Peinsip Kerja dan Fungsi Rem

  • Whatsapp
PRINSIP KERJA DAN FUNGSI REM
Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan (tidak dihubungkan) dengan pemindahan daya (kopling, transmisi, propeller shaft, dll), kendaraan cenderung tetap melaju. Kelemahan ini harus diatasi dan dikurangi dengan maksud untuk mengurangi kecepatan kendaraan hingga berhenti.
 
Mesin mengubah eenergi panas menjadi energi kinetik (energi gerak) untuk kmenggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi gerak menjadi energi panas untuk mengurangi atau menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek.
Gambar 1.1. Prinsip Kerja rem
Peinsip Kerja dan Fungsi Rem
Peinsip Kerja dan Fungsi Rem

Fungsi dan tujuan dipasangnya rem pada kendaraan adalah untuk memperlambat laju kendaraan, mengurangi kecepatan, berhenti atau memarkir kendaraan, Dengan kata lain rem berfungsi untuk mengontrol atau mengatur kecepatan kendaraan untuk menghindari kecelakaan dan merupakan alat pengaman yang berguna untuk memperlambat dan atau menghentikan kendaraan.

Baca juga : Komponen-komponen Rem Tromol

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *