daftar benua dan samudra di dunia

Daftar 6 Benua dan 5 Samudra di Dunia

Diposting pada 1.454 views

Di dunia ini mempunyai banyak keragaman. Contohnya saja Benua dan Samudra. Benua sendiri adalah daratan yang luas yang berada di permukaan bumi.

Di dunia ini terdapat 6 benua. benua itu adalah ASIA, EROPA, AUSTRALIA, ANTARTIKA, AMERIKA, dan AFRIKA.  

Dan yang kedua adalah Samudra, Samudra adalah lautan yang sangat luas yang dibatasi oleh Benua atau kepulauan besar lainnya. Samudra di Dunia ada 5. yaitu Antartika, Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik. Saya akan menjelaskan satu per satu nantinya.

Daftar Benua di Dunia

1. Benua ASIA

Benua Asia merupakan benua yang terbesar di dunia. Luasnya bisa mencapai 44.579.000 KM2. Bukan hanya luasnya saja, benua ini juga mempunyai penduduk terpadat.


Benua ASIA juga membagi wilayahnya menjadi 5 wilayah. wilayah itu adalah ASIA Tengah, ASIA Timur, ASIA Tenggara, ASIA Selatan, dan ASIA Barat.

Batas Batas dari Benua ASIA ini adalah Sebelah Utara: Laut Arktik. Sebelah Selatan: Samudra Hindia. Sebelah Timur: Samudra Pasifik, Selat Bering. Sebelah Barat: Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural.  

2. Benua EROPA

Benua EROPA merupakan benua yang merupakan benua terkecil kedua setelah Benua Australia. Luasnya hanya mencapai 10.180.000 KM2. Benua ini didominasi dengan Negara Negara Maju.

Batas Batas dari benua ini Adalah Sebelah Utara: Samudra Arktrik. Sebelah Selatan: Laut Tengah dan Laut Hitam. Sebelah Timur: Benua ASIA. Sebelah Barat: Samudra Atlantik. Penduduk di benua ini mencapai 742,5 juta (2013).  

3. Benua AFRIKA

Benua Afrika merupakan benua yang bisa digolongkan masih alami. Benua ini mempunyai luas 30.224.050 KM2. Afrika merupakan benua yang terluas ke tiga setelah asia dan Amerika. di benua ini rata rata Padang Pasir.

Di benua ini terdapat Gurun Pasir terluas di dunia yaitu gurun Sahara. Batas Wilayahnya adalah Sebelah Utara: Laut Tengah. Sebelah Selatan: Samudra Atlantik. Sebelah Timur: Samudra Hindia dan Laut Merah. Sebelah Barat: Samudra Atlantik.  

4. Benua AMERIKA

Benua Amerika merupakan benua yang terbesar kedua setelah Benua ASIA. Luasnya mencapai 42.188.000 KM2. Batas benua AMERIKA adalah Sebelah Utara: Laut Arktik dan Pulau Grenn Land. Sebelah Selatan: Samudra Pasifik Selatan. Sebelah Timur: Samudra Atlantik. Sebelah Barat: Selat Bering dan Samudra Pasifik.  

5. Benua ANTARTIKA

Benua arktik adalah benua yang berada di sekitar kutub utara. Benua ini didominasi oleh salju, karena letak benua ini berada di kutub utara. Luas benua ini adalah 15.540.000 KM2. Batas Batas wilayahnya adalah Benua ini dibatasi oleh samudra Hindia, Samudra Pasifik, Samudra Atlantik.

6. Benua Australia

Dilansir dari wikipedia, benua Australia merupakan benua yang terletak di selatan Indonesia dan memiliki luas 8.945.000 Km2. Benua Australia ditemukan oleh seorang yang beraasal dari Inggris bernama James Cook pada tahun 1770. Karena itu sampai sekarang Australia masih termasuk dalam persemakmuran Inggris.

Dalam geologi, Australia (juga disebut Australia-Nugini, Sahul, Meganesia, Australia Besar, Australasia, atau Australinea) adalah sebuah benua yang terdiri dari (dalam kelompok ukuran) tanah daratan Australia, Guinea Baru, Tasmania, dan beberapa pulau terdekat, yang berada di landas kontinen yang sama.

Daftar Samudra di Dunia

1. Samudra PASIFIK

Samudra Pasifik merupakan samudra paling luas di Dunia. Samudra ini mempunyai luas 179,7 juta KM2. Di Dasar samudra ini merupakan pusat gempa di jepang. dan di samudra PASIFIK ini banyak terdapat gunung gunung laut. Samudra ini mempunyai peranan penting dalam menjaga kestabilan global.

2. Samudra ATLANTIK

Samudra Atlantik merupakan samudra kedua yang terbesar setelah Samudra Pasifik. Luas samudra ini mencapai 106.450.000 KM2. Di Samudra ini mempunyai cerita yang misterius. Cerita itu adalah tentang Segitiga Bermuda. Konon katanya kapal atau pesawat yang lewat di Segi Tiga Bermuda ini akan menghilang entah kemana.

3. Samudra HINDIA

Samudra Hindia merupakan samudra yang bisa dikenal dengan Samudra Indonesia dan Samudra India. Samudra ini memiliki luas 68.556 juta KM2.

Samudra ini merupakan samudra yang  terbesar ketiga setelah Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Samudra ini memiliki garis pantai sepanjang 66.526 KM. dan yang berbeda dari samudra ini adalah, samudra ini merupakan samudra yang dinamai menggunakan nama negara yaitu India.

4. Samudra Arktik

Samudra Arktik merupakan samudra yang terletak di belahan bumi utara. Samudra ini merupakan samudra terkecil. Luasnya 14.056.000 KM2. Samudra ini sebagian besar terletak di lingkaran kutub. Letak Samudra ini antara Benua ASIA, Benua EROPA, Benua Amerika. Samudra ini juga merupakan samudra terdangkal diantara 5 samudra.

5. Samudra Antartika

Jikalau samudra Arktik terletak di belahan bumi utara, Samudra ini berbeda. Samudra ini terletak di belahan bumi selatan atau samudra ini biasa disebut Lautan Selatan.

Samudra ini juga sebagian terletak di lingkaran kutub. Samudra ini juga didominasi oleh ES. Luas samudra ini adalah 20.327.000 KM2. Samudra ini merupakan samudra terbesar ke empat.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.