. Hal ini dikarenakan dengan teknologi dapat meningkatkan penanaman modal asing di Indonesia. Dengan demikian, dapat membuka peluang untuk produk-produk dalam negeri menembus pasar internasional.

Hal ini memberi banyak keuntungan bagi sebuah negara karena membuka lapangan pekerjaan baru sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terjamin dan meningkatkan devisa negara. Selain itu, menyediakan biaya untuk meningkatkan pembangunan ekonomi.  

5. Di Bidang Sosial Budaya

Kemajuan IPTEK memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai sosial budaya di seluruh dunia. Kamu dapat menyaring budaya asing yang baik untuk diterapkan di Indonesia. Dengan demikian, masyarakat tidak ketinggalan perkembangan zaman.

Adanya tekanan dan kompetisi di berbagai aspek kehidupan dapat menciptakan generasi yang bersifat disiplin, pekerja keras dan tekun. Selain itu, dapat meningkatkan kepercayaan diri masyarakat. Hal ini tampak pada kemajuan sektor ekonomi di berbagai negara-negara di Asia, salah satunya adalah Indonesia.  

Kemajuan IPTEK juga melahirkan adanya emansipasi wanita. Hal inilah yang memberikan hak kepada wanita untuk bisa berkarir di dunia kerja. Terbukti banyak wanita yang sukses menduduki posisi-posisi penting di dalam suatu perusahaan maupun kursi pemerintahan.  

6. Di Bidang Hukum, Pertahanan dan Keamanan

Kemajuan IPTEK dapat memperkuat hukum dan demokratisasi yang memiliki manfaat bagi banyak rakyat. Selain itu, tugas penegak hukum seperti polisi, hakim dan jaksa semakin menguat. Diharapkan para penegak hukum dapat bekerja lebih profesional dan bertanggungjawab.

Informasi di atas dapat Kamu jadikan sebagai sumber referensi untuk memahami pengertian IPTEK dalam PKN. Selain itu, Kamu juga bisa memperkaya wawasan dengan mengetahui dampak kemajuan dan perkembangan IPTEK di berbagai aspek kehidupan.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di bidang Sosial Budaya