motto hidup tentang pemuda

90+ Motto Bijak Tentang Pemuda dari Najwa Shihab, Panji dan Marry Riana

Diposting pada 75 views

Motto Bijak Tentang Pemuda – Apa definisi masa muda menurut Anda? Selama ini, masa muda sering diartikan sebagai permulaan proses pendewasaan seseorang. Pada tahap ini biasanya, seseorang akan mulai mengeksplore dirinya dengan cara mencoba hal – hal baru. Ini tentu menarik dibahas. Pasalnya, berbicara masa muda akan berlanjut pula dengan membahas berbagai hal menyangkut perasaan, terlebih ketika proses penyesuaan diri. Salah satunya seperti kelabilan perasaan.

Anda tentu tahu. Dalam proses penyesuaian ini, seseorang akan mulai mencari cara mengatasi serta mengungkapkan apa yang dirasakan dengan baik. Dengan cara bercerita, atau yang paling sering mengungkapkan secara tersirat lewat motto bijak pemuda. Dewasa ini, kata bijak sendiri mudah sekali ditemukan. Selain dari buku, kata bijak juga bisa Anda dapatkan melalui ucapan seorang tokoh inspiratif, lho. Bagaimana penasaran? Yuk cari tahu melalui pembahasan di bawah ini.

Tokoh Inspiratif Bagaimana yang Patut Didengar?

Pada dasarnya, tidak ada batasan untuk mendengarkan kata – kata apapun selama apa yang dikatakan itu baik. Artinya, bukan hanya terpatok dari siapa yang mengatakan, namun lebih kepada apa yang dikatakan.

Lantas pertanyaannya mengapa Anda perlu mendengarkan motto bijak dari tokoh inspiratif? Padahal orang biasapun mungkin bisa memberikan kata – kata yang sama? Pada hakikatnya, tujuan mendengarkan kata bijak dari seorang tokoh, yaitu agar Anda bisa lebih termotivasi atas apa yang telah diraih oleh orang yang mengucapkan.


Nah gambaran sederhananya, jika bukan tokoh inspiratif yang telah memiliki pengalaman akankah Anda percaya? Salah satu alasan inilah, mengapa biasanya seseorang akan lebih mencari kata bijak yang diucapkan oleh tokoh – tokoh tertentu. Misalnya tokoh yang memiliki kriteria: tidak mudah menyerah, mempunyai semangat juang tinggi, gigih dalam berjuang meraih mimpi, dan lain sebagainya.

Contoh Motto Bijak Keren untuk Anak Muda dari Beberapa Tokoh Inspiratif Indonesia

Bagi Anda para milenial muda, mendapatkan motto bijak inspiratif sangatlah mudah. Tidak perlu mencari tokoh bijak luar negeri. Sebenarnya di Indonesia sendiri, ada banyak sekali tokoh – tokoh inspiratif keren yang suka membagikan kata – kata motivasi untuk para kaum muda. Adapun tokoh – tokoh tersebut, di antaranya:

1. Motto Bijak Pandji Pragiwaksono

Bagi pecinta salah satu acara televisi ‘Stand Up Comedy’ pandji pragiwaksono tentu tidak asing. Pandji merupakan salah satu komedian yang aktif diberbagai bidang mulai dari, presenter, penyiar radio, penulis, hingga pengisi acar publik.

Dipandangan para milenial muda, sosoknya dikenal sebagai komedian yang memiliki argumen serta motto bijak yang menarik lagi inspiratif. Dikutip ditengah tampilan lawaknya, berikut beberapa kata – kata atau quotes pemuda milik Pandji dari berbagai sumber:

