pengalaman naik prameks saat new normal

Apakah Naik KAI Prameks Perlu Surat Sehat? Pengalamanku saat New Normal

Diposting pada 113 views

Kali ini saya tergerak untuk berbagi cerita perihal naik kereta KAI prameks ketika masa new normal, sekaligus menjawab pertanyaan apakah naik prameks perlu membawa surat sehat?

Kita tahu bahwa prameks merupakan kereta favorit yang dulunya sering dipakai untuk bermobilisasi dari solo, klaten, jogja hingga kutoarjo dan sebaliknya.

Kereta yang dulunya dikenal cukup penuh sesak, bahkan saya sendiri pernah beberapa kali harus berdiri selama perjalanan jogja-solo karena tidak mendapat tempat duduk, tapi sekarang berbeda 180 derajat. Banyak kursi kursi kosong dan bisa sumpahh sepi sekali, seperti bukan prameks yang sebelumnya.

Foto : dok pribadi. Suasana stasiun tugu sepi.

Tapi ya mungkin masyarakat masih takut untuk naik kendaraan umum, dan memang pihak KAI juga membatasi jumlah penumpang dan mengurangi kapasitasnya hingga 70%.

Pemesanan Tiket Prameks

Masa pandemi tentu saja membawa perubahan yang sangat besar dan berdampak bagi hampir semua kalangan. Untuk pemesanan tiket prameks tidak jauh berbeda dari yang sebelum-sebelumnya yaitu :

  1. Melalui aplikasi KAI
  2. Datang langsung ke loket pembelian tiket di stasiun
  3. Atau membeli langsung sebelum 3 jam keberangkatan (go show).

Waktu itu saya memesan melalui aplikasi KAI dengan pembayaran melalui link aja. Memang melalui aplikasi adalah cara yang paling mudah, tidak perlu ke stasiun dan tidak perlu takut kehabisan tiket karena belinya bisa 7 hari sebelum keberangkatan.

Untuk pembekian tiket secara langsung, Anda juga harus mematuhi protokol kesehatan. Tidak seperti sebelumnya yang antrinya berdesak-desakan, kini harus ada jarak sekitar 1 -2 meter dan sudah diberi tanda.

Maka dari itu, buat Anda yang ingin naik prameks, saya saranin untuk membelinya melalui aplikasi KAI. Bisa di download di play store ya.

Masuk Ke dalam Stasiun, Ini Syaratnya ! Perlu Surat Sehat?

Sebelum masuk ke dalam kereta, tentu saja harus masuk ke stasiunnya terlebih dahulu, masa iya harus lompat. Pada saat masuk ke dalam stasiun inilah kita perlu mematuhi persyaratan yang diberikan oleh PT KAI. Apa sajakah itu?

  • Sehat jasmani dan rohani. Tidak sedang demam, pilek, panas atau meriang.
  • Memakai masker, maskernya bebas mau warna warni, hijau atau masker yang ada busanya, emm.
  • Menggunakan jaket atau lengan panjang.
  • Pada saat masuk, Anda akan diperiksa suhu tubuhnya. Jadi pastikan suhu tubuhnya normal ya.
  • Tunjukan tiket Anda.

Dari list di atas, kok tidak ada surat sehat? Memang untuk perjakanan lokal menggunakan KAI Prameks tidak perlu memakai surat sehat, yang penting mematuhi prosedur dan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh KAI.

Jaga Jarak Saat Naik Kereta KAI Pramesk

Tidak hanya pada saat pembelian tiket dan masuk ke stasiunnya yang harus jaga jarak, di dalam kereta pun juga harus menerapkan protokol kesehatan yang satu ini.

Pada kursi kereta sudah diberi tanda silang yang artinya tidak boleh untuk diduduki, artinya dari dua kursi yang boleh diduduki hanya 1 kursi saja.

jaga jarak dalam kereta
Foto : dok pribadi. Saat naik KAI Prameks dari solo balapan ke tugu jogja.
jaga jarak dalam kai prameks
Foto : dok pribadi. Suasana dalam kereta pramek dari stasitun tugu ke solo balapan

Tapi, ada juga yang dua kursi boleh diduduki semua. Ini menyediakan untuk dua orang yang satu keluarga, semisal bapak dan anak, suami istri, kakak dan adik. Mereka itu kan satu rumah, jadi sekalipun tidak jaga jarak juga tidak apa-apa, toh di luar mereka juga bareng-bareng terus.

Di beberapa lokasi juga disediakan hand sanitizer yang bisa penumpang pakai untuk mensterilkan tangan. Dan ini gratis kok, setelah sampai di stasiun juga sudah disediakan tempat cuci tangan sepaket dengan sabunnya.

Baca juga : Pengalaman Kerja Casual Bagian Service di Hotel Bintang 5 Jogja

Tips Naik Kereta Prameks saat New Normal

stasiun balapan
Foto : dok pribadi saat perjalanan pulang dari stasiun solo balapan ke jogja.

Beberapa tips di bawah ini semoga dapat membantu Anda yang akan naik kereta api :

  • Memakai 1 masker dan membawa 1 buah masker cadangan untuk berjaga-jaga.
  • Bila perlu, bawa 1 handsanitizer.
  • Kenakan lengan panjang bisa jaket atau sweater.
  • Datang lebih awal, takutnya ngantri karena perlu dicek suhu tubuhnya.
  • Pastikan dalam kondisi sehat dan suhu normal.
  • Tetap hati-hati di kereta.

Semoga artikel di atas dapat menjawab pertanyaan Anda ya tentang apakah naik KAI prameks harus menggunakan surat sehat atau tidak? Share artikel ini ke temanmu yang sering naik KAI Prameks !!.

Baca juga : 9+ Tips Biar Ganteng, No 5 Wajib Untuk Dilakukan !

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.