Pengertian, Contoh dan Keutamaan Shalat Berjamaah

Pengertian Shalat Berjamaah dan Keutamaan Mengerjakannya

Diposting pada 844 views

Selamat datang guys di www.kitapunya.net yang kali ini akan membahas seputar sholat berjamaah, dari mulai definisi atau pengertiannya, contohnya yang kemudian adalah keutamaannya mendirikan shalat berjamaah.

Sudah tahu kan apa itu sholat berjamaah? Sudah dong pastinya, apalagi kalau kalian sering ikut kajian-kajian.   Pasti disindir tentang sholat berjamaah, kata pak ustadnya “ kalau laki-laki diharuskan untuk sholat berjamaah di masjid, pahalanya dilipatgandakan menjadi 27 kali lipat”.

Betul tidak? Iyaa betul, mungkin kalian tahu yang dimaksud itu apa, tapi masih bingung dengan pengertiannya secara istilah. Namanya berjamaah pasti dikerjakan bersama-sama, ada yang jadi imamnya dan ada yang jadi makmumnya.   

Keutamaan sholat berjamaah pun sangat banyak, selain pahalanya yang dilipatgandakan juga dapat mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim. Nah untuk memperdalam lagi tentang sholat berjamaah baca artikel ini sampai tuntas yaa :).

Pengertian Shalat Berjamaah 

Shalat berjamaah adalah sholat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama, dan satu orang menjadi iman dan yang lain menjadi makmum.   

Sholat berjamaah tidak hanya ada pada sholat wajib lima waktu saja, tetapi ada juga sholat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah seperti sholat ied, sholat jenazah, sholat gerhana matahari, sholat terawih, sholat malam, sholat tahajud dan lain sebagainya

Sehingga berikut adalah daftar shalat yang boleh berjamaan :

  • Shalat Wajib 5 Waktu.
  • Shalat Ied
  • Shalat Jenazah
  • Shalat Gerhana Matahari
  • Shalat Terawih
  • Shalat Malam
  • Shalat Tahajud
  • dll

Lawannya dari sholat berjamaah adalah sholat yang dilakukan secara sendiri-sendiri, disebut dengan munfarid.

Hukum dari sholat wajib berjamaah bagi laki-laki adalah sunnah muakkadah, atau sunnah yang sangat dianjurkan, bahkan ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa sholat berjamaah adalah fardhu kifayah (wajib) hukumnya bagi laki-laki yang dirumah dan tidak ada halangan.   

Keutamaan Sholat Berjamaah 

Hukum tersebut menandakan bahwa manfaat dari sholat berjamaah sangatlah banyak, nah berikut ini kitapunya.net rangkum beberapa keutamaan-keutamaan sholat berjamaah :   

1. Dilipatgandakan sebanyak 27 Derajat 

Dibandingkan dengan sholat munfarid (sendiri), sholat berjamaah memiliki keutamaan akan dilipatgandakan sebanyak 27 derajat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam hadits berikut ini :

“Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda, “ shalat berjamaah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.”(H.R. Bukhari dan Muslim) 

2. Akan dibebaskan dari api neraka 

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang yang istiqomah dalam shalat berjamaah akan dijauhkan dari api neraka.

Hadits tersebut adalah ;   “Dari Anas bin Malik r.a., dari Nabi Muhammad saw., sesungguhnya beliau bersabda: “Barangsiapa Shalat di masjid dengan berjamaah selama empat puluh malam, dan tidak pernah tertinggal pada rakaat pertama dari salat Isya, maka Allah akan membebaskan baginya dari api neraka.” (H.R. Ibnu Majah).   

Baca juga : 39 Keutamaan Sholat Dalam Hadits  

Shalat berjamaah tentu ada tuntunannya, tentu ada aturannya seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw dan para sahabat.   Salah satu sahnya shalat berjamaah adalah adanya imam dan makmum, berikut adalah syarat menjadi imam dan syarat makmum.

Untuk menjadi imam, setidaknya dipilih diantara beberapa orang yang yang yang lebih mengerti.   

Baca : Pengertian dan Hikmah Beriman Kepada Allah SWT

Kriterianya Menjadi Iman dalam Shalat Berjamaah

a. Mengetahui syarat dan rukun shalat, serta perkara yang membatalkan shalat

b. Fasih dalam membaca ayat-ayat al-Qur’±n, 

c. Paling luas wawasan agamanya dibandingkan yang lain, 

d. Berakal sehat, 

e. Ballig 

f. Seorang laki-laki (perempuan juga boleh jadi imam kalau makmum-nya perempuan semua), dan 

g.Tidak sedang bermakmum kepada orang lain.   

Sedangkan Syarat-syarat Menjadi Makmum

a. Makmum berniat mengikuti imam, 

b. Mengetahui gerakan shalat imam, 

c. Berada dalam satu tempat dengan imam, 

d. Posisinya di belakang imam, dan 

e. Hendaklah shalat makmum sesuai dengan shalat imam, misalnya imam
sedang shalat Maghrib, maka makmumnya juga berniat shalat Maghrib.

39 Keutamaan Shalat Dalam Hadits

Berikut ini 39 keutamaan shalat yang disebutkan dalam kitab-kitab hadits. Rasulullah saw bersabda:

  1. Perintah yang pertama kali diwajibkan oleh Allah terhadap umatku ialah shalat, dan yang pertama kali akan dihisap pada hari Kiamat ialah shalat.
  2. Takutlah kepada Allah daam masalah shalat, takutlah kepada Alah dalam masalah shalat, takutlah kepada Allah dalam masalah shalat.
  3. Pembeda antara seseorang dengan syirik adalah shalat.
  4. Shalat adalah satu tanda keislaman. Barangsiap shalat dengan khusyu’, tepat waktu, dan memperhatikan rukun serta sunnah-sunnahnya, ia pasti seorang mukmin.
  5. Di antara semua perintah Allah swt, iman dan shalat adalah kewajiban yang paling utama. Jika ada sesuatu yang lebih baik dari itu, maka Allah akan memerintahkan para malaikat-Nya, yang sebagian dari mereka pada waktu siang dan malam hari ada yang senantiasa ruku, dan sebagian lainnya ada yang terus bersujud.
  6. Shalat adalah tiang agama.
  7. Shalat menghitamkan mulut syaitan.
  8. Shalat adalah nur bagi orang-orang yang beriman.
  9. Shalat adalalah jihad yang paling utama.
  10. Selama seseorang memperhatikan shalatnya, maka Allah tidak akan mengabaikannya.
  11. Jika suatu musibah turun dari langit, maka orang yang memakmurkan masjid pasti selamat.
  12. Jika seseorang muslim dimasukkan ke neraka karena dosa-dosanya yang besar, maka api neraka tidak dapat membakar anggota tubuhnya orang yang telah bersujud ketika shalat.
  13. Allah mengharamkan api neraka bagi orang yang bersujud kepada-Nya.
  14. Amal yang paling disukai Allah adalah shalat tepat pada waktunya.
  15. Allah swt. sangat menyukai orang-orang yang bersujud kepada-Nya dengan perasaan sangat hina.
  16. Allah swt. sangat dekat dengan hamba-Nya ketika hamba-Nya sujud kepada-Nya.
  17. Shalat adalah anak kunci surga.
  18. Jika seseorang berdiri untuk shalat, pintu-pintu surga akan terbuka dan Allah swt. akan menyingkapkan hijab antara ia dengan Allah, selama ia tidak melakukan hal-hal yang dibenci dalam shalat.
  19. Orang yang sedang shalat diibaratkan sedang mengetuk pintu rumah Allah. Sebagaimana pada umumnya, pintu yang diketuk ia akan dibuka.
  20. Derajat shalat dalam agama seperti kedudukan kepala di badan.
  21. Shalat adalah nur bagi hati. Barangsiapa ingin hatinya senantiasa bersinar, maka sinarilah dengan shalat.
  22. Barangsiapa berwudhu dengan sempurna, lalu mengerjakan shalat dengan khusyu’ dan khudhu’, baik shalat fardhu ataupun sunah, dan ia ingin agar dosa-dosanya diampuni Allah, maka Allah akan mengampuninya.
  23. Setiap bumi yang di atasnya didirikan shalat atau mengingat Allah, maka tanah itu akan merasa bangga dibandingkan dengan tanah yang lainnya.
  24. Barangsiapa mengerjakan shalat dua rakaat lalu berdoa kepada Allah, Allah pasti akan mengabukan doanya. Adakalanya dipercepat atau diperlambat, sesuai dengan kepentingannya. Yang jelas, doanya akan dikabulkan.
  25. Barangsiapa mengerjakan shalat dua rakaat sendirian, tanpa seseorang yang melihatnya kecuali Allah dan para malaikat-Nya, maka api neraka tidak akan menyentuhnya.
  26. Jika seseorang muslim mendirikan shalat fardhu, maka Allah swt. akan mengabulkan salah satu doanya.
  27. Barangsiapa mengerjakan shalat lima waktu dengan khusyu’, dan melakukan ruku’, sujud, wudhu dan sebagainya dengan sempurna, maka wajib baginya surga dan haram atasnya neraka.
  28. Seorang muslim yang benar-benar menjaga shalat lima waktunya dengan istiqomah, maka syaitan akan takut kepadanya. Namun jika ia tidak mempedulikan shalat lima waktunya, syaitan akan menguasainya dan akan menyesatkannya.
  29. Amal yang paling utama adalah shalat pada awal waktu.
  30. Shalat adalah kurbannya para muttaqin.
  31. Amal yang disenangi Allah ialah shalat pada awal waktu.
  32. Barangsiapa pergi untuk menunaikan shalat Shubuh, berarti ia sedang membawa bendera iman ditangannya. Dan barangsiapa (memilih untuk) pergi ke pasar (dan meninggalkan shalat shubuh), berarti ia membawa bendera syaitan di tangannya.
  33. Empat rakaat sebelum Zhuhur sama pahalanya dengan empat raka’at shalat Tahajud.
  34. Rahmat Allah swt, bercucuran kee atas orang yang berdiri dalam shalat.
  35.  Sebaik-baik shalat (setelah shalat fardhu) adalah shalat malam, namun sangat sedikit yang mengerjakannya.
  36. Jibril as. datang kepadaku dan berkata, “Ya Muhammad, berapa lama pun engkau hidup, kamu pasti akan mati juga, betapapun engkau mencintai sesuatu, suatu hari engkau akan berpisah dengannya. Sesungguhnya engkau akan menerima balasan atas apa saja yang engkau lakukan (baik atau buruk). Tidak diragukan lagi bahwa kehormatan seseorang mukmin adalah dalam Tahajudnya, dan kemuliaan seorang mukmin adalah dalam qana’ahnya.
  37. Shalat malam dua rakaat lebih berharga daripada kekayaan di dunia ini. Jika tidak memberatkan umatku, aku akan mewajibkan shalat Tahajud.
  38. Jagalah shalat Tahajud, karena Tahajud adalah amalan para shalihin, dan penyebab untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghentikdan perbuatan dosa, penyebap ampunan dosa dan menyehatkan badan.
  39. Allah berfirman, “Hai anak Adam, janganlah malas untuk mengerjakan empat rakaat pada permulaan pagi, karena Aku akan mencurahkan rezekimu pada hari itu.”

Masih banyak lagi hadits-hadit tentang keutamaan shalat, jika ada tambahan silahkan share di kolom  komentar dibawah ini.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.