  1. Di dunia hanya ada 2 jenis anak muda. Pertama, mereka yang selalu menuntut perubahan. Kedua, mereka yang menciptakan perubahan. Di antara keduanya, pilihan perjuangan ada ditanganmu.
  2. Ada sesuatu yang jauh lebih berharga dibandingkan segala kecepatan yang tersedia di zaman ini, yaitu proses.
  3. Semakin mengerti, tumbuh dewasa telah mengajarkanku pemahaman dan pandangan baru.
  4. Hakikat pahlawan yang sesungguhnya yaitu dia yang mau mengarungi kenyamanannya, dan bersedia berjuang untuk kenyamanan orang lain.
  5. Menjadi tidak populer berarti menjadi spesifik.
  6. Apa kunci penjualan yang baik, yaitu membangun antusiasme.
  7. Orang Indonesia sering menangkap apa yang diucapkan dari pada mengambil apa yang dimaksud.
  8. Seandainya semua orang tahu apa yang saya ketahui mengenai Indonesia, maka mereka juga akan memiliki optimis.
  9. Ekspektasi kebahagiaan seseorang akan semakin sederhana seiring sederhananya karakter orang tersebut.
  10. Seseorang tidak akan mampu melakukan apa pun, selama cara pandang serta opini yang diutarakan tidak didapat dari realitas. Dan selama keaktifan di media sosial tidak dibarengi dengan pemahaman situasi lapangan.
  11. Pada dasarnya, bukan kita yang bertugas untuk menyeragamkan seisi bumi. Karena justru perbedaan itulah yang menjadi pilihan, serta keadaan yang memang diciptakan Tuhan.
  12. Di dunia ini, jelek akan dicerca, namun baik pun tak akan menjadikanmu bahan cerita.
  13. Seiring waktu, kedewasaan akan otomatis datang ketika Anda memiliki kemauan untuk mengambil suatu keputusan dari keadaan hidup paling sulit.
  14. Setelah keliling Indonesia, semakin sadar bahwa apa yang selama ini saya pikirkan tentang definisi Indonesia itu Jakarta ternyata salah. Sebab untuk menggambarkan seluruh Indonesia sendiri, Jakarta sama sekali tidak mampu mewakili sedikit pun dari keseluruhan itu.
  15. Sedikit berbeda pada dasarnya jauh lebih baik dari pada sedikit lebih baik.
  16. Cinta merupakan hal mutlak terakhir yang bisa kita berikan pada anak. Dan ketika tidak mampu, maka kita tidak akan bisa memberikan apapun lagi?.
  17. Tugas kita hanya sebatas hidup damai, nyaman, bahagia, dengan apapun perbedaan. Selebihnya, soal keseragaman bumi bukan urusan kita.
  18. Bagaimanapun cinta masih tetap bisa diberikan tanpa harus menjadi anti terhadap yang lain.
  19. Hakikat kebahagiaan hidup yaitu saat Anda mampu memiliki prestasi.
  20. Tak peduli sedikit apapun harta yang Anda miliki saat ini. Selama masih mampu berprestasi hidup Anda tetap berharga.
  21. Untuk memukau dunia, tak perlu khawatir. Berkaryalah dengan bahasa ibu yaitu bahasa Indonesia.
  22. Memfokuskan kemampuan sumber daya manusia merupakan kunci memperbaiki bangsa.
  23. Kita tidak perlu menyiapkan banyak hal untuk mempersiapan masa depan. Kita hanya butuh memperkaya sumber daya manusia. Salah satunya dengan cara memberinya pendidikan.
  24. Selama tahu kunci pemasarannya, tidak ada barang yang tidak laku.
  25. Sebenarnya pemasaran yang salah lah yang menjadi alasan utama mengapa ada istilah barang tidak laku.
  26. Membeli barang mungkin akan membuat Anda kaya dalam hal kepemilikan. Sebaliknya membeli pengalaman akan membuatmu kaya kepribadian.
  27. Jangan pernah menyerah meskipun Anda merasa tidak memiliki satu pun bakat. Karena selama mau bekerja keras, bakat kalah. Dan Anda akan menang.
  28. Saat seseorang memiliki bakat namun melupakan kerja keras, maka akan tersingkir oleh dia yang mau kerja keras meski tidak memiliki bakat.
  29. Kunci dari berkarya yaitu ketika Anda mau terus bertumbuh meski hanya sedikit.
  30. Bukan hal yang benar berusaha memenangkan pertarungan lewat hinaan.

Baca juga : Motto Pendidikan dari Para Tokoh

2. Motto Bijak dari Najwa Shihab

Najwa Shihab atau yang lebih akrab disapa sebagai Nana, merupakan jurnalis profesioal yang dikenal memiliki wawasan yang sangat luas. Hal itu dapat Anda lihat melalui berbagai tanggapan inspiratif serta informatif Najwa dalam salah satu program televisi ‘Mata Najwa’.

