Pengertian Facebook: Awal Perkembangan, Manfaat dan Dampaknya

Diposting pada 977 views

Pengertian Facebook: Awal Perkembangan, Manfaat dan Dampaknya – Kata facebook sudah tidak asing lagi bagi setiap orang yang menyukai dunia web. Pengertian facebook secara umum itu sendiri merupakan salah satu jejaring sosial atau sosial network yang ada di dunia web.

Mungkin baru beberapa orang yang mengenal facebook dari awal. Nah, zaman sekarang ini tidak asing lagi bagi anak sekolah mengenai facebook. Setiap anak pastiah memiliki facebook sendiri.

Mulai dari anak sekolah sampai dengan orang tua atau pejabat memiliki facebook. Jadi, sudah terbukti bukan betapa mendunianya facebook ini, menjalar di semua usia. Sungguh fantastis.   

Awal Perkembangan Facebook

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sudah sangat menjamur di kalangan para remaja dan pejabat. Nah, sebelumnya facebook ini hadir pertama kali pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya.   

Awalnya facebook ini dikenalkan hanya untuk kalangan mahasiswa. Baru pada tahun 2005 facebook baru membuka keanggotaan anak sekolah dan pada tahun 2006 facebook baru membuka secara universal dengan secara umum semua orang bisa menggunakan facebook ini.   

Manfaat Dan Kerugian Dari Facebook

Di jaman yang modern seperti sekarang ini memang sudah tidak asing dengan yang namanya facebook. Apalagi sekarang akses atau cara penggunaan facebook sudah sangat mudah.

Facebook yang dikatakan sebagai jejaring sosial di dunia web merupakan sarana bagi setiap orang untuk menunjukkan atau berbagai kepada teman luas atau teman pribadi setiap pemilik akun facebook tersebut.   

Facebook pun juga memiliki manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pengguna facebook. 

1. Sebagai tempat mencari teman, dimana yang jelas dirasakan adalah bisa menemukan teman yang sudah lama tidak berjumpa. 

2. Tempat untuk menjain hubungan, seperti contoh bisa mendapatkan atau menjalin hubungan seperti pacar, atau tunagan dan sebagainya. 

3. Tempat promosi, tempat yang bisa digunakan untuk ajang promosi barang atau pengembangan bisnis. Melakukan pengiklanan di facebok yang bisa menambah relasi atau partner kerja. 

4. Tempat menambah wawasan, disamping sebagai tempat untuk bersenang-senang dengan teman lama atau baru juga bisa digunakan untuk menambah wawasan atau ilmu yang mungin didapatkan dari teman. Jadi, bisa menambah ilmu yang belum pernah kita ketahui dan pelajari.
Manfaat facebook di atas belum semua dicantumkan.   

Manfaat lainnya bisa dirasakan sendiri oleh setiap pengguna facebook. Selain manfaat yang bisa dirasakan pengguna facebook, ada keuntungan dan kerugian yang terdapat pada jejaring sosial di dunia web ini.   

Berikut keuntungan facebook bagi pengguna facebook : 
1. Menjalin silaturahmi 
2. Tempat refreshing 
3. Tempat bisnis 
4. Tempat curhat 
5. Tempat belajar   

Tesebut di atas merupakan sebagian keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna facebook. Nah, ada keuntungan dan juga kerugian yang ada di facebook.   

Kerugian juga ada bagi pengguna facebook secara umum, seperti : 

1. Pornografi 
2. Menghabiskan uang 
3. Tugas sekolah atau kuliah bisa tidak dihiraukan atau ditinggalkan 
4. Dapat mengurangi waktu efektif 
5. Kurang solidaritas antar sesame atau kurang komunikatif di dunia nyata 

Walaupun hanya facebook, tetapi jejaring sosial tersebut memang memiliki keuntungan, kerugian dan manfaat sendiri-sendiri. Kembali lagi setiap penggunaan dari facebook merupakan tanggung jawab sendiri.

Sama halnya dengan kata lain depent on user. Jadi, mau itu merugikan atau menguntungkan itu, hanya dari pengguna yang bisa menilai. Semoga artikel kami bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda dan teman semua. 

Dampak Facebook Terhadap Penggunanya 

Aplikasi facebook memang merupakan satu-satunya sosial media yang paling digemari di Indonesia dibandingkan negara lain. Karena penggunaan aplikasi ini sangat mudah, menarik, dan asyik jika kita sudah menggunakannya lama.

