Mengapa Manusia Purba Banyak Yang Tinggal Di Tepi Sungai?

Diposting pada 15.239 views

Kitapunya.net, Mengapa Manusia Purba Banyak Yang Tinggal Di Tepi Sungai? – Manusia purba telah ada sejak ribuan bahkan ratusan ribu tahun yang lalu, yang menjadi awal dari peradaban manusia. Berbagai proyek penelitian dan penggalian dilakukan untuk mengungkap sejarah bagaimana kehidupan manusia zaman dulu.  

Beberapa daerah seperti trinil dan sangiran yang menjadi situs manusia purba, sebagai tempat penelitian dan penggalian fosil-fosil manusia. Seperti di daerah bengawan solo yang menjadi tempat penelitin Eugene Dubois yang menemukan fosil manusia purba Pithecanthropus Erectus.   Bagitu juga penelitian-penelitian yang lain sampai menemukan manusia sempurna atau manusia bijak yang dalam bahasa latinnya disebut dengan homo sapiens.  

Para peneliti banyak yang melakukan penelitian di bantaran sungai, karena memang disitulah yang menjadi tempat paling strategis untuk manusia purba tinggal. Lantas pertanyaannya mengapa manusia purba itu banyak yang tinggal di tepi sungai?   Pertanyaan yang sangat bagus, dan butuh analisa yang kuat untuk menjawabnya. 

Baca juga artikel sebelumnya : Mengapa para ahli banyak melakukan penelitian di bantaran sungai?  

Mengapa Manusia Purba Banyak Yang Tinggal Di Tepi Sungai?

Sungai, itulah jawabannya. Mengapa manusia lebih suka hidup di dekat sungai, itu dikarenakan sungai menjadi aspek dan bagian penting dalam hidup mereka.   

1. Sungai dijadikan sebagai sumber air

Air adalah sumber kehidupan semua makhluk, tidak hanya manusia tapi juga hewan dan tumbuhan. Manusia purba dengan hidup di tepi sungai, sudah pasti kebutuhan airnya akan tercukupi. Kebutuhan air ini meliputi untuk memasak, minum, mandi, dll.  

2. Sumber makanan mudah didapat

Tidak hanya manusia yang membutuhkan air, tapi juga hewan dan tumbuhan. Dengan begitu manusia akan lebih mudah menemukan hewan di tepi sungai yang sekedar mampir untuk minum, tumbuhan pun juga hidup subur di tepi sungai. Belum lagi hewan seperti ikan dan kerang yang hidup di sungai yang bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber makanan.  

3. Sumber irigasi/perairan

Manusia purba ada yang sudah mengenal bercocok tanam, maka dari itu tanah yang subur dan mudahnya irigasi menjadi alasan penting mengapa mereke lebih memilih tinggal di tepian sungai.   

Baca juga : Kapan Zaman Pra-Aksara Berakhir di Indonesia?  

Itu adalah beberapa alasan mengapa manusia purba banyak yang tinggal di tepi sungai, alasan pastinya karena sungai memegang peranan penting dalam kehidupan mereka.

Baca juga : Contoh Peninggalan Kebudayaan Messolithikum

Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.