pengaruh komputer di kehidupan sehari hari

Pengaruh Teknologi Komputer dalam Kehidupan Sehari-Hari​

Diposting pada 311 views

Pengaruh Teknologi Komputer dalam Kehidupan Sehari-Hari​ – Pengaruh komputer dari masa ke masa semakin merambah ke seluruh lapisan masyarakat. Padahal, dulunya hanya beberapa kalangan masyarakat yang menggunakan komputer. Harga komputer yang terjangkau untuk hampir semua lapisan masyarakat membuat komputer bukan barang yang langka lagi.

Meskipun bagi sebagian orang merasa komputer masih mahal, namun mereka tetap mengusahakan memilikinya. Hal ini, karena hampir di seluruh aspek kehidupan membutuhkan teknologi komputer. Apalagi di era pandemi dimana hampir seluruh aktivitas belajar dan bekerja dilakukan secara online, kita tidak bisa terlepas dari teknologi komputer. Apa pengaruh teknologi komputer bagi kehidupan sehari-hari? Artikel kali ini akan mengulasnya secara lengkap.


Pengaruh Teknologi Komputer

Teknologi komputer memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi melalui internet. Komputer tidak hanya digunakan untuk mereka yang sudah bekerja, namun sejak masih duduk di bangku sekolah komputer telah menjadi kebutuhan para murid dan guru. Apalagi, bagi kamu yang ingin mencari banyak hal di internet dan tertarik dengan teknologi digital. Di bawah ini beberapa pengaruh teknologi komputer dalam kehidupan sehari-hari.

1. Media Pembelajaran yang Interaktif

Pengaruh teknologi komputer yang pertama ialah media pembelajaran yang interaktif. Terdapat banyak cara yang bisa tenaga pendidik persiapkan untuk membuat media pembelajaran yang kreatif dan interaktif, misalnya membuat video pembelajaran berupa animasi dan menyiapkan presentasi dengan power point.

Pembelajaran yang interaktif akan meningkatkan minat siswa dalam belajar. Karena tidak bisa dipungkiri siswa di era saat ini lebih senang dengan metode yang menyenangkan dalam menerima materi.

2. Membantu Pelajar untuk Sekolah di Masa Pandemi

Aplikasi video conference membantu para pelajar tetap bisa bersekolah secara online. Bayangkan, kalau saat ini teknologi komputer belum populer seperti sekarang. Kegiatan belajar mengajar pasti akan mengalami kendala dalam menyampaikan materi kepada para siswa bahkan kemungkinan besar sekolah terpaksa diliburkan di masa pandemi sekarang.

3. Penyimpanan dan Pencarian Data

Dengan bantuan komputer menyimpan data lebih mudah, kita bisa menyimpan data pada perangkat penyimpanan (flashdisk), penyimpanan online (google drive dan cloude) dan pada sistem penyimpanan terintegrasi online.

Data kependudukan terintegrasi secara online, sehingga pihak yang membutuhkan data tersebut dan memiliki hak akses dapat memperoleh data tersebut secara online serta melakukan perubahan bila terdapat informasi tambahan dari penduduk yang bersangkutan. Tentunya, tidak semua orang memiliki akses untuk melihat data-data penting. Hanya pegawai pemerintah berwenang yang memiliki akses untuk melihat dan melakukan perubahan.

4. Menemukan Informasi Terkini

Kamu mencari informasi, tugas sekolah atau kuliah, bahkan berita? Semuanya sangat mudah kamu dapatkan di internet. Seperti artikel yang sedang kamu baca ini juga merupakan sumber informasi.

5. Bekerja dari Rumah (WFH)

Pengaruh teknologi komputer selanjutnya bekerja dari rumah. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan secara WFH (Work From Home), sebagian besar pekerjaan ini di bidang industri kreatif.

6. Komunikasi yang Cepat

Teknologi komputer membantu mu untuk berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Berkirim surat, sekarang kamu bisa mengubahnya dengan berkirim email.

Okey teman-teman, itulah pengaruh komputer dalam kehidupan sehari-hari. Mengikuti perkembangan komputer sangat penting di era saat ini. Jangan sampai kamu ketinggalan ya. Namun, kamu harus tetap selektif agar tidak terkena pengaruh negatif. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Cek juga artikel lainnya:

Tutorial Microsoft Word
Grup pada Menu View Program Paint