Bahkan tidak hanya kalangan dewasa saja penikmat sosial media ini, banyak anak-anak dibawah umur yang sudah berani menggunakan facebook walaupun mereka tidak tahu dampak yang terjadi penggunaan sosial media tersebut. 

Orang-orang tua pun tidak ingin kalah, banyak sekali orang tua di atas umur yang juga menggunakan facebook, karena penasaran, di era mereka dulu belum menemukan produk-produk modern seperti ini.

Padahal mereka tidak tahu bahwa facebook memberikan dampak yang besar terhadap penggunanya. Salah satu dampak negatif menggunakan facebook adalah tindakan kriminalitas.

Banyak kalangan pengguna facebook yang menyalahgunakannya sebagai sarana kejahatan, bisa dengan cara menipu user lain, menghasut dll. Banyak kejadian yang kita lihat di televisi, dimana tindakan kriminalitas bisa terjadi hanya karena menggunakan facebook.

Facebook dijadikan sasaran empuk bagi para penindak criminal untuk melakukan aksinya. Dan ini sangat berbahaya bagi pengguna facebook yang masih awam dan belum mengetahui dampak yang terjadi.

Terlebih lagi jika anak-anak dibawah umur sudah dibiarkan menggunakan sosial media tanpa ada pengawasan dari orang tua. Anak-anak dibawah umur tentunya masih sangat polos, dan sangat mudah dimanfaatkan, sehingga tidak heran jika banyak berita yang melaporkan bahwa terjadi kehilangan anak-anak akibat tertipu oleh teman facebook.

Sangat memprihatinkan bukan? Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya mengawasi, mengontrol segala aktifitas sosial media yang dilakukan oleh anak untuk memberikan pengertian kepada mereka tentang dampak negative penggunaan sosial media tersebut. Akan tetapi, jika dilihat dari sudut pandang lain, facebook juga memberikan dampak positif jika digunakan secara positif.

Menggunakan aplikasi sosial media facebook yang sangat populer di Indonesia ini bisa kita jadikan sebagai sasaran bisnis online.

Ya, tentu kita tahu banyak kalangan penjual online yang memasarkan dagangannya melalui facebook, karena akan memberikan respon yang cepat dibandingkan media sosial lainnya, selain itu Anda tidak perlu harus keluar rumah jika ingin memasarkan dagangan anda, karena dengan membagi foto produk yang akan Anda jualkan, cukup dengan duduk manis, orang bisa memesan Anda melalui facebook. 

Sangat mudah dan praktis, tetapi jika kita tidak hati-hati maka banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dan merugikan bisnis online anda, sehingga perlu teliti dan hati-hati jika ada orang yang menghubungi Anda melalui facebook.

Tidak hanya itu saja, dampak positif menggunakan facebook juga bisa membuat kita mudah menjalin silaturahmi terhadap kerabat kita, tanpa harus jauh-jauh datang keluar kota menemui teman lama, Anda bisa melihatnya melalui wall facebook atau sekedar menyapanya untuk mengetahui kabar.

Tips aman agar akun facebook tidak terkena hack

Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang sangat populer disaat ini, hampir semua orang mempunyai akun facebook, dari yang masih bayi, anak-anak, muda, tua dan simbah-simbah.. xi xi xi. Tidak hanya itu bahkan kebanyakan anak muda zaman sekarang mempunyai akun facebook lebih daripada satu.

Pada kesempatan ini saya bukan akan share tentang tips agar tidak jadi korban jejaring sosial facebook, melainkan tips agar akun facebook aman dari hack, berikut ini tips nya :

  1. Jangan sekali-kali memberi pasword dan jawaban pertanyaan rahasia akun facebook dan emai kepada orang yang tidak anda percayakan.
  2. Catatlah pertanyaan rahasia, agar nanti jika dihack tidak lupa dan dapat memanfaatkannya untuk dapat mengakses akun facebook melewati layanan lupa katan sandi
  3. Buatlah pasword yang sekiranya sulit untuk dihack, dan tidak umum digunakan seperti tanggal lahir, nama anda, 1234.. dan sebagainya 
  4. Jangan menggunakan aplikasi yang belum terpercaya dan membutuhkan login dengan akun facebook anda. 
  5. Jangan
    centrang remember pasword ketika online di warnet 
  6. Jangan login di facebook kecuali dengana addres berikut ini : http://www.facebook.com/login.php 
  7.  Masukkan no hp anda, supaya nanti jika ada tingkah laku mencurigakan dapat mendapat pemberitahuan melalui sms

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampikan, semoga artikel tips agar akun facebook aman dari hack ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.