pengertian bangsa menurut para ahli

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli dan Faktornya

Diposting pada 85 views

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli dan Faktornya – Manusia merupakan makhluk sosial. Dibutukhan perkumpulan antara manusia agar kehidupan bisa berajalan dengan baik.

Sehingga dengan ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bangsa. Ada banyak sekali pengertian bangsa menurut para ahli. Berikut adalah ulasannya :

Pengertian Bangsa Menurut KKBI

1. Bangsa ialah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

2. Bangsa ialah golongan manusia, binatang, atau tumbuhan yang mempunyai asal usul dan sifat khas yang sama.

3. Bangsa ialah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan kebudayaan dalam arti umum, dan menempati wilayah tertentu di muka bumi.

Lebih lanjut : Pengertian Bangsa Secara Umum

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

1. Ernest Renan

“Bangsa ialah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita cita yang sama”

2. Jacobsen dan Lipman

“Bangsa merupakan kelompok manusia yang lahir karena adanya suatu kesatuan budaya dan kesatuan politik”

3. Otto Bauer

“Bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter  karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa”

4. Hanz Kohn

“Bangsa merupakan hasil proses perjuangan sejarah, golongan yang majemuk dan tidak bisa dirumuskan secara eksakta” 

5. Benedict Anderson

“Bangsa adalah suatu komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat”

6. Joseph Stalin

“Bangsa itu terbentuk secara historis, merupakan komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya sama”

7. Soekarno

“Bangsa disamping memiliki ciri ciri tertentu, juga harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air”

8. Muhammad Hatta

“Bangsa adalah suatu persatuan yang ditentukan oleh keinsyafan, sebagai suatu persekutuan yang tersusun menjadi satu yaitu terbit karena rasa percaya atas persamaan nasib dan tujuan”

9. Ki Bagoes Hadikoesoemo

“Bangsa adalah bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antara orang dengan wilayah”

Di atas merupakan pengertian bangsa menurut para ahli yang bisa kamu jadikan acuan dalam menentukan definisi dan filosofi mengenai bangsa. 

Faktor Faktor Pembentukan Bangsa Menurut Dasar Identitas

Dari penjelasan pengertian bangsa menurut para ahli di atas, mereka juga pasti mengacu kepada faktor faktor pembentukan bangsa. Setidaknya ada 5 faktor pembentukan bangsa menurut identitas. Diantaranya ialah faktor primordial, faktor sakral, faktor tokoh, faktor sejarah, dan faktor perkembangan ekonomi.

1. Faktor Primordial

Primordial ialah dasar pembentukan bangsa. Faktor ini meliputi kesamaan suku bangsa, adat istiadat, bahasa, budaya, dan lain sebagainnya. Faktor primordial suatu bangsa tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Karena ini yang paling dasar dalam suatu bangsa.

2. Faktor Sakral

Faktor sakral ini berupa ideologi. Faktor sakral pembentukan indonesia ialah ideologi pancasila. Kesamaan agama atau kepercayaan bisa membentuk sebuah bangsa. Contohnya ialah negara arab saudi yang warga negaranya semua memeluk agama islam.

3. Faktor Tokoh

Tokoh suatu bangsa merupakan orang yang paling dihormati oleh masyarakat. Ia berperan sebagai pemersatu rakyat, ideologi, dan sebagai simbol pemersatu bangsa. Contohnya kalau di indonesia ialah Sukarno dan Mahatma Gandhi di India.

4. Faktor Sejarah

Kesamaan sejarah dan nasib merupakan faktor pembentukan bangsa. Solidaritas yang tinggi atas kesamaan ini bisa membentuk sebuah bangsa yang dipelopori oleh tokoh berpengaruh.

5. Faktor Perkembangan Ekonomi

Ekonomi yang berkembang di suatu wilayah berarti menandakan bahwa orang orang didalamnya saling bergantungan satu sama lain. Sehingga ini juga merupakan faktor pembentukan bangsa.

Telah dijelaskan mengenai pengertian bangsa menurut para ahli dan faktor faktor pembentukan bangsa. Pendapat para ahli tentunya mengacu kepada faktor faktor tersebut.