  1. Dalam program tersebut, Anda para generasi muda bisa belajar dari kutipan motto bijak pemuda Najwa Shihab, ditengah menyampaikan kritik, sindiran, maupun renungan. Beberapa kata – kata tersebut di antaranya.
  2. Jika masa muda hanya Anda sibukkan dengan urusan sendiri. Bagaimana mungkin akan bersikap anti korupsi.
  3. Bagaimanapun menciptakan sesuatu yang baru akan jauh lebih baik dari pada meniru.
  4. Tanpa diisi dengan hal baru, proses hidup akan habis. Maka biarlah orang yang meniru, Anda jangan!
  5. Bukan kapital. Indonesia lebih butuh dua hal, yaitu solidaritas dan modal sosial.
  6. Kondisi rakyat akan bergantung pada pemimpin. Semakin tidak harmonis, maka rakyat akan merasa semakin teriris.
  7. Di dunia ini ada dua sisi yang tidak bisa dipisahkan, yaitu harta dan tahta. Tidak heran jika uang diputar sebagai bahan bakar kekuasaan.
  8. Untuk membuat semua orang berpartisipasi, inspirasi menjadi kunci utama. Tak henti bahu membahu serta mengabdi bersama untuk memperbaiki negeri.
  9. Tidak ada yang lebih melelahkan selain ingin terlihat keren hanya dengan cara mengikuti tren.
  10. Kaum muda adalah tempat untuk menitip masa depan. Karenanya jangan biarkan ego dan dendam membuat hangus jiwa.
  11. Sesungguhnya ego dan dendam merupakan kunci penghancur jiwa. Maka jangan bernah biarkan bersemayam.
  12. Hanya karena mengutamakan nikmat duniawi, banyak anak muda melupakan visi dan misi sehingga terjun dalam jurang korupsi.
  13. Sebagai pejuang, sebelum terlambat larilah dengan cepat.
  14. Pada dasarnya, kunci membuat seseorang tidak mudah termakan fitnah serta mencaci maki yaitu dengan membuatnya melek informasi.
  15. Diantara kebenaran dan kepastian ada dua hal yang mengepung. Yaitu uang dan kekuasaan.
  16. Terkadang uang mampu membuat kebenaran mengapung.
  17. Berani melawan arus adalah kunci untuk bisa mendobrak kepalsuan yang terlanjur menjadi serius.
  18. Sebenarnya penjara yang menjadi hukum negara itu sungguh – sungguh atau pura – pura.
  19. Masa depan negeri ada pada pundak pemimpin yang bebas dari korupsi.
  20. Ketika ketegakan hukum hanya dinilai dari bayaran, maka keadilan selamanya akan menjadi barang sukar.
  21. Perjuangan merupakan kunci ketegakan harapan saat banyak hal berjalan lamban bahkan tidak lagi dikeluhkan.
  22. Musuh utama pemimpin dalam berupaya mengubah kota adalah mereka para kaum mapan.
  23. Mereka yang layak dijatuhkan akan dibuat hitam sejarah.
  24. Bagaimanapun sejarah akan berlaku adil. Yang buruk akan dihitamkan dan yang baik akan ditinggikan.
  25. Sekolah harus terus membuka diri, dan guru jangan pernah takut menyesuaikan diri kembali dengan hal baru dari perubahan.
  26. Dengan kepongahan ngeri yang semakin sinis, pemuda tak memiliki waktu berlaku manis.
  27. Kekurangan yang dimiliki seorang pemimpin tidak seharusnya menjadi hal yang patut dikhawatirkan. Selama keterbukaan masih menjadi landasan dalam kepemimpinannya.
  28. Tidak ada orang yang lebih tercela melainkan politisi yang mengabdi hanya untuk kepentingan diri sendiri.
  29. Apapun alasannya, pantang menggadai simbol dan panji agama. Apalagi di bulan suci yang mulia.
  30. Ketika penguasa lebih mengutamakan dukunya, maka jabatan selamanya akan berlaku menjadi berhala.
  31. Ditengah persaingan, ada dua kunci yang wajib Anda tahu. Pertama, kemampuan membaca medan. Dan kedua, kecerdikan melihat kesempatan.

Baca juga : Motto Islami Penuh Makna

3. Motto Bijak dari Marry Riana

Marry Riana bisa menjadi satu panutan anak muda khususnya bagi yang kini tengah berproses meraih kesuksesan. Pasalnya sudah bukan rahasia lagi jika motivator Indonesia ini merupakan sosok yang gigih dan pantang menyerah.

Atas segala pengalaman inspiratif Marry tersebut, kisah hidupnya kini telah ditulis dalam sebuah buku berjudul ‘Marry Riana: Mimpi Sejuta Dolar’. Yang pada tahun 2014 lalu dirilis menjadi sebuah film.

Selama ini, motto bijak Marry juga banyak dicari sebagai media inspirasi serta motivasi semangat bagi anak muda. Di antara banyak kata – kata Marry Riana, berikut sebagian contohnya.

  1. Meskipun sendirian, pada hakikatnya Dia selalu ada bersama Anda saat berjalan. Jadi jangan pernah takut.
  2. Satu yang perlu Anda tahu. Saat Anda merasa hidup terasa tidak nyaman, pada saat itulah sebenarnya Anda sedang bertumbuh.
  3. Seperti halnya mengendarai sepedah. Saat terlalu lama berhenti, maka Anda akan jatuh. Ibarat ini berlaku juga dalam membangun bisnis.
  4. Saat kemarahan kita balas dengan hal yang sama. Saat itu pula kita telah memberikan cermin keburukan kepadanya.
  5. Terkadang dunia membawa Anda pada titik dimana apa yang Anda butuhkan adalah hal yang paling Anda takutkan.
  6. Peran pengalaman akan terlihat saat Anda berada pada situasi lapangan yang tidak sesuai dengan teori yang dipelajari.
  7. Semuanya tidak akan abadi. Jadi tersenyum dan segera lepaskan beban hatimu.
  8. Berhenti berkeluh kesah, karena sebenarnya hidup yang sangat berharga.
  9. Pejuang sejati adalah dia yang menerima dengan jiwa besar apapun yang terjadi. Kalaupun ingin mengubahnya, dia akan menggunakan cara positif.
  10. Ada banyak hal yang dibutuhkan untuk bisa sampai pada kebahagiaan hidup. Yaitu kerendahan hati, pengorbanan, cinta, serta do’a.
  11. Sekali waktu, mengambil jeda untuk sebuah perencanaan tidak apa. Namun jika kesempatan bertindak tiba, berhenti berfikir dan segera melangkah maju.
  12. Berawal dari hati turun menuju kaki kemudian menjadi aksi.
  13. Jangan hanya direncanakan dan dipikirkan. Cita – cita butuh untuk diwujudkan serta diperjuangkan.
  14. Kesalahan besar yang menjadi penghalang kesuksesan yaitu takut untuk menghadapi kegagalan.
  15. Kesalahan Anda dalam berkata atau berbuatan terhadap orang lain, ibarat paku yang menancap dalam pada kayu. Meski telah dicabut bekas akan tetap ada. Jadi berhati – hatilah.
  16. Di dunia ini, terkadang sesuatu yang pahit justru akan menjadi satu obat luka.
  17. Jangan pernah berhenti untuk melakukan hal – hal yang awalnya menjadi permulaan pasanganmu jatuh cinta. Meskipun hanya melalui hal – hal kecil.
  18. Dititik paling rendah sekalipun, harapan akan tetap ada. Karena harapan terakhir hanya ada ditangan Dia.
  19. Doa merupakan komunikasi paling ampuh diatas handphone mahal dan canggih sekalipun.
  20. Sebagai manusia kita memiliki tujuan hidup untuk mencintai. Pertama, mencintai sang pencipta dan kedua, mencintai sesama manusia.
  21. Jadilah sosok pensil yang mampu menuliskan kisah bahagia, dan jadilah penghapus yang mampu menghilangkan cerita sedih.
  22. Seberhasil apapun Anda dalam meraih semua mimpi, tanpa restu orang tua hatimu tetap akan sulit bahagia.
  23. Kegagalan dan kesuksesan hanya terpisah diantara garis batas tipis.
  24. Besarnya celah kesalahan saat berbicara adalah ketika Anda tak mampu untuk berbicara seperlunya.
  25. Orang optimistis adalah dia yang mampu melihat kesempatan dibalik sebuah kegagalan saat orang lain tidak melihatnya.
  26. Sadar atau tidak. Ketika Anda mengalami kegagalan, saat itu pula Anda memiliki satu benih kesuksesan.
  27. Tidak penting dimana kaki Anda berpijak sekarang. Tetapi dimana esok kaki Anda berada.
  28. Pada dasarnya, hakikat kecantikan tidak dinilai sebatas wajah saja. Namun lebih terletak pada pikiran, hati, serta jiwa.
  29. Do’a adalah kunci hidup tenang setiap harinya.

Baca juga : Contoh Motto Skripsi Terbaik

Saat Anda berada pada titik dimana semuanya terasa sempit dan sulit, maka jangan dulu mengeluh. Ingatlah bahwa masih ada yang lebih menderita di atas apa yang Anda rasakan sekarang.

Di antara semua contoh motto bijak pemuda dari tokoh inspiratif Indonesia di atas, kata mana yang paling mengena dan langsung menginspirasi Anda? Yang manapun itu, semoga kata bijak tersebut tidak hanya sekedar menjadi bacaan saja, ya. Namun juga jadi salah satu alasan Anda untuk kembali berjuang meneruskan proses.

Temukan juga kata-kata bijak yang lain berikut ini :